Alat bantu dengar tidak dapat mengembalikan pendengaran normal. Mereka dapat meningkatkan pendengaran Anda dengan memperkuat suara lembut, membantu Anda mendengar suara yang sulit Anda dengar.

Alat bantu dengar menggunakan bagian dasar yang sama untuk membawa suara dari lingkungan ke telinga Anda dan membuatnya lebih keras. Sebagian besar alat bantu dengar adalah digital, dan semuanya ditenagai dengan baterai alat bantu dengar.

Mikrofon kecil mengumpulkan suara dari lingkungan. Sebuah cip komputer dengan amplifier mengubah suara yang masuk menjadi kode digital. Ini menganalisis dan menyesuaikan suara berdasarkan gangguan pendengaran Anda, kebutuhan mendengarkan dan tingkat suara di sekitar Anda. Sinyal yang diperkuat kemudian diubah kembali menjadi gelombang suara dan dikirimkan ke telinga Anda melalui sepiker.

Saat mencari alat bantu dengar, jelajahi pilihan Anda untuk memahami jenis alat bantu dengar apa yang paling cocok untuk Anda, dan ikuti beberapa langkah berikut ini:


• Dapatkan pemeriksaan.
  • Cari rujukan ke ahli audiologi terkemuka. 
• Tanyakan tentang masa percobaan. 
• Tanyakan apakah jika pendengaran makin lama makin buruk, apakah ini bisa ditingkatkan frekuensinya.
• Periksa garansi.
• Waspadalah terhadap klaim yang menyesatkan. 
• Rencanakan pengeluaran. 


Berikut ini beberapa alat bantu dengar yang cukup bagus dan bisa menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan kemampuan mendengar Anda.


1. Serenity Hearing Aid SR-SA101


Serenity Hearing Aid SR-SA101


Hearing Aid SR-SA101 merupakan alat bantu pendengaran yang akan membantu Anda untuk dapat melakukan aktivitas sehari hari dengan memberikan suara yang jernih. Alat bantu dengar ini memiliki penguatan bunyi 50dB dengan kebisingan input 30 dB. ABD ini dilengkapi dengan pengaturan volume sehingga anda dapat mengatur besar kecil suara. Baterai : Renata PR48


2. Alat bantu dengar onemed


Perbandingan Alat Bantu Dengar


Alat Bantu Dengar Onemed tanpa kabel dengan desain yang praktis dan ergonomis, sewarna dengan kulit, dapat disembunyikan di balik daun telinga sehingga penampilan tidak terganggu. Dilengkapi dengan control volume suara yang dapat disuaikan memberikan kenyamanan pemakai.


3. Beurer HA 20


Beurer HA 20


Orang yang menderita kemampuan pendengaran terbatas sangat cocok memakai alat ini. Dapat secara individual disesuaikan dengan saluran telinga. Dapat memperkuat volume semua suara di dalam dan di luar ruangan.


4. Beurer HA 50


Beurer HA 50


Penguat pendengaran ini sangat ergonomis dan hampir tidak kelihatan di belakang telinga. Membantu orang dengan kemampuan pendengaran terbatas. Volume suara dapat diperkuat baik di dalam dan di luar ruangan.


Berikut ini adalah tabel perbandingan untuk alat bantu dengar


Perbandingan Alat Bantu Dengar