Kursi roda travel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna dengan mobilitas terbatas dan bagi mereka yang kesulitan berjalan jauh. Kursi roda ini memiliki roda yang lebih kecil dan dirancang untuk didorong oleh petugas atau penjaga, yang menjadikan jenis kursi roda ini solusi sempurna untuk perjalanan yang lebih dekat.

Kursi roda travel dirancang untuk digunakan pada aktivitas yang tidak terlalu berat, misalnya, perjalanan ke toko, janji dengan dokter, atau tamasya singkat lainnya. Anda akan melihat bahwa, tidak seperti kursi roda standar, kursi travel memiliki empat roda yang lebih kecil, yang dirancang untuk memberikan kontrol yang lebih besar kepada orang yang mendorong kursi roda tersebut. Kursi roda jenis ini selalu didorong oleh orang lain selain pengguna, dan seringkali dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang yang membutuhkan penjaga untuk membantu mereka saat jalan-jalan.

Baca artikel lainnya:

7 Rekomendasi Kursi Roda Traveling yang Paling Cocok Untuk Bepergian

Salah satu fitur yang paling menonjol dari kursi roda travel adalah desainnya yang ringan. Ini membuatnya lebih mudah untuk diangkut, dan tentu saja, berat keseluruhan kursi akan ditentukan oleh orang yang menggunakannya.

Dalam panduan ini, kami akan membahas aspek-aspek penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli kursi roda travel. Untuk menghemat waktu dan tenaga Anda, kami juga akan melihat beberapa model terbaik yang saat ini tersedia untuk memenuhi sebagian besar jenis kebutuhan, yang dapat membantu membuat hidup lebih sederhana bagi mereka yang hidup dengan gangguan mobilitas.


Memilih Kursi Roda Travel Yang Tepat

Kursi Roda Travel

Harga kursi roda travel manual rata-rata sekitar 1-2 juta, sementara ini tentu saja merupakan jumlah yang terjangkau, itu masih cukup banyak sehingga Anda ingin memastikan Anda membeli peralatan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Untuk menghindari kesalahan yang merugikan, pertimbangkan faktor-faktor berikut sebelum membeli kursi roda travel:


Roda

Kursi roda pengangkut dilengkapi dengan ban yang lebih kecil, yang memberikan kemampuan manuver yang lebih baik di ruang terbatas karena radius putar kursi yang lebih kecil.


Kapasitas Beban

Kursi roda pengangkut umumnya memiliki kapasitas berat maksimum antara 70 kilogram. Namun, untuk pengguna yang lebih berat, tersedia kursi roda pengangkut tugas berat yang memiliki kapasitas bobot hingga 100 kilogram.


Sandaran Tangan dan Kaki

Memilih jenis sandaran tangan dan sandaran kaki yang tepat tidak hanya akan membantu kenyamanan, tetapi juga dapat membuat transfer lebih mudah dan aman. Sandaran lengan tersedia dalam berbagai gaya, termasuk panjang penuh, dapat dilepas dan di angkat.


Mudah Diangkut

Kursi Roda Mudah Diangkut

Karena sifatnya yang ringan dan desain yang dapat dilipat, kursi roda travel secara keseluruhan sangat portabel. Sebagian besar akan melipat dengan kompak hingga tidak lebih dari 12 inci, sehingga dapat dengan mudah disimpan di bagasi kendaraan berukuran paling besar. Ini membuatnya ideal untuk perjalanan belanja, hari-hari keluar, dan liburan.


Lebar Dudukan

Kursi kanvas dasar biasanya digunakan pada kursi roda travel, bukan kursi empuk, agar seringan mungkin. Kursi ini biasanya terbuat dari bahan pelapis vinil atau nilon. Vinyl tahan air dan juga dapat dengan mudah dilap sehingga cocok untuk penderita inkontinensia. Sedangkan jok nilon adalah bahan yang bisa bernapas. Ini dapat membantu mengurangi keringat berlebih, memungkinkan penumpang kursi roda tetap nyaman dan dingin lebih lama.

Anda juga ingin memastikan bahwa kursi memiliki ukuran yang sesuai bagi pengguna untuk memberikan distribusi tekanan yang optimal. Kursi yang terlalu lebar dapat menyebabkan masalah stabilitas, yang meningkatkan risiko pengguna meluncur dari kursi roda. Kursi yang terlalu sempit terbukti tidak nyaman dan dapat meningkatkan risiko terjadinya luka tekan. Bergantung pada kursi angkutnya, lebar kursi bisa berkisar dari 16 sampai 22 inchi, sedangkan kedalaman kursi bisa berkisar dari 16 ″ sampai 18 inci.


Sabuk Pengaman

Untuk memastikan keselamatan dan stabilitas pengguna kursi roda, pertimbangkan untuk memilih kursi roda travel yang dilengkapi dengan sabuk pengaman. Sabuk pengaman akan membantu mencegah pengguna terpeleset ke depan atau jatuh dari kursi roda, yang akan membantu meminimalkan risiko kemungkinan cedera.


Cara Menggunakan Kursi Roda Travel

Cara Menggunakan Kursi Roda Travel

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menggunakan kursi roda travel yang benar.

  • Kursi roda travel hanya dapat didorong oleh petugas/penjaga dari belakang kursi roda
  • Rem parkir - dorong pegangan rem plastik dengan tangan Anda ke arah depan kursi roda. Tarik pegangan rem plastik ke belakang untuk melepaskan rem
  • Jangan gunakan pada gradien (tinggi tanjakan) yang lebih besar dari 10 derajat
  • Kursi roda travel hanya cocok untuk satu pengguna
  • Pastikan kaki berada di alas kaki selama pengoprasian
  • Jangan berdiri di atas alas kaki
  • Jangan menggunakan eskalator
  • Jangan mundur menuruni gradien
  • Jangan meraih item yang lebih jauh dari jangkauan lengan Anda
  • Waspada bahaya di wilayah Anda saat mengoprasikannya
  • Selalu gunakan rem parikir saat memindahkan pengguna ke atau dari kursi roda

Berjalan Di Trotoar

Kursi Roda Di Trotoar

Naik ke trotoar: Dekatkan bagian depan kursi roda ke trotoar. Petugas/penjaga mendorong stepper tube dibagaian belakang kursi roda dengan kakinya untuk mengangkat kastor depan dari tanah dan naik ke trotoar. Petugas/penjaga kemundian mendorong kursi roda ke depan dan mengankat bagian belakang kursi roda ke atas naik ke trotoar.
Turun dari trotoar: Dekatkan bagian depan kursi roda ke tepi trotoar. Petugas/penjaga mendorong strepper tube di bagian belakang kursi roda dengan kakinya dan dengan lembut menurunkan kastor depan ke tanah. Petugas/penjaga kemudian mendorong kursi roda kedepan dan dengan perlahan menurunkan kastor belakang ke tanah.


Cara Melipat

Cara Melipat Kursi Roda

Kursi roda travel dirancang untuk di lipat sehingga memudahkan dan bertransportasi dan penyimpanan. Pastikan sandaran kaki berada di posisi depan dan balikkan alas kaki plastik ke atas sambil memegang dua tali pengikat dudukan kursi di kedua sisi kanvas dudukan kursi, tarik ke atas untuk melipat kursi.
Sandaran belakang kursi roda travel biasanya dapat dilipat sehingga kursi roda lebih kompak. Dorong paddle hitam pada bagian belakang kursi dengan ibu jari Anda sambil menarik pegangan ke bawah.


Cara Merawat

Cara merawat kursi roda

Pastikan kursi roda travel Anda selalu berfungsi dengan baik setiap saat.

  • Berihkan kursi roda dengan menggunakan kain basah setiaknya seminggu sekali
  • Jika terkena embun/air keringkan segera
  • Bersihkan dudukan kursi dengan sabun ringan, bilas dan lap sampai kering.
  • Kain pelapis yang usang atau sobek harus diganti segera
  • Jika terdapat baut yang kendur segera kencangkan kembali
  • Jika ban roda Solid PU menjadi retak dan aus, segera ganti