Tongkat jalan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan beberapa telah menjadi barang kolektor. Penyandang disabilitas dapat menggunakan beberapa jenis tongkat sebagai penopang.

Usia senja semestinya tidak menjadi penghalang untuk tetap aktif bergerak. Justru, berat badan bisa terkontrol dan tubuh pun menjadi lebih sehat dengan beraktivitas. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kondisi tubuh sudah tidak seprima dulu. Karena itu, Anda mungkin membutuhkan tongkat bantu jalan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Beragamnya desain tongkat bantu jalan mungkin membingungkan Anda dalam memilih. Tak perlu pusing karena kali ini kami akan membantu Anda memilih dengan memaparkan tipsnya. Kami juga akan merekomendasikan produk di akhir artikel. Dapatkan tongkat bantu jalan yang memudahkan mobilitas Anda!

Cara Memilih Tongkat Bantu Jalan



Pada dasarnya, tongkat bantu jalan digunakan oleh orang yang kakinya lemah. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kemampuan berjalan dan kondisi fisik Anda. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilihnya.

Pilih berdasarkan panjang tongkat
Bila tidak sesuai dengan kondisi fisik Anda, tongkat akan sulit digunakan dan mungkin malah menyebabkan cedera. Agar terhindar dari hal ini, pastikan panjang tongkat sesuai dengan tinggi badan Anda.

Pilihlah tongkat yang memungkinkan siku Anda menekuk dengan alami (30-40 derajat) saat dipakai. Ujung tongkat pun sebaiknya berada 20 cm dari ujung kaki. Pilihlah juga tongkat dengan panjang yang cukup untuk menahan posisi berdiri Anda. Jika kurang yakin, Anda bisa menggunakan kalkulasi 'tinggi badan x 0,5 + 2-3cm' untuk menentukan panjang tongkat yang pas.

Periksa bentuk pegangannya
Secara garis besar, bentuk ujung tongkat bantu jalan terbagi menjadi dua, yaitu bentuk T dan bentuk U. Bentuk T memiliki pegangan yang datar dan berada di ujung tongkat sehingga bentuknya mirip huruf 'T'. Sedangkan, tongkat yang pegangannya melengkung disebut dengan tongkat bentuk U.

Kelebihan tongkat bentuk T adalah keseimbangan tubuh mudah dicapai. Caranya cukup dengan menggenggam handle di antara jari telunjuk dan jari tengah. Di sisi lain, tongkat bentuk U bisa Anda gantungkan di lengan saat hendak menggunakan kedua tangan, misalnya saat berbelanja. Namun, tongkat tipe ini kurang stabil dibanding tipe T. Selain itu, tongkat bentuk U juga lebih rawan terselip dan bergeser dari genggaman. Karena itu, pilihlah tongkat bentuk T bila Anda sangat bergantung pada tongkat untuk berjalan.

Cek ketebalan pegangannya
Makin tebal pegangan pada tongkat, makin kukuh juga Anda dapat menggenggamnya. Namun, jika Anda memiliki tangan yang kecil, pegangan yang tebal mungkin sedikit sulit digenggam. Jadi, sebisa mungkin pilihlah ketebalan pegangan yang pas dengan ukuran tangan Anda, ya.

Pilih berdasarkan bahan, desain, dan bobotnya
Umumnya, tongkat bantu jalan terbuat dari metal atau resin. Akan tetapi, ada juga tongkat mewah impor yang terbuat dari kayu. Desain pegangan tongkat tidak melulu berbentuk T dan U, tetapi ada juga yang berbentuk unik. Tongkat bantu jalan akan sering menemani Anda pergi. Pasti lebih menyenangkan bila modelnya sesuai dengan gaya busana dan selera Anda, bukan?

Lalu, bahan dan konstruksi tongkat juga dapat memengaruhi bobotnya. Untuk lansia yang fisiknya sudah melemah, bobot tongkat patut diperhatikan. Jadi, pertimbangkanlah kondisi fisik dan kesehatan penerima ketika akan memberikan tongkat bantu jalan sebagai hadiah. Jangan sampai memberi tongkat yang bobotnya terlalu berat.

5 Alasan Tongkat Jalan Lipat Dapat Membantu Anda



Tongkat jalan lipat menawarkan berbagai manfaat yang berbeda, yang beberapa di antaranya mungkin belum Anda pertimbangkan sebelumnya. Jika Anda mencari tongkat baru dan Anda tidak yakin tongkat apa yang bisa Anda dapatkan, cari tahu mengapa tongkat yang dapat dilipat adalah aset yang bagus sebelum Anda membuat keputusan. Kami telah menguraikan beberapa cara melipat tongkat jalan dapat membantu Anda dalam posting blog kami yang praktis.

1. Ideal Jika Anda Tidak Menggunakan Tongkat Anda Sepanjang Waktu

Salah satu bonus terbesar menggunakan tongkat lipat adalah dapat disimpan di tas saat tidak digunakan. Jika Anda tidak menggunakan tongkat secara terus-menerus, itu bisa merepotkan untuk membawanya ke mana saja di tangan Anda. Ini juga membuat melakukan tugas-tugas yang mengharuskan tangan Anda melakukan pekerjaan rumah, dan menyandarkannya ke dinding tidak selalu merupakan jawaban terbaik karena ini dapat menyebabkan tongkat terjatuh - namun ada masalah lain ketika Anda harus membungkuk untuk mengambil tongkat.

Di sisi lain, ketika Anda memiliki tongkat lipat, Anda dapat meletakkannya di tas saat tidak diperlukan dan mengeluarkannya hanya jika diperlukan. Ini memungkinkan Anda melakukan tindakan yang relatif tidak terbebani oleh tongkat Anda dan memastikan Anda tidak ketahuan mencoba memegang banyak benda berbeda di tangan Anda tanpa menjatuhkannya.

2. Menjaga Tongkat Anda Aman

Saat Anda makan di restoran atau mengunjungi bioskop, tongkat yang tidak bisa dilipat mudah ditinggalkan. Lagipula, cukup sulit menemukan tempat untuk mempertahankan tongkat Anda, dan jika Anda tidak perlu menggunakan tongkat sepanjang waktu, itu bisa dengan mudah dilupakan. Di sinilah tongkat lipat bersinar, tongkat dapat dengan mudah diletakkan di dalam tas atau saku Anda di awal malam dan dilupakan sampai Anda membutuhkannya lagi!

Tidak hanya melipat tongkat yang lebih sulit untuk dihilangkan, tetapi mereka juga cenderung lebih baik dari pada yang tidak melipat. Ini karena Anda cenderung menjatuhkan tongkat Anda, tindakan yang dapat menyebabkan penyok dan kerusakan lainnya pada desain tongkat Anda. Dan hal terakhir yang Anda inginkan ketika Anda menggunakan tongkat sebagai aksesori fesyen adalah untuk menjadi hancur karena ini dapat merusak dampak dari desainnya.

3. Menempatkan Kurang Regangan di Tangan Anda

Ketika Anda memegang tongkat di tangan Anda setiap saat, ini dapat membuat tangan dan pergelangan tangan Anda tegang meskipun tongkat itu relatif ringan. Memiliki tongkat lipat dapat mengurangi tekanan ini karena Anda dapat mengeluarkan tongkat hanya ketika Anda membutuhkan sedikit tambahan dukungan atau suar. Ini berarti bahwa ketika tongkat dilipat, Anda dapat mengistirahatkan tangan dan pergelangan tangan Anda untuk mencegah kerusakan jangka panjang.

4. Mengakses Pakaian Anda dengan Ketentuan Anda

Acara formal dan modis memang menyenangkan untuk dihadiri, tetapi ketika Anda menggunakan tongkat sebagai aksesori, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah terlihat dengan tongkat Anda di tangan sebelum Anda siap untuk acara tersebut. Dengan tongkat lipat, Anda dapat menyimpannya di tas saat bepergian ke dan dari acara. Ini berarti Anda dapat membuat kesan besar ketika Anda siap.
Lebih baik lagi, Anda bahkan tidak perlu membawa tas terpisah untuk tongkat jalan Anda; kami memiliki serangkaian tongkat seukuran tas tangan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan tongkat Anda di tas Anda. Ini dapat dilipat menjadi lima bagian, bukan empat biasa sehingga mereka masuk ke dalam tas yang lebih kecil dan bahkan kantong.

5. Menghemat Ruang Kaki

Saat Anda bepergian dengan mobil atau pesawat terbang, ruang gerak kaki Anda cukup terbatas. Dengan demikian, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah harus menyimpan tongkat Anda di ruang kaki kecil yang Anda miliki. Dengan menggunakan tongkat lipat, Anda dapat menempatkan penopang di koper atau bahkan di bagasi mobil saat Anda naik dari A ke B. Ini berarti Anda dapat berbaring sebanyak yang Anda inginkan tanpa merasa seolah-olah Anda akan jatuhkan tongkatmu dan kirim jatuh ke lantai.