Perubahan-perubahan ini mungkin mengejutkan jika terjadi lebih awal dari yang diperkirakan, oleh karena itu istilah penuaan dini kini menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang.

Kita tidak bisa untuk menghindari perubahan ini sepenuhnya, tetapi ada cara untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada tubuh Anda terutama jika itu terjadi sebelum Anda siap menerimanya.


Apa saja tanda-tanda penuaan dini?


Penuaan Dini


Proses penuaan terlihat berbeda pada setiap orang, tetapi ada tanda-tanda penuaan tertentu yang dianggap penuaan dini jika Anda melihatnya sebelum Anda berusia 35 tahun.


1. Bintik matahari


Bintik-bintik matahari adalah bintik-bintik datar pada kulit Anda yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun.

Bintik karena berlebihnya pigmen ini dapat berkembang di wajah Anda, punggung tangan Anda, atau lengan Anda. Mereka cenderung muncul pada orang yang menginjak lebih dari 40 tahun.


2. Tangan lebih kasar


Seiring waktu, lapisan atas kulit Anda menjadi lebih tipis dan mengandung lebih sedikit protein, seperti kolagen, yang memberi bentuk pada kulit Anda. Tangan Anda mungkin mulai tampak lebih keriput, dan tipis. Tidak ada yang lebih spesifik mengenai umur orang yang mulai mengalami hal ini, tetapi kebanyakan orang telah menyadari sekitar 40 tahun.


3. Hiperpigmentasi di sepanjang dada


Banyak orang mengalami perubahan warna yang tidak merata di dada mereka saat mereka bertambah tua. Mirip dengan bintik matahari, area pigmen yang berbeda ini dapat disebabkan oleh kerusakan sel-sel Anda akibat paparan sinar matahari.

Jenis hiperpigmentasi ini tidak selalu dikaitkan dengan penuaan. Ini bisa disebabkan oleh eksim atau kondisi kulit lainnya yang merusak sel melanin di kulit Anda. Tidak ada usia rata-rata ketika kondisi kulit ini biasanya muncul.



4. Kulit kering atau gatal


Kulit kering atau gatal dapat terjadi lebih banyak orang yang masa mudanya kurang minum air putih. Anda mungkin melihat kulit Anda menjadi lebih kering dan lebih rentan terkelupas saat mendekati usia 40-an.


5. Kerutan atau kendur


Saat memasuki usia 30-an, kulit Anda akan memperlambat produksi kolagen, protein yang membuat kulit Anda kencang. Dengan kolagen yang lebih sedikit di kulit, kerutan dan keriput yang terlihat bisa sangat terjadi. Anda mungkin melihat ini lebih sering terjadi di area sekitar otot yang sering digunakan, seperti dahi, atau tempat Anda lebih sering terkena sinar matahari.

Usia ketika orang pertama kali melihat kerutan bervariasi. Dan terkadang penuaan bahkan bukan salah satu alasannya. Itu bisa berupa kotoran atau dehidrasi .


6. Rambut rontok


Kerontokan rambut terjadi karena sel-sel induk yang memicu pertumbuhan rambut baru di folikel rambut Anda mati. Perubahan hormon, faktor lingkungan, genetika, dan nutrisi pada makanan Anda semua berperan dalam seberapa cepat ini terjadi.

Hingga 40 persen perempuan di atas usia 70 mengalami kerontokan rambut. Pria mengalaminya lebih awal, dengan 50 persen dapat terjadi rambut rontok setelah usia 50 tahun.


Apa yang menyebabkan penuaan dini?


Ada beberapa faktor berbeda yang memiliki efek langsung pada seberapa cepat tanda-tanda ini muncul di tubuh Anda.


• Merokok
• Paparan sinar matahari
• Gen


Beberapa kebiasaan gaya hidup dapat berkontribusi pada seberapa cepat tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan.


• Kebiasaan tidur
• Melebihnya asupan gula pada makanan
• Minum alkohol dan kafein
• Lingkungan Hidup
• Stres



Apakah hal ini bisa dihentikan?


Anda tidak dapat menghentikan penuaan sepenuhnya dan itu hal yang baik. Pengalaman datang seiring bertambahnya usia, dan ada kalanya kulit atau tubuh kita merefleksikannya.
Dalam beberapa kasus, merawat kulit Anda dapat memungkinkan proses penyembuhan yang mengembalikan beberapa penampilan kulit Anda dan mengembalikan sedikit strukturnya.


Bagaimana cara mencegah penuaan dini?


Penuaan Dini Wanita


Banyak faktor yang memengaruhi seberapa terlihat tanda-tanda penuaan Anda. Beberapa Anda dapat mengontrol.


1. Gunakan tabir surya

Tabir surya dengan setidaknya SPF 30 setiap hari mungkin merupakan hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.


2. Perhatikan lebih dari sekedar wajah Anda

Jangan gunakan pelembab dan pelindung kulit hanya pada wajah Anda. Pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan setidaknya 30 SPF dan losion di seluruh tubuh Anda juga.


3. Perkenalkan satu produk baru sekaligus dan berikan waktu untuk bekerja

Beberapa produk membuat klaim kuat untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dengan cepat. Yang benar adalah bahwa setiap produk kosmetik akan membutuhkan waktu bagi Anda untuk melihat sebuah hasilnya. Sehingga cobalah beberapa produk yang dapat mencegah penuaan dini. Kemudian pilih yang dirasa paling cocok bagi kulit anda


4. Pastikan Anda menghapus semua makeup sebelum tidur

Kebiasaan mencuci muka Anda dapat memengaruhi penampilan kulit Anda. Cuci wajah Anda dua kali sehari menggunakan air hangat dan pembersih ringan. Pastikan wajah Anda bebas dari bedak dan residu lainnya sebelum tidur.


5. Tetap pada jadwal tidur

Tidur sangat penting untuk semua organ tubuh Anda, termasuk kulit Anda. Mengikuti jadwal tidur akan memberikan kulit Anda waktu untuk menyegarkan dan memperbarui diri setiap hari.


6. Makan makanan asupan gizi yang cukup dan seimbang

Asupan gizi yang seimbang memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel kulit yang sehat.


7. Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat membuat keriput muncul lebih cepat. Minumlah 8 gelas air per hari untuk melembapkan kulit anda.


8. Olahraga

Olahraga harian meningkatkan sirkulasi Anda, yang membuat kulit lebih sehat. Ha Ini dapat membantu kulit Anda terlihat lebih muda.


9. Berhenti merokok

Jika Anda berhenti terpapar racun dalam asap rokok, Anda akan memberi waktu pada kulit Anda untuk memperbaikinya sendiri. Paling sedikit satu studi menemukan bahwa peserta yang berhenti merokok memperhatikan bahwa kulit mereka terlihat lebih muda.


10. Berlatih mengatur stres

Temukan cara menghilangkan stres yang cocok untuk Anda dengan melakukan aktivitas seperti Yoga, jalan-jalan alam, dan meditasi, meluangkan hobi adalah mekanisme yang terbukti sehat bagi kulit Anda.