Membersihkan rumah misalnya yang merupakan kewajiban bagi sang tuan rumah untuk melakukannya. Bagi Anda yang kini sendiri di kos, pasti Anda akan melakukan aktivitas membersihkan rumah supaya tempat yang Anda tinggali saat ini nyaman dan sehat.

Kemudian bagi Anda yang sudah menikah, kebanyakan istri akan bekerja sebagai ibu rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju dan masih banyak lagi. Sebaiknya sang suami juga membantu istri dalam melakukan aktivitas tersebut. Selain hubungan menjadi lebih dekat, ikut bergerak membersihkan rumah juga membuat istri menjadi senang dan merasa terbantu. Itulah manfaat dari bersih-bersih.

Tak hanya itu, dengan melakukan kegiatan rumah tangga seperti mencuci dan menyapu ternyata baik bagi tubuh dan meningkatkan imun seseorang. Apalagi dengan tambahan sedikit gerakan, tugas terselesaikan, rumah bersih, dan hati senang, dan menyehatkan badan lagi. Berikut ini gerakan sehari-hari membersihkan rumah yang sangat dianjurkan.


1. Menyapu


Menyapu Lantai


Siapa yang tidak pernah menyapu, hampir semua orang pasti pernah menyapu di dalam ataupun di luar rumah untuk mengumpulkan debu, sampah, atau daun, ke satu titik kemudian di masukan ke dalam kedukkan dan dipindahkan ke tempat sampah.

Manfaat menyapu bagi kesehatan adalah:


• Memperkuat otot paru-paru dan jantung.
• Memacu jantung melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya aliran darah dari pembuluh darah balik (vena) di kaki.
• Meningkatkan stamina, memperkuat otot-otot lengan, tungkai dan pinggang.


Untuk mendapatkan kesehatan yang lebih, lakukan hal seperti


• Pastikan tumit menjejak lantai lebih dahulu, lalu gerakkan seluruh bagian kaki agar kaki dapat menapak lebih kuat dan stabil.
• Pilih sapu bertangkai panjang sesuai dengan tinggi badan. Lakukan gerakan menyapu dengan dua tangan agar bersihnya optimal.
• Menyapu bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri agar beban pada otot tangan kanan dan kiri menjadi sama.
• Usahakan agar bahu Anda dalam posisi tidak kaku.


Menggunakan penyedot debu hampir sama dengan menyapu, yakni banyak mengandalkan kaki, tangan dan kekuatan otot batang tubuh saat harus setengah membungkuk. Kenakan masker penutup hidung agar tidak kemasukan debu.


2. Mencuci baju


Apakah Anda termasuk orang yang malas untuk mencuci baju Anda sendiri sehingga laundry sudah menjadi jalan pintas Anda? Mengapa Anda tidak mencoba mencuci pakaian Anda sendiri? Apakah takut tidak bersih? Tidak ada waktu? Atau alasan lainnya. Cobalah untuk beralih untuk mencuci pakaian sendiri.

Jika Anda adalah mahasiswa atau pekerja kantor yang kurang banyak gerak, mencuci baju pakai tangan bisa membantumu tetap sehat sekaligus menguruskan lengan. Mencuci akan menggerakkan otot-otot bagian tangan dan dadamu.

Mencuci juga akan melatih kemampuan Anda untuk bernapas lebih dalam dan meningkatkan stamina Anda. Jika Anda belum punya cukup uang untuk pergi ke pusat kebugaran, mungkin Anda bisa latih dulu otot Anda dengan mencuci. Kemudian mencuci menggunakan tangan sangat hemat uang dan listrik Anda bila dibandingkan dengan mencucinya dengan mesin cuci. Jadi segera mencoba untuk mencuci baju Anda dengan tangan.


3. Mengepel


Mengepel memberikan tujuan agar lantai terlihat lebih bersih dan lebih wangi. Wangi yang diciptakan dari cairan pembersih lantai membantu merelakskan badan setelah bekerja membersihkan rumah sehingga stres akan hilang dengan mudah. Tak hanya itu, menyapu dan mengepel dapat membakar 280 kalori jika dilakukan selama satu jam.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, cobalah untuk tidak menggunakan tongkat pel. Kemudian Ambil ember dan selembar kain pel kemudian lap lantai dengan cara zaman dulu. Ambil posisi merangkak dan tarik otot perut ke dalam. Pel lantai dengan variasi gerakan. Mulai dari mendorong lap ke depan dan ke belakang sampai gerakan memutar. Biar lebih seru, lakukan gerakan ini sambil diiringi musik.


4. Menjemur pakaian


Jemurlah pakaian Anda di pagi hari atau sore hari di bawah terik matahari. Kemudian berhenti mengambil barang di lantai dengan berjongkok atau membungkuk. Mulai sekarang, cobalah ambil barang dengan gaya olahraga, yakni squat. Lakukan squat dengan menekuk lutut seolah akan duduk di kursi. Tahan posisi selama 10-15 detik. Gerakan ini efektif melatih otot kaki dan bokong.


5. Membawa barang belanjaan


Ketika keluar ingin berbelanja kebutuhan pokok keluarga, jangan lupa pakai masker ya. Kemudian ketika barang belanjaan Anda berat, cobalah untuk berolahraga dengan barang belanjaan Anda. Tak perlu barbel untuk membentuk otot lengan. Kamu bisa menggunakan kantong belanja yang berisi berbagai belanjaan. Sembari menenteng kantong belanjaan, tarik kepalan tangan ke arah bahu. Ulangi sampai 10 kali. Lakukan secara bergantian dengan tangan yang satunya lagi.