Hemoglobin atau yang biasa di singkat Hb. Hemoglobin merupakan komponen dalam sel darah merah yang berperan penting untuk mengikat oksigen dalam darah. Ketika tubuh kekurangan hemoglobin, maka akan terjadi anemia yang dapat menimbulkan sejumlah keluhan dan gangguan kesehatan.

Hemoglobin adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang memberikan warna merah pada darah. Strukturnya terdiri dari empat rantai. Setiap rantainya mengandung senyawa yang disebut heme, yang mengandung zat besi.
Selain pemberi warna, Hb juga berperan dalam pembentukan sel darah merah alias eritrosit yang berbentuk bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih. Tujuan dari pembentukan eritrosit adalah mempermudah sel darah bergerak dalam pembuluh darah.

Tidak hanya itu, protein darah ini juga berfungsi untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari kapiler (pembuluh darah kecil) di paru ke semua jaringan di dalam tubuh. Setiap proteinnya dapat mengangkut empat molekul oksigen yang berperan untuk regenerasi sel. Selain itu, protein dalam darah ini juga berperan dalam mengangkut karbon dioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru.

Petunjuk dari Kadar Hemoglobin



Ukuran kadar hemoglobin tergantung usia dan jenis kelamin. Pada wanita dewasa di atas usia 18 tahun, kadar hemoglobin normal yaitu 12 sampai 15 g/dl. Kemudian, untuk pria dewasa diatas usia 18 tahun, kadar hemoglobin normal yaitu 13 sampai 17 g/dl.
Ketika kondisi hemoglobin seseorang lebih tinggi atau lebih rendah daripada jumlah normal, dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Kadar Hemoglobin Rendah

Kadar hemoglobin rendah atau kekurangan hemoglobin akan menyebabkan kurang darah. Saat diperiksa darahnya, orang yang kekurangan hemoglobin juga biasanya akan menunjukkan nilai hematokrit rendah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kekurangan nutrisi, kehabisan darah karena operasi, menderita anemia atau kelainan darah, memiliki masalah dengan ginjal, maupun adanya paparan radiasi.
Jika hemoglobin rendah hingga menyebabkan kurang darah atau anemia, maka kondisi ini akan perlu ditangani dengan obat kurang darah.

Banyak sekali gejala yang dapat dirasakan, jika kadar hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah Anda, sangat rendah. Beberapa di antaranya meliputi : mudah lemah, sesak napas, pusing, detak jantung cepat dan tidak teratur, sakit kepala, Tangan dan kaki terasa dingin, kulit memucat atau menguning.

Untuk meningkat kadar hemoglobin dalam tubuh Anda sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung zat besi, asupan sehat mengandung folat, dan memaksimalkan penyerapan zat besi dengan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

Kadar Hemoglobin Tinggi

Ketoasidosis mengacu pada kondisi ketoasidosis diabetik (DKA) yang merupakan komplikasi serius dari diabetes melitus tipe 1 atau tipe 2. Ketoasidosis dapat terjadi dalam waktu yang cepat dan merupakan kondisi serius yang harus mendapatkan penanganan segera. Pada kondisi ini, terjadi peningkatan kadar keton yang sangat tinggi. Hal tersebut membuat darah menjadi terlalu asam dan mengganggu fungsi organ, seperti hati dan ginjal.
Ketoasidosis umumnya dicetuskan oleh diabetes melitus yang disertai beberapa kondisi lain, seperti tidak menggunakan insulin dengan tepat, infeksi, atau kehamilan. Selain itu, penyalahgunaan obat-obatan dan kecanduan alkohol juga dapat memicu kondisi ini.

Bagaimana Cara Mengetahui Kadar Hemoglobin?

Kadar hemoglobin yang terlalu rendah ataupun yang terlalu tinggi sama-sama dapat menimbulkan resiko yang tidak ringan, bahkan kondisi tersebut dapat menjadi indikasi munculnya penyakit serius. Sayangnya, gejala hemoglobin yang tidak normal (terlalu rendah atau terlallu tinggi) adalah gejala yang seringkali terjadi pada setiap orang dan juga dapat menjadi gejala dari penyakit lain. Lalu bagaimana solusinya dapat tetap menjaga dan memantau kadar hemoglobin?

Untuk melakukannya Anda cukup mengecek kadar hemoglobin secara berkala. Agar lebih praktis dan efisien, pengecekan kadar hemoglobin ini dapat dilakukan dengan menggunakaan alat cek kadar hemoglobin yang saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Dengan alat ini Anda tidak perlu lagi berkunjung ke laboratorium hanya untuk mengecek kadar hemoglobin. Pengecekan dan pemantauan kadar hemoglobin secara berkala sangat penting bagi mereka yang mengidap anemia. Denagn cek alat hemoglobin ini, pengguna akan dengan mudah mengetahui kadar hemoglobin. Tidak perlu khawatir akan kerepotan untuk menggunakannya karena sangat praktis untuk digunakan bahkan orang awam sekalipun.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

1. Siapkan Alat

Siapkan alat-alat berikut sebelum melakukan pengujian:

- Alat familyDR Hb.
- Strip test dengan chip kode
- Tabung transfer darah/mini pipet (7μL) untuk mengumpulkan sampel darah dan memindahkan sampel darah ke strip.
- Lancet / pena penusuk dan jarum steril sekali pakai
- alcool swab

2. Setting Alat

- Masukan baterai pada alat
- atur tanggal, waktu dan bunyi
- masukan chip kode, pastikan untuk mencocokan nomor chip kode dengan kode yang tertera pada botol strip test

3. Pengoprasian alat

- Masukan strip test sampai suara "beep" dan periksa nomor kode pada botol strip test
- kumpulkan sampel darah menggunakan tabung transfer darah/mini pipet (7μL). Tekan lembut tabung transfer darah untuk memasuka darah pada strip test sehingga darah terserah dalam strip tes dan tunggu hasil dalam 5 detik

4. Pengambilan sampel darah menggunakan mini pipet ((7μL)

- Masukan ujung pipet kedalam pipet, tekan tombol yang terdapat pada bagian atas pipet lalu tahan
- Masukan ujung pipet kedalam pipet, lepaskan perlahan tombol atas pipet secara perlahan. Jumlah sampel darah yang dibutuhkan tidak dapat terpenuhi apabila tombol di lepas dengan cepat.
- Setelah mendapatkan sampel darah yang cukup, posisikan dengan pipet ke lubang strip. Tekan tombol untuk memindahkan darah ke strip
- Setelah Anda memindahkan sampel darah ke strip pengujian, lepaskan ujung pipet dan buang ke tempat yang aman

Fitur Poduk FamilyDr - Alat Cek Hemoglobin

- Rentang pengukuran 7.0 - 26.0 g/dL
- Volume sampel darah hanya 1 µl
- Kapasitas memori hingga 180 kali pemakaian
- Lama pengukuran hanya 10 detik
- Garansi Resmi 2 Tahun
*Alat belum termasuk test strip




Fungsi hemoglobin sangat penting untuk tubuh. Kadar hemoglobin terlalu rendah atau tinggi, dapat menjadi pertanda gangguan kesehatan. Untuk memastikan kondisi tersebut, tes hemoglobin dapat dilakukan secara rutin.