Pengukuran mana yang paling bermanfaat? Haruskah saya mengukur tekanan darah saya di lengan atas atau pergelangan tangan saya?
Tes menunjukkan bahwa monitor tekanan darah pergelangan tangan memberikan hasil yang dapat diandalkan seperti monitor lengan atas.

Namun, seiring bertambahnya usia, pembuluh darah kita mungkin menjadi lebih sempit karena kalsifikasi, atau mengeras karena arteriosklerosis. Ini mempengaruhi arteri di pergelangan tangan khususnya, karena mereka jauh dari jantung, membuat pengukuran yang tepat lebih sulit. Untuk alasan ini, orang tua dan perokok harus melakukan pengukuran pada lengan atas.

Monitor tekanan darah pergelangan tangan tidak cocok untuk pasien dengan diabetes, karena arteri mereka mungkin mengalami kalsifikasi atau keropos.
Mengapa ada perbedaan hasil antara pengukuran yang dilakukan pada lengan atas dan pergelangan tangan?

Pergelangan tangan Anda harus setinggi jantung saat melakukan pengukuran dari pergelangan tangan Anda. Jika, saat duduk, lengan diposisikan rata di atas meja misalnya, tekanan darah akan ditaksir terlalu tinggi sekitar 7-8 mmHg, karena ada perbedaan antara tingkat pergelangan tangan dan jantung (1,5 cm sesuai dengan 1 mmHg).

Hasil pengukuran yang salah juga dibuat ketika mengukur di pergelangan tangan jika Anda mengalami aritmia jantung dan perubahan pada arteri di pergelangan tangan (mis. Karena usia). Perangkat pergelangan tangan karena itu dapat memberikan pembacaan yang tidak tepat untuk orang tua khususnya. Arteri di lengan atas kurang sensitif terhadap pengaruh jenis ini. Untuk alasan ini, pengukuran sesekali pada lengan atas dianjurkan.

Kunci untuk pembacaan yang akurat

Alat pertama dan paling penting untuk pembacaan tekanan darah di rumah yang akurat adalah teknik yang tepat. Apakah Anda memilih pergelangan tangan atau lengan atas, cara Anda memantau tekanan darah sama pentingnya dengan monitor yang Anda gunakan.

• Konsisten - Itu berarti mengukur tekanan darah Anda pada waktu yang sama dan, jika mungkin, lokasi yang sama. Jika tidak, pastikan Anda duduk di kursi yang sama dengan lengan Anda diistirahatkan pada ketinggian yang sama.
• Tetap diam - Selama 30 menit sebelumnya pastikan untuk tidak berolahraga, kafein, dan merokok.
• Manset harus berada pada level yang sama dengan hatimu. Baik Anda mengukur dengan lengan atau pergelangan tangan bagian atas, pastikan Anda duduk dengan nyaman dengan lengan ditopang sehingga Anda dapat memegang manset pada ketinggian yang tepat untuk pembacaan yang akurat.
• Pastikan Anda menggunakan ukuran manset yang benar. Periksa ukuran dari pabrikan terhadap pengukuran lengan dan pergelangan tangan Anda - manset yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat memengaruhi pembacaan Anda

Tensimeter Digital Lengan Atas



Apa yang membuat monitor lengan atas menjadi favorit untuk pembacaan tekanan darah?
Seperti yang Anda duga dari pedoman di atas, satu alasan mengapa banyak orang lebih suka monitor lengan atas adalah bahwa manset secara alami terletak pada tingkat yang sama dengan jantung Anda. Itu membuatnya mudah untuk secara cepat dan akurat mengukur tekanan darah, baik dalam pengaturan klinis dan di rumah.

Jika Anda pernah mendengar bahwa monitor lengan atas sulit digunakan, yakinlah! Monitor tekanan darah di rumah lebih mudah digunakan daripada sebelumnya. Fitur seperti manset pra-bentuk, serta layar digital dan proses otomatis hanyalah beberapa opsi yang dapat membuat pemantauan tekanan darah Anda lebih mudah.

Tensimeter Digital Pergelangan Tangan



Tentu saja, jika Anda mencari kesederhanaan dengan sedikit lebih sedikit, monitor pergelangan tangan mungkin lebih masuk akal. Sementara mereka kurang terbiasa daripada manset lengan atas, monitor pergelangan tangan menjadi lebih umum karena portabilitas mereka. Model yang lebih kecil ini memiliki semua lonceng dan peluit lengan atas, tetapi ukurannya yang ringkas membuatnya ideal untuk bepergian.

Pergelangan tangan juga ideal untuk orang dengan keterbatasan mobilitas lengan / tangan. Atau bagi mereka yang lengan atasnya lebih besar, monitor pergelangan tangan bisa menjadi alternatif yang lebih nyaman dan mudah digunakan.

Jika Anda mengikuti pedoman di atas, mereka bisa seakurat monitor lengan atas, tetapi dengan beberapa kenyamanan tambahan.