Berjalan juga merupakan sebuah olahraga yang tidak akan menguras uang Anda dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun lebih baik berjalan di luar ruangan dengan terpapar sinar matahari pagi atau sore agar mendapatkan manfaat yang lebih bagi kesehatan.

Berikut ini manfaat dari berjalan yang bisa menjadi pilihan Anda dalam melakukan gaya hidup sehat:



1. Meningkatkan rasa senang

Berjalan-jalan dapat mengangkat suasana hati Anda terutama ketika Anda pergi ke luar, menurut sebuah penelitian, partisipan studi yang rata-rata melakukan olahraga sedang selama 150 menit seperti golf, tenis, kelas aerobik, dan berenang atau 200 menit berjalan setiap minggu melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi, kesehatan emosi yang lebih baik, dan kehidupan sosial yang lebih kuat.

2. Meningkatkan kreativitas

Bingung mencari ide? Cobalah Anda berjalan di sekitar luar rumah Anda. Misalnya Anda membutuhkan solusi untuk masalah di tempat kerja atau Anda mencari inspirasi untuk novel Anda, berjalan merupakan hal yang dapat meningkatkan kreativitas pada Anda. Satu studi di Universitas Stanford menemukan bahwa berjalan dapat meningkatkan hasil kreatif hingga 60 persen. Hasil yang sama ditemukan untuk latihan di dalam dan luar ruangan, dan dorongan kreatif akan bertahan setelah berjalan.

3. Menjadi olahraga alternatif bagi penderita asma

Anda tidak perlu menghindari olahraga jika Anda mengalami asma yang disebabkan oleh olahraga. Anda hanya perlu menemukan latihan yang tepat dan dalam kondisi yang tepat. Para pakar mengatakan berjalan, berenang, bermain golf dan bersepeda santai, kecil kemungkinannya untuk mengiritasi saluran pernapasan Anda bila dibandingkan dengan olahraga lain. Carilah aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam cuaca hangat dan yang tidak membutuhkan daya tahan yang signifikan. Pelajari kecepatan berjalan Anda dan bernafaslah dalam polusi yang lebih sedikit.

4. Hidup lebih lama

Ingin hidup lebih lama? Berjalanlah solusinya. Namun berjalannya harus lebih ceaot untuk mendapatkan manfaat umur panjang. Menurut Mayo Clinic, penelitian telah menunjukkan bahwa jalan cepat dapat meningkatkan umur Anda, lebih dari mereka yang memiliki kecepatan jalan yang lebih lambat. Cari tahu seberapa sering Anda harus bangun dan berjalan jika Anda ingin hidup lebih lama.

5. Olahraga tanpa biaya

Tempat kebugaran merupakan yang menguras banyak dompet Anda. Uang untuk keanggotaan pusat kebugaran, peralatan olahraga di rumah, pakaian olahraga, dan sepatu. Tapi itu tidak harus bagi olahraga berjalan. Berjalan sama sekali tidak membutuhkan apa pun bahkan sepatu pun opsional. Namun tetap memberikan manfaat kesehatan yang besar. Dan itu tidak hanya menghemat uang untuk berbagai hal, tetapi juga menghemat uang untuk perawatan kesehatan. Menurut sebuah studi, mereka yang berjalan secara teratur menghemat banyak biaya perawatan kesehatan dan lebih banyak mendapatkan manfaatnya dibandingkan dengan mereka berolahraga berat namun tidak rutin.

6. Tidur lebih nyenyak

Tidur nyenyak selama delapan jam di kasur adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Namun terkadang itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jalan cepat mungkin yang Anda bisa membantu untuk istirahat yang berkualitas. Menurut Sleep Foundation, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur, termasuk berjalan, tidur lebih lama, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga keras atau mengangkat beban.

7. Menghilangkan stres

Sebagian besar dari kita berada di dalam kondisi stres setiap hari itu berdampak serius pada kesehatan mental dan fisik kita. Tetapi sains mengatakan berjalan adalah salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk menenangkan diri. Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki 10 menit sederhana mungkin sama efektifnya dengan latihan 45 menit dalam hal mengurangi kecemasan dan depresi . Bergerak membersihkan kortisol, atau hormon stres dari sistem Anda dan juga membantu menghentikan aliran kekhawatiran yang tak berkesudahan melintas di benak Anda.

8. Menguatkan tulang

Orang dengan tulang yang lebih kuat akan terhindar dari osteoporosis dan semua masalah yang menyertainya seperti patah tulang, dan penyusutan tulang belakang yang membuat Anda menjadi lebih pendek. Dan cara terbaik untuk mendapatkan tulang yang kuat dan sehat adalah dengan melakukan latihan menahan beban seperti berlari, menari dan berjalan. Para peneliti menemukan bahwa program berjalan yang berlangsung lebih dari enam bulan dikaitkan dengan efek signifikan yang positif dalam kepadatan tulang pinggul.

9. Terhindar dari penyakit pikun

Berjalan juga baik untuk otak Anda. Para peneliti di New Mexico Highlands University (NMHU) menemukan bahwa ketika Anda berjalan, dampak kaki Anda di tanah mengirimkan gelombang tekanan melalui arteri yang meningkatkan aliran darah ke otak. Lebih baiknya lagi, berjalan melindungi otak Anda dengan mengurangi risiko terkena penyakit kognitif seperti penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.