Kursi roda dengan berbagai jenis mampu bagi mengalami kesulitan berjalan menuju ke suatu tempat dengan mudah. Mengapa harus menggunakan kursi roda, mengapa tidak menggunakan alat bantu lain? kursi roda adalah alat bantu jalan yang sangat efisien untuk digunakan oleh orang yang tidak mampu berjalan lagi. Pada kursi roda terdapat bantalan dudukan yang nyaman digunakan, serta terdapat sandaran, di mana bantalan tersebut membuat seorang pasien yang kelelahan dapat bersandar dengan amat nyaman.
Dengan memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, berikut jenis-jenis kursi roda dan fungsinya.

1. Berdasarkan Pengguna

Ada jenis kursi roda yang disesuaikan berdasarkan pengguna. Antara lain:

a. Kursi roda Bariatric


Jenis kursi roda ini adalah jenis manual yang khusus ditujukan untuk orang obesitas. Alat bantu ini bentuknya lebih besar daripada jenis yang umum karena harus bisa menampung beban hingga 300 kilogram bila kursi roda lainnya hanya mampu menopang berat maksimal 100 kilogram. Karena penderita obesitas tiap kali sulit melakukan aktifitas seperti manusia normal pada umumnya, bahkan berjalan sekalipun biasanya penderita obesitas yang berat badannya lebih dari 100 kg akan sulit melakukannya.

b. Kursi roda Pediatrik


Kursi roda ini dikhususkan bagi anak kecil. Kebanyakan kursi roda ini memiliki berbagai motif dan warna agar di kecil senang memakainya. Berat maksimal kursi roda ini berkisar 50 kg serta biasa digunakan bagi anak yang menderita penyakit Cerebral palsy yaitu kelainan pada otak yang membuat bagian tubuhnya mengalami gangguan seperti sulitnya menjaga keseimbangan tubuh.

c. Kursi Roda Cerebral palsy


Alat bantu jalan yang digunakan untuk orang dengan gangguan gerakan, otot, atau postur yang disebabkan oleh cedera atau perkembangan abnormal pada otak. Penderita ini memiliki kondisi lain yang berkaitan dengan perkembangan otak, seperti cacat, masalah pendengaran, pengelihatan atau kejang.
Kursi ini dirancang senyaman mungkin untuk penderita cerebral palsy, dengan sabuk pengaman sehingga pengguna tidak jatuh serta sandaran kepala dapat disesuaikan. Dilengkapi juga abductor/penyangga badan yang empuk yang berguna untuk memberikan lebih banyak kaamanan dan stabilitas dalam posisi tegak.

d. Kursi Roda Multifungsi


Kursi Roda Avico Siwa Merupakan kursi roda yang multifungsi bisa digunakan untuk BAB, Tiduran/Selonjoran, Double Rem, Pijakan kaki yang bisa diatur ketinggiannya, Dudukan tangan dapat dilepaskan sehingga pasien bisa turun dari samping atau depan dengan mudah. Dilengkapi juga dengan papan meja makanan untuk pengguna.

2. Berdasarkan cara memindahkannya

Ada jenis kursi roda yang disesuaikan berdasarkan pengguna. Antara lain:

a. Kursi roda Manual.


Yaitu kursi roda pada umumnya yang memiliki roda besar sehingga penderita bisa menjalankannya hanya dengan mendorong rodanya dari atas atau dengan bantuan seseorang untuk mendorong kursi roda dari belakang. Kursi roda ini umum di pasaran dan harga yang relatif lebih terjangkau. Namun kursi roda ini tidak cocok untuk pengguna yang mengalami cacat pada tangan. Kecuali ada seseorang yang membantunya dalam mendorong kursi roda.

b. Kursi roda elektrik


Kursi roda elektrik memiliki tuas yang dapat memudahkan penderita untuk memindahkannya tanpa harus mendorong rodanya. Biasanya digunakan untuk penderita yang mengalami kesulitan dalam mendorong rodanya atau mengalami masalah jantung atau paru-paru sehingga tidak mampu mendorong rodanya sendiri.
Tuas pada kursi roda ini bisa menggeserkan roda ke depan, belakang, kiri dan kanan serta berhenti.

3. Berdasarkan tujuan pemakaian.

Ada jenis kursi roda yang disesuaikan berdasarkan pengguna. Antara lain:

a. Kursi roda Traveling.


Yaitu kursi roda yang memudahkan pengguna melakukan aktifitas di luar ruangan atau berjalan-jalan karena bentuknya yang kecil. Kursi roda ini bisa dilipat dan mudah diangkat karena sangat ringan. Namun hanya mampu menahan berat berkisar 80 hingga 100 kg. Kursi roda ini bisa dipakai siapa saja. Anak-anak, dewasa, serta lansia disabilitas dengan gemar yang berjalan-jalan.

b. Kursi roda Olahraga


Bagi disabilitas yang ingin melakukan aktifitas olahraga, kursi roda ini sangat pas bagi disabilitas yang menyalurkan hobinya. Dalam kejuaraan olimpiade khusus disabilitas, kursi ini digunakan biasanya dipakai atlet dalam lomba lari.



Kesimpulan

Itulah jenis-jenis kursi roda memiliki jenis dan fungsinya masing-masing. Pastikan dalam memilih kursi roda sesuai dengan keinginan penderita, umur, serta berat badanya agar penggunaan kursi roda jadi lebih optimal.



Sumber:
https://news.ralali.com/fungsi-penting-kursi-roda/
https://www.medicalogy.com/blog/7-ragam-kursi-roda-unik-dan-bermanfaat-untuk-segala-kondisi/