Bahkan orang yang masih dalam keadaan belum tersentuh sama sekali juga bisa mengalaminya. Namun jika Anda orang yang disebutkan tadi sebaiknya lebih waspada bisa jadi itu gejala awal dari sebuah penyakit kelamin.

Meskipun itu adalah kondisi yang wajar, gatal di selangkangan memang sering kali lebih menyusahkan dari pada gatal di bagian tubuh lain. Pasalnya kita harus peka terhadap lingkungan sekitar jika ingin menggaruknya karena tidak pantas menggaruk selangkangan di tempat umum. Lantas apa sih penyebab selangkangan gatal?

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya gatal di area selangkangan.


1. Adanya gesekan antara kulit paha dengan selangkangan


Gatal-Gatal Pada Selangkangan


Gesekan kulit antara paha dan selangkangan saat Anda berlari atau berjalan dapat menyebabkan kulit paha menjadi sensitif dan meradang. Jika Anda menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal tersebut akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit sehingga membuat kulit menjadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal dan bahkan bersisik.

Ruam kemerahan ini juga akan membuat Anda tidak nyaman saat memakai gaun, rok, atau celana. Terutama jika pada saat itu cuaca sedang panas-panasnya. Jika tidak segera diobati, kulit yang basah dan lembap akibat keringat dapat membuat lecet semakin parah.


2. Infeksi jamur

Tinea cruris adalah infeksi dermatofit pada daerah selangkangan yang biasa dikenal sebagai kurap. Sebenarnya jamur penyebab kurap secara alami hidup di jaringan kulit, rambut, dan kuku yang mati. Dalam banyak kasus, keberadaan jamur ini tidak berbahaya. Akan tetapi, jamur ini dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika daerah yang tinggalinya hangat dan lembap.

Area selangkangan Anda yang tertutup merupakan tempat yang paling mudah untuk jamur berkembang biak dengan cepat karena area tersebut sangat hangat dan lembap terutama ketika Anda setelah buang air kecil.


3. Kutu di rambut kemaluan


Jika Anda mengalami rasa gatal, iritasi, dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan, bisa jadi Anda terkena kutu kemaluan.

Kutu kelamin alias Phthirus pubis adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, salah satunya rambut kemaluan. Kutu kemaluan jika dilihat menggunakan kaca pembesar terlihat seperti kepiting, berukuran sekitar 1-2 milimeter, dan berwarna kekuningan, abu-abu, atau kecokelatan.

Jika Anda terkena kutu kelamin, maka Anda akan sering merasakan gatal di selangkangan yang parah. Rasa gatal ini umumnya memburuk di malam hari ketika kutu lebih aktif dan memakan darah manusia. Kutu kemaluan juga menyebabkan luka pada daerah genital disertai tanda abu-abu biru kecil yang dikenal sebagai macula cerulae.

Tak hanya di daerah intim, kutu juga bisa berkembang di area yang memiliki yang berbulu seperti bulu ketiak, bulu dada, dan area lainnya namun kutu ini berbeda dengan kutu rambut kepala yang cenderung lebih besar.

Ada beberapa cara agar Anda bisa terhindar dari rasa gatal di area selangkangan Anda yaitu


• Jangan berbagi baju atau handuk dengan orang lain.
• Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah Anda berolahraga atau berenang.
• Pilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.
• Jangan gunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.
• Segera cuci pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.
• Hindari penyebaran infeksi jamur dari kaki ke area lain, termasuk selangkangan. Keringkan bagian kaki dengan handuk pada bagian akhir setelah selesai menggunakannya pada tubuh. Lalu gunakan kaus kaki sebelum Anda mengenakan celana, untuk meminimalisasi penularan.
• Ketika berbelanja untuk pakaian dalam dan renang, hindari untuk mencobanya secara langsung. Cuci terlebih dahulu sebelum memakai pakaian dalam dan renang yang baru dibeli.
• Cucilah area selangkangan yang memiliki ruam dengan sabun dan air, lalu olesi krim anti jamur di atas ruam dan di luar tepi ruam.
• Cobalah untuk menggunakan celana dalam yang bebas dari bakteri dan kuman


Untuk celana dalam yang bebas dari kuman cobalah Eco Silver Men Underwear 14101 untuk pria dan Eco Silver Ladies Underwear 23060 untuk wanita.


Eco Silver Men Underwear 14101


Eco Silver Men Underwear 14101



Eco Silver Men Underwear 14101 pakaian dalam pria dengan bahan katun halus dengan kemampuan perlindungan Antibaterial yang tahan lama desediakan oleh perak murni, yang menghentikan pembentukan virus, bakteri, jamur dan mikroba pada tingkat 99,9%, dengan desain terlihat elegan dan modern


Fitur Produk


• Gusset dan area depan dirajut dengan benang perak
• Kemampuan perlindungan ANTIBACTERIAL yang tahan lama disediakan oleh perak murni, yang menghentikan pembentukan virus, bakteri, jamur dan mikroba pada tingkat 99,9%.
• Mencegah pembentukan jamur
• Terlihat elegan dan modern
• Terbuat dari komposisi alam diperkaya dengan kapas organik
• Tersedia ukuran : 38 - 40 / 42 - 44 / 46-48
• Warna : Hitam


Eco Silver Ladies Underwear 23060


Eco Silver Ladies Underwear 23060



Khusus wanita Eco Silver Ladies Underwear 23060 pakaian dalam wanita dengan bahan katun halus dengan kemampuan perlindungan Antibaterial yang tahan lama desediakan oleh perak murni, yang menghentikan pembentukan virus, bakteri, jamur dan mikroba pada tingkat 99,9%, dengan desain terlihat elegan dan modern.


Fitur Produk


• Gusset dan area depan dirajut dengan benang perak
• Kemampuan perlindungan ANTIBACTERIAL yang tahan lama disediakan oleh perak murni, yang menghentikan pembentukan virus, bakteri, jamur dan mikroba pada tingkat 99,9%.
• Mencegah pembentukan jamur
• Terlihat elegan dan modern
• Terbuat dari komposisi alam diperkaya dengan kapas organik
• Tersedia ukuran : 36-38 / 40-42 / 46-48
• Warna : Hitam dan Putih