Liburan dapat Mengurangi Stress

Memprioritaskan kesehatan mental itu harus berada di urutan teratas daftar hidup sehat anda disamping tujuan kesehatan yang lainnya. Liburan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari. Bukan hanya untuk bersenang-senang, liburan juga bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari menyehatkan jantung hingga meningkatkan imunitas tubuh karena saat anda berlibur, perasaan tenang muncul, yang memungkinkan tubuh dan pikiran pulih dengan cara yang tidak bisa dilakukan jika masih dalam tekanan.

Jika pikiran anda lelah secara emosional, tubuh anda mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Sama seperti ketika anda bekerja, Anda perlu istirahat secara teratur agar tetap produktif, Anda juga membutuhkan istirahat yang berkepanjangan di mana Anda dapat beristirahat dengan benar. Pergi berlibur dapat memberi anda gelombang motivasi baru dan kekuatan untuk membuat hidup Anda terus bergerak maju ketika anda kembali.

Manfaat Liburan bagi Kesehatan

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada beberapa manfaat liburan untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda :

1. Liburan Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Mengambil kesempatan untuk liburan guna menghilangkan stres dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 30 persen untuk pria dan 50 persen untuk wanita. Mulailah mencari tujuan liburan yang asik dan damai.

2. Liburan Meningkatkan Cadangan Energi

Penelitian telah menunjukkan bahwa liburan mengisi kembali simpanan energi anda, yang membuat pekerjaan tampak lebih mudah ketika anda kembali ke kantor.

3. Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat terbesar dari berlibur adalah mengurangi tingkat stres secara dramatis. Dengan mengambil istirahat dari pekerjaan dan pergi berlibur, tingkat stres dapat dikendalikan. Ini tidak hanya mencegah kelelahan, tetapi juga membantu menghilangkan kekhawatiran sehari-hari.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Terlalu banyak pekerjaan yang dijalani setiap hari, apalagi dengan waktu istirahat yang sedikit, dapat berpengaruh terhadap fungsi otak dan bahkan bisa menyebabkan gangguan memori. Akibatnya, Anda mungkin akan merasa sulit berkonsentrasi dan mengingat banyak hal.

5. Peningkatan Motivasi Mental

Banyak yang kembali dari liburan lebih fokus dan produktif. Studi telah menemukan bahwa stres kronis dapat membuat sulit untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Meningkatkan kesehatan mental dan kognisi anda.

6. Lebih Panjang Umur

Meluangkan waktu untuk refreshing juga disinyalir membuat seseorang lebih berumur panjang. Hal ini dikarenakan orang yang menyempatkan diri untuk me-refresh tubuh dan pikirannya lebih besar kemungkinannya terhindar dari penyakit-penyakit kronis.
Orang yang meluangkan waktu untuk refreshing cenderung lebih sehat karena mereka lebih peduli terhadap dirinya dibandingkan orang yang tidak melakukan refreshing. Oleh karena itu, jangan terlalu tenggelam dalam kesibukan sampai lupa untuk melakukan penyegaran tubuh dan pikiran ya.

Masih banyak manfaat liburan lainnya bagi kesehatan tubuh. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa liburan panjang mengurangi tingkat stres secara dramatis. Liburan juga membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas serta memperkuat hubungan. Mengambil liburan akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri anda dan juga akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental anda.

Tips Liburan bagi Kesehatan

Tetapi, di tengah kondisi pandemi seperti ini untuk pergi berlibur pasti masih ada rasa kekhawatiran yang tinggi. Berlibur boleh saja, tapi kamu harus yakin bisa menjalani protokol kesehatan sebaik mungkin. Ini tidak hanya untuk melindungimu, tapi juga masyarakat lain di sekitarmu.

Berikut adalah tips liburan di masa pandemi untuk melindungi diri dan keluarga agar tetap bisa dinikmati :

1. Pastikan Tubuh Dalam Keadaan Sehat

Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Saat sakit atau tidak dalam kondisi prima, daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit, termasuk virus covid masuk ke tubuh selama liburan.

2. Makan Yang Teratur Saat Liburan

Saat liburan jangan biarkan perut dalam keadaan kelaparan karena dapat menyebabkan makan berlebihan dan minum dengan perut kosong akan memberi Anda dengungan yang lebih cepat, yang lebih cenderung mengarah pada mengunyah tanpa berpikir. Makanlah secara teratur dan makan makanan yang sehat saat liburan.

3. Pilih Tempat Yang Tidak Terlalu Ramai

Virus covid lebih mudah menular di tempat yang tertutup dan padat orang. Oleh karena itu, pilihlah tempat berlibur yang luas, terbuka, dan tidak terlalu ramai, misalnya pantai atau kebun teh, supaya kamu bisa menerapkan physical distancing dengan mudah.

4. Membawa Masker dan Handsanitizer

Jangan lupa membawa masker cadangan dan handsanitizer saat berlibur, karena kedua barang tersebut saat ini sangat penting untuk melindungi diri dari covid.