Syphilis adalah salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) atau biasa disebut raja singa sebagai nama lainnya. Tanpa penanganan, maka syphilis bisa memberikan komplikasi yang serius. Jika penanganan syphilis tepat, maka mengobati syphilis untuk sembuh total akan mudah.

Penyebab syphilis
Syphilis sendiri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum dan dapat menular. Umumnya, penyebaran akan penyakit syphilis melalui hubungan seksual dengan orang yg terinfeksi, juga bisa menyebar melalui cairan tubuh pengidapnya,yaitu darah. Syphilis merupakan penyakit infeksi yang dapat menyerang berbagai organ tubuh serta menyerupai berbagai penyakit, sehingga syphilis disebut dengan The Great Immitator. Dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, seta sistem saraf pada tubuh manusia.

 

 

 

Syphilis dapat berkembang dalam beberapa tahap dan gejala yang muncul bergantung pada tahapan tersebut. 4 tahap tanda dan gejala syphilis

 

• Syphilis Primer Pada tahap ini gejala muncul antara 10-90 hari. Seseorang syphilis primer umumnya mengalami luka di tempat infeksi awal. Luka ini biasanya terdapat disekitar alat kelamin, sekitar anus, atau mulut. Luka ini biasanya berbentuk bulat dan dinamakan Chanre. Umumnya gejala ini akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 3 – 6 minggu.
• Syphilis Sekunder Dalam beberapa minggu setelah luka hilang, Anda mengalami ruam disekujur tubuh Anda,termasuk telapak tangan dan kaki. Ruam ini biasanya tidak gatal dan dapat disertai kutil dimulut atau area kelamin. Ruam pada tahap ini juga akan menghilang meski penderita tidak menjalani pengobatan. Tanpa pengobatan yang tepat infeksi dapat berlanjut ke tahap laten atau tahap tersier.
• Syphilis Laten Pada tahap laten, Anda tidak mengalami gejala apapun dari penyakit raja singa ini. Tahap laten ini bisa bertahan selama bertahun-tahun. Selama 12 bulan pertama tahap syphilis laten, infeksi masih bisa di tularkan. Jika tidak di obati, infeksi ini akan berkembang menjadi syphilis tersier yang merupakan tahap syphilis paling berbahaya.
• Syphilis Tersier Pada tahap ini, orang yang terinfeksi syphilis tapi tidak diobati kemungkinan akan beresiko mengalami komplikasi yang dikenal dengan syphilis tersier. Dalam tahap ini syphilis akan merusak otak, saraf,mata, jantung, aliran darah, hati, tulang dan otot.

 

Deteksi Dini Syphilis dengan Onestep Syphilis Test

 

 

 

 

Penularan syphilis dapat dicegah dengan perilaku seks yang aman, yaitu setia pada 1 pasangan seksual atau menggunakan kondom. Selain itu pemeriksaan atau skrining terhadap penyakit syphilis secara rutin pada orang- orang yang memliki faktor beresiko tinggi. Apabila Anda pernah melakukan perilaku beresiko dan merasakan gejala seperti yang diaebutkan diatas, Anda dapat melakukan pengujian dengan Onestep Syphilis di rumah. Pengujian ulangan perlu di lakukan setidaknya 3 bulan setelah pengujian pertama dilakukan. Apabila ingin lebih memastikan, pastikan diru ke dokter. Makin cepat syphilis diobati, makin kecil kemungkinan syphilis berkembang menjadi penyakit serius.

 

 

 

Kesimpulan

Syphilis atau raja singa tanpa penanganan, maka syphilis bisa memberikan komplikasi yang serius. Apabila Anda melakukan perilalu beresiko segera lakukan pemeriksaan atau skrining terhadap penyakit syphilis.