Berbagai penyakit bisa timbul baik jangka pendek maupun jangka panjang apabila kita memakannya secara berlebihan.
Ada beberapa contoh makanan dan minuman yang sehat namun bahaya bila dikonsumsi secara berlebihan yaitu:



1. Air Mineral

Minum air mineral yang cukup yaitu kurang lebih 2 liter namun itu tergantung dari angka kecukupan gizi seseorang sangat baik bagi tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang bila dibandingkan dengan minuman lainnya. Bahkan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya air. Air dapat membuang racun di dalam tubuh, memelihara fungsi ginjal, menutrisi kulit, meningkatkan energi, mencegah sembelit, membatu memperlancar sistem pencernaan, menjaga tekanan darah dan masih banyak lagi.
Namun lain lagi bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Minum air berlebih dapat berakibat buruk bagi tubuh yaitu masalah pada ginjal Anda, pembengkakan sel tubuh, mual dan muntah, sakit kepala, bahkan ke jantung. Ditambah Anda jarang mengeluarkan air dalam tubuh seperti buang air kecil dan berkeringat itu bisa meningkatkan risiko keracunan air yang bisa menyebabkan meninggal.

2. Kopi

Bagi para pekerja, sepertinya tidak bisa lepas yang namanya kopi. Ternyata kopi memiliki banyak khasiat diantaranya menghilangkan stres dan depresi yang bisa menurunkan daya tahan tubuh kita, meningkatkan daya ingat, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan produktivitas, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi asal jangan banyak minumnya.
Banyak minum kopi bisa membuat detak jantung jadi tidak beraturan, hingga kejang, mengikis kalsium yang dapat tulang jadi tidak kuat, iritasi pada usus, dan membuat tubuh mengalami dehidrasi, meningkatkan asam pada lambung,  menimbulkan kegelisahan dan kecemasan.

3. Mie instan

Mie instan selain murah dan praktis, ada manfaat yang terkandung di dalam tubuh. Yaitu bisa mengontrol berat badan, melengkapi gizi harian tubuh, pengganti nasi, dan menambah nafsu makan.
Kita sudah tidak asing jika banyak makan mie sangat tidak baik itu kesehatan yaitu sistem pencernaan terganggu, memicu risiko kanker, tipus, meningkatkan risiko obesitas, meningkatnya kolesterol, gagal ginjal, berisiko keguguran bagi wanita hamil, sampai kerusakan hati. Cukup bahaya bukan? Hal ini karena banyak kandungan zat kimia aditif yang bahaya apabila Anda memakannya secara berlebihan.

4. Daging merah

Banyak orang menyukai daging karena tekstur kenyal dan rasanya yang nikmat. Mengonsumsi daging juga merupakan sumber zat besi dan protein yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh, dan daging juga mengandung vitamin yang baik bagi tubuh kita.
Namun mengonsumsi daging berlebihan pastinya banyak bahayanya. Apabila mengonsumsinya secara berlebihan bukan tak mungkin akan terkena penyakit stroke, gagal jantung, divertikulitis, dan sampai kanker usus.

5. Sambal

Siapa yang tidak suka sambal? Sambal bisa membuat Anda menjadi menambah nafsu makan, kemudian sambal juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik bagi tubuh Anda, menurunkan berat badan.
Dan jangan lupa juga bahaya makan sambal berlebihan. Jika Anda makan sambal berlebihan akan meningkatkan asam lambung, mengiritasi usus, diare dan masalah pada sistem pencernaan lainnya.

6. Susu

Kita sangat tahu bahwa susu baik untuk tubuh bahkan sudah seperti kewajiban bila kita minum susu saat kita masih kecil. Hal ini sangat benar karena susu mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi kita, serta memelihara kesehatan jantung.
Sisi buruknya apabila kita minum susu secara berlebihan bisa berakibat sembelit, kekurangan zat besi, hingga obesitas. Jadi pastikan anak Anda tidak terlalu banyak minum susu ya.

7. Teh

Teh ternyata sangat baik bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat dari meminum secangkir teh yaitu antara lain meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki pola tidur, menghindari risiko kanker, baik untuk jantung, membantu meningkatkan fokus bahkan bisa menghindari risiko Alzheimer, serta merelakskan tubuh
Namun, teh sangat tidak baik bagi penderita penyakit ginjal jika diminum berlebihan, kemudian diare, mag, anemia, berisiko osteoporosis, sakit kepala, dehidrasi dan beberapa penyakit lainnya


Itulah 7 dari banyaknya makanan dan minuman yang bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Apapun itu yang bersifat berlebihan sangatlah berisiko pada kesehatan bahkan air putih sekalipun. Maka dari itu makan dan minum sewajarnya saja, untuk dapat manfaat dari berbagai jenis makanan dan jangan lupa berolahraga yang teratur agar hidup jauh lebih sehat dengan minim akan penyakit