Hal ini membuktikan bahwa negara ini memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya menjadi lebih sehat, masyarakatnya juga terkenal dengan kedisiplinannya dalam melakukan suatu hal.
Berikut ini kita bisa mencontohkan beberapa kebiasaan gaya hidup orang Jepang yang terkenal akan gaya hidup sehatnya



1. Mengonsumsi makanan non-olahan

Banyak anak yang menginjak sekolah dasar di Jepang yang makan siang dengan bahan organik lokal yang dibuat di rumah dan membuat anak-anak itu tak punya pilihan selain menyantapnya. Kebiasaan sehat juga diterapkan keluarga di rumah.

2. Lebih senang makanan yang di rebus/kukus

Orang Jepang lebih memilih makan makanan yang direbus karena kandungan gizi yang terkandung pada makanan seperti vitamin, mineral, dan zat lainnya pada sayuran tidak rusak bila dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Selain itu, makanan yang digoreng berisiko obesitas karena mengandung lemak jahat dari proses menggoreng.

3. Mengonsumsi ikan

Karena kondisi geografis negara Jepang yang berpulau-pulau, warga jepang tidak bisa lepas dengan konsumsi ikannya. Ikan lebih banyak kandungan gizi baiknya ketimbang daging lainnya. Selain itu, orang yang mempunyai berat badan berlebih, mengonsumsi ikan lebih cepat menurunkan berat badan ketimbang dengan mengonsumsi daging.

4. Sarapan

Tak jarang masyarakat Indonesia tidak sempat menyiapkan makan di pagi hari. Padahal makan pagi sangat baik bagi metabolisme tubuh serta bisa menghindari makan yang berlebihan di siang harinya. Masyarakat Jepang tak akan lupa dengan sarapan pagi. Mereka bisa sarapan dengan nasi, sup miso, tahu dan sayuran lainnya yang jelas sangat sehat.

5. Senang makan kacang kedelai

Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Kacang kedelai memiliki segudang manfaat bagi tubuh, di antaranya menjaga jantung, menurunkan tekanan darah yang berlebih, mencegah kanker, mengatur berat badan, menjaga kesehatan otot, tulang dan sendi, dan membuat tampak lebih awet muda serta menutrisi kulit. Olahan kedelai yang ada di Indonesia yang sering kita temui adalah tempe, tahu, dan oncom. Namun sayangnya ketiga makanan tersebut melalui proses penggorengan sehingga kandungannya bisa rusak. Untuk mendapatkan manfaat lebih dari kacang kedelai, Anda bisa mengolahnya dengan dibuat jus, atau di rebus.

6. Membatasi makanan manis

Orang Jepang jarang sekali mengonsumsi makanan yang manis atau makanan penutup. Mereka lebih memilih untuk mengonsumsi teh hijau atau buah jika ingin mengonsumsi makanan yang manis. Kebiasaan ini tentu saja sangat berguna bagi tubuh yaitu untuk membatasi asupan gula di dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari obesitas, dan diabetes.

7. Mengonsumsi makanan yang difermentasi

Makanan dan minuman yang difermentasi seperti yoghurt dan acar memiliki bakteri baik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita serta bisa melawan bakteri jahat yang ada di pencernaan kita.

8. Senang minum teh hijau

Teh hijau yang penuh antioksidan untuk membantu tubuh melawan kanker, juga menurunkan risiko terserang penyakit jantung, serta membantu meningkatkan fungsi kognitif. Hasil penelitian juga mengklaim orang yang minum lima cangkir teh hijau per hari berpeluang panjang umur 26 persen lebih tinggi dibanding yang tak suka teh hijau.

9. Makan dengan porsi yang sedikit

Masyarakat Jepang tidak makan dengan porsi yang cukup besar. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan karena bisa mencegah masyarakat Jepang menderita obesitas yang bahaya bagi tubuh dan meningkatkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes, kolesterol, dan kanker.

10. Sering melakukan gerak

Saat pergi ke tempat sekolah, pasar atau kantor, Orang Jepang menggunakan sepeda, transportasi umum seperti bus dan kereta, atau berjalan kaki. Hal ini dapat membuatnya lebih banyak bergerak dan menurunkan berat badan serta menghilangkan risiko berbagai penyakit.

11. Sangat bersih

Masyarakat Jepang saat mengolah makanannya sangat terjaga kebersihannya. Hal ini sangat bagus karena makanan yang bersih bisa mencegah makanan cepat basi dan yang pastinya terbebas dari bakteri yang berbahaya bila kita mengonsumsinya.


Itulah beberapa cara hidup sehat seperti orang Jepang. Banyak yang bisa kita contohkan orang Jepang misalnya dalam menjaga kesehatan. Hal ini juga yang membuat orang Jepang panjang umur dan terbebas dari beberapa penyakit berbahaya dan yang paling penting mereka sangat tidak suka obesitas makanya Jepang merupakan negara yang paling rendah dalam populasi obesitasnya.