Diperkirakan 25-40 persen dari populasi adalah orang dengan ciri introvert. Namun, masih banyak orang yang tidak memahami ciri kepribadian ini.

Orang dengan kepribadian introvert secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti ekstrovert yang senang dan mendapatkan energi dari interaksi sosial, seorang introvert justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi.

Meskipun sering disalahartikan sebagai pendiam, pemalu, dan penyendiri, sebenarnya seorang introversi bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar.


Keuntungan Introvert



Peluang obesitas lebih rendah

Dalam sebuah studi, para peneliti di Cornell Food and Brand Lab menguji untuk melihat apakah ukuran mangkuk sarapan mempengaruhi seberapa banyak sereal dan susu yang disajikan oleh anak-anak sekolah. Ketika menggunakan mangkuk besar, anak-anak ekstrovert (seperti yang dinilai oleh guru mereka) melayani diri mereka sendiri 33% lebih dari teman sekelas mereka yang introvert, kemungkinan karena mereka mengandalkan isyarat lingkungan (ukuran mangkuk) daripada yang internal. Para peneliti berspekulasi bahwa mendengarkan isyarat internal bisa menjadi apa yang membantu introvert menghindari makan yang berlebihan.

Keuntungan kepemimpinan

Orang ekstrovert yang biasanya mendapat jam tayang paling banyak dalam rapat tidak harus memiliki gagasan paling cemerlang atau keterampilan kepemimpinan terbaik. Pada 2012, peneliti manajemen di Wharton menemukan bahwa para pemimpin yang introvert sering kali mampu memberikan hasil yang lebih baik, karena alih-alih mempromosikan inisiatif yang paling keras dan paling mencolok, mereka lebih cenderung membiarkan kolega-kolega berbakat menjalankan ide-ide bagus. "Para introvert dapat mendengarkan bakat dari staf mereka dan menunjukkannya" kata Helgoe, "daripada hanya menundukkan kepada anggota kelompok yang paling vokal."

Ruang untuk kreativitas

Orang ekstrover sangat terbiasa dengan norma-norma sosial karena mereka sangat termotivasi untuk bersosialisasi, mendapatkan perhatian dan memenang persetujuan dari rekan-rekan mereka. Itu dapat menempatkan mereka pada kerugian secara kreatif. Psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist menyarankan bahwa introvert bisa lebih kreatif karena mereka nyaman menghabiskan waktu sendirian, merupakan hal yang penting untuk kreativitas.

Kekuatan pemikiran yang mendalam

Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa ketika memproses stimulasi, introvert memiliki lebih banyak aktivitas di dalam otak yang memproses informasi, membuat makna, dan memecahkan masalah. Ada bukti bahwa para introvert bekerja lebih baik di lingkungan akademik dan lebih terwakili dalam masyarakat yang semuanya meningkatkan rasa penguasaan atau kepercayaan pada kemampuan seseorang. Dan, yang mengejutkan, penelitian telah menghubungkan perasaan yang diberdayakan sendiri dengan kesehatan yang lebih baik dalam jangka panjang.


Kekurangan Intovert



Mudah mengalami depresi

Pengaruh kepribadian introvert pada kesehatan yang pertama adalah rentan mengalami depresi. Secara psikologis, individu yang introvert akan sangat tidak menyukai keramaian dan sangat nyaman menyendiri. Jika berada dalam sebuah pembicaraan atau kondisi di mana harus mengemukakan pendapat, Ia akan cenderung menghindar dan justru memilih untuk diabaikan. Jika dipaksa untuk berpendapat justru bisa membuatnya stres.

Pakar kesehatan justru menyebutkan jika orang dengan kepribadian introvert justru lebih mudah menetralisir rasa diabaikan oleh orang lain, namun, di sisi lain juga cenderung lebih mudah untuk mengalami depresi. Ia akan cenderung mudah untuk terjebak dalam pikirannya sendiri meskipun secara psikologis, mereka yang introvert justru lebih realistis dengan kehidupan sehingga tidak mudah merasa kecewa.

Sistem imun yang lemah

Pakar kesehatan menyebutkan pengaruh kepribadian introvert pada kesehatan ternyata akan memiliki risiko memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah dari mereka yang berkepribadian terbuka.

Imun kepribadian ekstrovert lebih kebal daripada kondisi kesehatan orang introvert yang lebih rentan, karena mereka yang terbuka akan lebih baik dalam mengembangkan gen semangat berekspresi dan bisa membuat sistem imunitas menjadi lebih kuat.

Selain itu, kecenderungan mereka yang berkepribadian terbuka akan lebih sering terpapar bakteri, kuman, virus, kotoran, hingga jamur dari orang-orang yang ditemui sehingga sistem imunnya pun akan berkembang menjadi lebih kuat.

Tetap fokus meski kurang tidur

Mereka lebih tahan terhadap efek kurang tidur, karena mereka terbiasa dengan otak yang selalu aktif dan tetap fokus. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2010 di Walter Reed Army Institute, orang yang kurang tidur sangat ekstrovert.

Dalam studi tersebut, baik ekstrovert dan introvert tetap terjaga selama 36 jam. Untuk beberapa, termasuk 12 jam interaksi sosial, sementara responden yang lain ditugaskan 12 jam aktivitas terisolasi. Ekstrovert yang memiliki lebih banyak interaksi sosial memiliki jumlah lebih rendah pada tes untuk kewaspadaan dan waktu reaksi daripada introvert.

Teorinya, interaksi sosial dapat melelahkan kerja otak yang menangani perhatian, sehingga memicu mereka untuk tidur. Introvert yang mungkin memiliki lebih banyak toleransi untuk perhatian berkelanjutan, juga disebut “kortikal gairah,” mungkin memiliki kemampuan untuk tidak mudah tidur.

Kebal terhadap tekanan sosial

Kondisi kesehatan orang introvert dari segi mentalnya mungkin lebih kebal terhadap berbagai jenis tekanan sosial khususnya, tekanan untuk menghadapi berbagai kondisi di lingkungannya, seperti harus menghadiri ulang tahun teman sekelas, mengerjakan tugas kelompok, atau apapun itu yang melibatkan banyak orang.

Orang berkepribadian introvert tidak merasa perlu untuk selalu bergaul dengan orang lain, dan mungkin tidak dihina jika mereka tidak masuk dalam pergaulan. Salah satu kemampuan seorang introvert adalah bisa menahan beberapa tekanan tersebut.

Lebih sulit untuk percintaan

Jika Anda seorang introvert mencari cinta, Anda mungkin akan merasa kesulitan. Orang introvert kurang mampu menempatkan diri di luar lingkungan sebanyak orang ekstrovert, dan bahkan introvert tidak mudah berteman dengan orang baru.

Tetapi, begitu para introvert berhasil melewati rintangan itu, mereka sebenarnya memiliki beberapa kelebihan seperti keinginan untuk membuat hubungan dengan orang yang mendalam.

Sebagian seorang dengan kepribadian introvert sangat selektif, mereka tidak akan membuang-buang waktu dalam hubungan yang tidak menarik. Kencan online mungkin telah menjadi sangat membantu bagi para introvert, karena sering kali mereka dapat melakukan obrolan ringan dan memulai percakapan pada tingkat yang lebih intim.