Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berwarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan, dibuat jus atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Sangat disayangkan bagi Anda yang tidak suka dengan tomat karena rasanya yang tidak enak menurut Anda dan coba dipikirkan kembali untuk tidak mau mengonsumsinya karena banyak sekali manfaat yang kalian bisa dapatkan dalam 1 buah tomat saja dalam sehari, yaitu:


1. Mendapatkan banyak antioksidan


Tomat


Apa itu antioksidan? Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Mengapa zat ini penting? Ternyata antioksidan memiliki fungsi sebagai menurunkan kolesterol jahat, menguatkan sistem imun, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Molekul antioksidan pada tomat bisa Anda dapatkan melalui senyawa likopena. Likopena juga yang merupakan senyawa pemberi warna merah pada tomat.


2. Mendapatkan penglihatan yang lebih baik


Apabila tubuh Anda kekurangan kebutuhan vitamin A harian, mata akan sulit menemukan cahaya yang mengirimkan sinyal visual ke otak. Faktanya tomat mengandung vitamin A yang berasal dari pigmen karotenoid yang ternyata sangat dibutuhkan pada lensa dan retina untuk menyaring cahaya yang bisa berbahaya bagi jaringan mata.


3. Kulit makin berkilau


Bagi Anda yang suka mencari produk kesehatan kulit dan wajah pasti terdapat komposisi yang bernama kolagen. Kolagen merupakan protein yang membuat kulit menjadi kencang, lembut dan elastis. Namun zat ini tidak akan berfungsi jika tidak dibantu dengan vitamin C. Tomat kaya akan vitamin C. Vitamin C juga bisa melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan polusi dan radikal bebas yang bisa merusak sel. Vitamin C pada buah tomat juga mampu memperbaiki luka bakar, jerawat, serta luka lainnya.


4. Mempertebal rambut Anda


Anda juga akan mendapatkan vitamin K setiap hari dalam 1 buah tomat saja. Vitamin K baik untuk rambut karena mampu mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkannya, memperbaiki tekstur serta secara keseluruhan penampilan rambut.


5. Tidak mudah sakit


Vitamin C yang terkandung pada tomat sangat baik untuk orang sakit dan untuk orang sehat, ternyata kebutuhan vitamin C yang tercukupi mampu mencegah Anda dari penyakit flu dan batuk. Vitamin C menguatkan sistem imun yang mampu menyerang bakteri dan virus jahat ketika masuk ke tubuh.


6. Lebih bertenaga


Tomat mengandung asam folat, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang mampu menghilangkan rasa lelah yang dalam artian meningkatkan energi yang merupakan bagian yang paling banyak diperlukan pada manusia untuk meningkatkan aktivitas sehari-harinya.

Selain itu menurut penelitian orang yang mengonsumsi tomat per harinya yang kaya akan asam folat membuatnya lebih jarang mengalami depresi daripada mereka yang jarang mengonsumsi asalm folat.


7. Mampu menguatkan tulang


Tomat mengandung antioksidan dan kalsium untuk tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu tomat mengandung kadar likopena yang cukup tinggi dapat mencegah osteoporosis yang merupakan kondisi berbahaya di mana tulang keropos dan rapuh.


8. Otak menjadi lebih tajam


Tomat mampu membuat otak Anda lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi serta mampu memperlambat penyakit demensia dan degeneratif yang biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia.

Dibalik manfaat yang Anda dapatkan, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Perlu ketahui juga dampak buruk dari konsumsi tomat yang berlebihan.


1. Tomat kaya akan asam yang jika dikonsumsi secara berlebihan membuat sistem pencernaan terutama lambung menjadi tidak baik
2. Konsumsi tomat yang berlebihan juga berakibat kelebihan kadar kalsium yang ini bukan hal yang baik bagi ginjal Anda. Dengan kadar kalsium yang berlebihan itu bisa meningkatkan risiko batu ginjal
3. Mengonsumsi tomat yang kaya akan likopena berlebihan ternyata membuat kulit Anda berwarna jingga tua.
4. Orang yang apabila memiliki alergi serbuk sari kemungkinan juga akan memiliki alergi tomat dan apabila Anda termasuk orang yang intoleran terhadap tomat maka akan berakibat buruk terhadap pencernaan Anda. Untuk itu sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah Anda termasuk orang yang alergi terhadap tomat.