Dengan demikian, pemilihan operation lamp yang baik sangat vital untuk mennunjang operasi secara komperhensif. Oleh karena itu, dalam memilih lampu operasi pun sebaiknya memperhatikan unsur-unsur berikut :

• Cahaya dari lampu operasi bedah yang membutuhkan instrumen endoscopy dan mikroskop operasi. Meski demikian, energi yang dihasilkan oleh lampu operasi tidak boleh lebih dari 25.000 microwatt per cm².
• Menganut pada peraturan internasional, lampu operasi seharusnya memiliki temperatur warna yang berada kisaran 3.000˚ - 6.700˚kelvin. Namun, semakin rendah panas dari temperatur yang dihasilkan lampu operasi makan akan semakin baik. Bagi pasien, hal ini dapat mereduksi potensi luka dan kerusakan pada jaringan yang terekspos oleh panas lampu. Sementara untuk dokter, konidisi ini menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman, sejuk, serta tidak gerah karena mikro orgenisme diudara pun menjadi berkurang.
• Untuk warna sendiri sebaiknya lampu operasi memiliki cahaya yang mendekati putih atau biru. Lampu operasi juga seharusnya mudah dibersihkan serta diatur posisinya agar menghindari bayangan serta membantu mendapatkan fokus penyinaran yang sesuai dengan jenis dan ukuran area yang harus di bedah.



Dalam hal ini, lampu operasi yang dapat dipilih adalah lampu LED dan Hologen. Meski lampu hologen tergolong lebih murah dari segi biaya, namun lampu LED lebih memenuhikriteria kualitas lampu operasi yang mumpuni. Selain itu lampu LED juga tidak memiliki sinar ultraviolet sehingga tidak menimbulkan luka pada jaringan kulit yang terkena paparannya. Temepratur serta warna dari lampu LED pun selalu konsisten meski digunakan dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda. Keunggulan lain dari lampu LED adalah daya nya yang tahan digunakan hingga 50.000 jam tanpa rusak.

Kerusakan yang Sering Terjadi

LED

Karena LED adalah komponen penghasil cahaya yang terus menerus dan selain itu juga terdapat panas. Inilah yang sering membuat LED cepat padam.

Trafo

Merupakan komponen yang disipasi panasnya terbesar untuk itu trafo yang sudah berumur lama sering terbakar, karena tidak kuat lagi menahan pamas yang dihasilkan dari proses penurunan tegangan.

Pengaturan Intensitas

Pengaturan yang terus menerus akan menyebabkan umur dari pengatur intensitas (potensio) menjadi pendek karena mengalami keasuan.


Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.