Secara khusus, skala digital bergantung pada pengukur regangan yang terpasang pada sel beban (yang menekuk di bawah berat badan Anda). Ketika pengukur ini diregangkan, alat ini mengirimkan sinyal ke konverter yang mendigitalkan sinyal, menghasilkan angka yang dapat dibaca pada skala Anda.

Menurut Julie Devinsky , ahli gizi klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, skala digital cenderung lebih akurat, karena sejumlah alasan. pertama, pegas pada timbangan analog mungkin menderita keausan secara bertahap, dan dapat memberikan pembacaan yang tidak akurat dari waktu ke waktu.

Kemudian juga tidak ada cara nyata untuk melihat pengukuran desimal, yang berarti Anda sedang menatap 67 atau 68 kg saja misalnya. Tidak ada secara spesifik mengukur desimal.


Tips untuk membeli timbangan digital



Kapasitas 50% lebih besar dibanding kapasitas berat Anda

Biasanya sebelum kita memilih timbangan digital terlebih dulu kita sesuaikan dengan kebutuhan. Intinya kita harus membandingkan berat maksimal anggota keluarga Anda yang akan kita timbang untuk kemudian disesuaikan dengan kapasitas timbangan yang kita pilih.

Agar timbangan lebih awet dan tidak mudah rusak sebaiknya kita pilih timbangan digital dengan kapasitas 50% lebih besar dari beban maksimal yang akan kita timbang. Contohnya jika berat maksimal seseorang yang akan ditimbang 75 kg maka pilihan paling tepat adalah timbangan dengan kapasitas minimal 150 kg. Bukan hanya untuk menghindari kerusakan namun dengan cara ini kita masih bisa menggunakan timbangan ini untuk orang yang memiliki berat ekstra dalam jangka panjang.


Pilih timbangan digital yang sudah terkalibrasi

Tips membeli timbangan digital yang satu ini bisa dibilang sangat penting bahkan paling penting. Sebelum membeli timbangan digital harus dipastikan timbangan tersebut sudah terkalibrasi. Ciri-ciri timbangan yang sudah terkalibrasi biasanya terdapat stempel dan segel dari badan metrologi. Kepastian terkait kalibrasi ini sangat penting supaya timbangan tetap sesuai dengan spesifikasi.

Menghidupkan dan menimbang secara berkala merupakan cara yang tepat agar timbangan digital selalu ter-update dengan bagian sensor timbangan (Loadcell). Intinya semakin timbangan sering digunakan maka tingkat akurasinya semakin meningkat.


Tips Merawat Timbangan Digital


Selain tips membeli timbangan digital berikutnya kita juga harus perhatikan cara merawat timbangan dengan benar antara lain yaitu:


Melakukan kalibrasi sendiri


Untuk mengecek akurasi timbangan digital kita bisa mengujinya dengan melakukan kalibrasi sendiri. Jika ada barang kita bisa menggunakannya dengan cara menimbang barang tersebut secara berkala. Jika suatu saat terjadi perbedaan hasil penimbangan dari sebelum-sebelumnya, maka timbangan digital harus dibawa ke pusat pelayanan untuk dikalibrasi ulang.


Bersihkan dan ganti baterai 6 bulan Sekali


Bersihkan timbangan dari debu dan kotoran secara rutin. Hindari meletakkan barang di atas timbangan ketika timbangan sedang tidak digunakan karena bisa menimbulkan kerusakan pada sensor matic. Ganti baterai secara berkala atau setidaknya 6 bulan sekali. Timbangan digital dengan baterai yang lemah membuat hasil timbangan menjadi tidak akurat.


Timbangan badan digital GEA EB 1623


Timbangan badan digital GEA EB 1623


Timbangan Digital GEA - EB 1623 merupakan timbangan digital dengan presisi tinggi dan didesain dengan elegan dan bentuk yang sangat ramping, namun memiliki ketahanan sampai dengan 150 Kg.


Fitur Produk


• Pijakan dasar terbuat dari kaca berkualitas sehingga tidak mudah pecah
• Menggunakan teknologi 4 sensor
• Layar LCD
• Auto zero, dan mati secara otomatis
• Indikator berat terlalu lemah atau melewati batas maksimal
• Dengan menggunakan baterai lithium cell 3V 1PC yang sudah tersedia di dalam produk
• Mampu menampung berat seseorang hingga 150 Kg


Timbangan badan digital GEA EB 1653


Timbangan badan digital GEA EB 1653


Timbangan GEA EB 1653 merupakan timbangan digital yang ideal dengan tingkat akurasinya yang tinggi. Dengan Desain yang menarik dan modern serta bentuk yang ramping sehingga mudah untuk disimpan. Dengan ketebalan 6mm serta Layar LED yang besar dan menyala memungkinkan anda mengukur berat badan dengan hasil yang jelas.


Fitur Produk


- Auto ON
- Layar Transparan
- Angka Digit akan menyala ketika digunakan
- Maks. Beban 150 kg
- Teknologi 4 Sensor
- Transparant Glass 6 mm
- Dimensi 302 x 302 x 22 mm
- Super Slim
- LED digits 34.1 mm


Untuk melihat perbandingannya dapat dilihat table dibawah ini


Timbangan Digital GEA EB1623 VS GEA EB1653