MERS berasal dari hewan unta sedangkan SARS masih belum diketahui berasal dari hewan apa dan virus di tahun 2019 pada bulan Desember ini, awal terjadinya di Wuhan China disebut virus covid-19. Awal terjadinya virus ini setelah terjadi seseorang mengidap penyakit pneumonia di wuhan China namun masih belum diketahui penyebabnya.

Ada banyak sekali kabar yang beredar mengenai virus berbahaya ini baik fakta maupun kabar burung belaka. Hal yang harus kamu ketahui seputar covid-19 yaitu sebagai berikut



1. Antibiotik efektif untuk mencegah dan mengobati virus covid-19 adalah MITOS.

Faktanya antibiotik hanya mampu melawan bakteri jahat sedangkan untuk virus covid-19 sendiri antibiotik tidak mampu melawannya. dan sampai saat ini tidak ada obat yang mampu melawan virus ini yang mampu melawan virus covid-19 adalah daya tahan tubuh kita sendiri.


2. Covid-19 bisa menular lewat hewan peliharaan seperti kucing adalah FAKTA.

Seekor kucing di Belgia serta seekor anjing dengan ras Pomeranian di Hongkong tertular virus ini dari seorang majikannya. Jadi pastikan Anda yang terkena virus Covid-19 menjauh dari hewan peliharaan kesayangan Anda.


3. Covid-19 bisa tertular melalu gigitan nyamuk adalah MITOS.

Sampai saat ini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan bahwa covid-19 dapat ditularkan oleh nyamuk. Covid-19 baru virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung. Namun perlu hati-hati juga terhadap bahaya demam berdarah akibat dari gigitan nyamuk. Selalu gunakan lotion anti nyamuk untuk melawan nyamuk serta cegah nyamuk dengan membersihkan lingkungan.


4. Virus Covid-19 bisa hidup di benda mati adalah FAKTA.

Namun sampai saat ini belum diketahui berapa lama Covid-19 bertahan di permukaan suatu benda mati, meskipun ada informasi awal yang menunjukkan dapat bertahan hingga beberapa jam. Namun, disinfektan sederhana menjadi pilihan yang tepat untuk membunuh virus tersebut, sehingga tidak mungkin menginfeksi orang lagi.


5. Berdiri di bawah terik matahari mampu membunuh Covid-19 adalah MITOS

Seberapa panas pun Anda berjemur tidak akan mampu membunuh virus ini. Makanya, virus ini tidak peduli di kondisi iklim apa pun bahkan iklim tropis seperti Indonesia. Namun Anda bisa berolahraga di terik matahari pagi dan sore untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


6. Jaringan seluler 5G dapat menyebarkan virus covid-19 adalah MITOS

Berita ini geger dan membuat orang banyak di dunia merasa takut dengan jaringan terbaru ini. Namun menurut WHO, Hal ini merupakan mitos. Virus tidak dapat melakukan perjalanan melalui gelombang radio / jaringan seluler. COVID-19 menyebar di banyak negara yang bahkan tidak memiliki jaringan seluler 5G.


7. Butuh waktu 14 hari dari gejala sampai infeksi adalah FAKTA

Penelitian yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa rerata masa inkubasi adalah lima hari. Hal ini berarti ada orang yang akan muncul gejala langsung dan ada juga yang belakangan.
Penelitian tersebut juga melaporkan bahwa 2,5 persen orang menunjukkan gejala 2 hari setelah terpapar dan 97,5 persen lainnya menunjukkan gejala setelah 11 hari dan Anda harus menjalani karantina 14 hari.


8. Lampu desinfeksi ultraviolet membunuh virus covid-19 adalah MITOS

Lampu UV sebaiknya tidak digunakan untuk mensterilkan tangan atau area kulit lainnya karena radiasi UV dapat menyebabkan iritasi kulit. Hanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol lebih dari 60% serta tidak menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut merupakan cara untuk mencegah virus ini.


9. Virus covid-19 sangat rentan bagi lansia dan orang yang mempunyai riwayat penyakit berbahaya adalah FAKTA

Maka dari itu jangan pulang ke kampung halaman terlebih lagi orang tua Anda sudah lanjut usia. Sayangi orang tua Anda jangan sampai mereka terkena virus yang Anda bawa apalagi keluarga Anda punya riwayat penyakit yang berbahaya. Lebih baik di rumah saja lakukan aktivitas positif hingga virus Covid-19 ini sudah reda.