Berada pada kondisi seperti sekarang krisis penyebaran covid-19, memastikan kebersihan tangan dan lingkungan sangat penting. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah meningkatkan imun tubuh.
 


Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan . Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, berikut beberapa cara agar kekebalan tubuh tetap prima.

 

Menerapkan Pola Hidup Sehat

 

 

 

Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, penting untuk menerapkan pola hidup sehat, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, sebaiknya memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat, serat dalam usus akan difermentasi. Hasil fermentasinya menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus, yang sangat di perlukan oleh bakteri baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Istirahat yang Cukup
Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Istirahat yang cukup bisa memupuk produksi sel T di dalam tubuh. Sel T merupakan kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam sistem imun terhadap virus. Sel T akan menyerang dan menghancurkan sel pembawa virus. Umumnya orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam, remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam.

Rutin Berolahraga
Melalui olah raga sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat. Alhasil sel-sel tersebut bisa lebih awal mendeteksi penyakit. Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, salah satu olahraga yang mudah dilakukan adalah berjalan kaki.

Hindari Rokok dan Alkohol
Terpapar nikotin sangat merugikan bagi sistem kekebalan tubuh. Nikotin bisa meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang mengurangi pembentukan sel B dan respons antigen Sel T (kelompok sel dalam sistem imun tubuh).

Kelola Stres dengan Baik
Stres bisa memicu pertumbuhan hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol dalam tubuh bisa membuat sistem imun melemah, oleh karena itu ketika stres menyerang, cobalah kelola dengan baik. Luangkan waktu untuk melakukan hobi, melakukan teknik relaksasi dan olahraga.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari
Terkena sinar matahari pagi menjadi andalan untuk mendapatkan vitamin D Yang dapat meningkatkan sistem imun yang sedang melemah. Cukup melakukan selama 15-20 menit.

 

Suplemen Untuk Meningkatkan Imunutas Tubuh

 

 

 

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang bernutrisi. Beberapa kandungan berikut dapat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Echinacea
Selain mampu meningkatkan sistem imun tubuh, Echinacea dipercaya bermanfaat sebagai anti virus, anti radang, dan antioksidan.

Mengandung Vitamin B6, C dan E
Suplemen yang mengandung vitamin B6,C dan E cukup direkomendasikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

 

Kesimpulan

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Namun pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan.