Kini kita harus mengikuti anjuran pemerintah yaitu selalu cuci tangan, pakai masker jika sakit, hindari kerumunan dan berkumpul serta jangan keluar untuk hal yang tidak perlu. Bagi pelajar dan mahasiswa yang diliburkan dan wajib berada di rumah, hal apa saja yang bisa dilakukan ya selama di rumah agar tidak bosan?

Kebosanan adalah tempat Anda memiliki tingkat energi tertentu namun tidak memiliki tempat untuk melampiaskannya. Para peneliti telah menemukan bahwa biasanya, kita bereaksi terhadap situasi yang tidak menyenangkan dengan mengubah situasi tersebut. Misalnya jika Anda tidak menyukai buku yang sedang Anda baca, Anda menutupnya dan melakukan sesuatu yang lain, contoh bermain musik. Kebosanan terjadi ketika Anda tidak dapat mengubah situasi terebut.

Bagi anda yang mudah mengalami rasa bosan bisa melakukan hal berikut:

1. Menggunakan Video call ketika ingin menjumpai teman



Kini aplikasi chatting seperti whatsapp, memiliki fitur video call untuk berbicara dengan teman sekaligus bisa melihat wajahnya agar bisa melihat kondisi fisik teman anda. Tak hanya itu, whatsapp aplikasi chatting terpopuler di Indonesia bisa melakukan video call tidak hanya ke satu teman. Melainkan ke empat orang sekaligus. Maka dari itu biasanya whatsapp dipakai saat dosen atau guru mengajarkan siswanya di rumah mereka masing-masing.

2. Mengadakan les atau kursus.



agi sebagian orang yang tidak memiliki penghasilan ketika di dalam rumah, kamu bisa memberikan ilmu yang sesuai dengan keahlianmu kepada seseorang atau siapa pun yang membutuhkan ilmu tersebut. Misalnya barista, untuk saat ini penghasilannya mengalami penurunan secara signifikan. Orang akan malas keluar hanya untuk minum secangkir kopi di kafe. Berikan ilmu cara membuat kopi di mesin kopi ke seseorang misal temanmu dengan meminta imbalan dari ilmu yang kamu berikan. Sehingga teman kamu bisa ikut memulai bisnis seperti kamu nanti. Atau kamu senang matematika, kamu bisa mengajarkannya ke anak kerabat, tetangga atau saudara bahkan teman dengan menggunakan video call. Kamu mendapatkan uang, mereka mendapatkan ilmu dan menjadi orang yang berprestasi.

3. Beribadah



Corona bukan menjadi alasan kamu untuk menjauhkan diri kepada Tuhan. Setelah beribadah, kamu bisa mendengarkan ceramah dari ustad kegemaranmu atau mendengar khotbah di tempat ibadah lain sesuai dengan kepercayaan masing-masing, mendengarkan musik religi kesukaanmu atau membaca kitab suci.

4. Bermain game



Tak ada salahnya bermain game untuk menghilangkan rasa jenuh. Bermain game juga baik untuk melatih otak agar lebih cekatan. Namun yang perlu diingat adalah perlu dibatasi mainnya karena akan merusak mata akibat dari radiasi yang dipancarkan. Bisa juga ajak bermain game online bersama teman biar makin seru.

5. Berolahraga



Berolahraga tetap harus dijalankan agar imun kita kuat melawan virus dan bakteri. Bisa lakukan push up, pull up atau lain sebagainya yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke lapangan, atau gym.

6. Membersihkan rumah.



Selama berada di rumah, lakukan hal positif seperti membersihkan rumah bisa membuat kamu lebih sehat serta bisa menghabiskan waktumu untuk hal yang baik.

7. Menelepon orang tua



Untuk melepas rindu kepada orang tua namun tidak mungkin mudik pada keadaan seperti ini, seringlah menelepon mereka. Bisa cerita tentang dirimu di kota dan meminta maaf bila hari ini tidak bisa mudik karena wabah virus.

8. Mendengarkan musik



Bisa menghilangkan rasa bosan musik juga bisa merelakskan tubuh, dan meningkatkan hormon yang positif bagi tubuh.



Kesimpulan

Sebaiknya di rumah saja dahulu sampai semua mereda. Cari hal yang membuat kalian tidak mudah bosan. Perbanyak minum air putih, selalu cuci tangan dengan sabun, istirahat yang cukup, dan makan makanan yang seimbang. Hal-hal di atas hanya sebagian tips bagi kalian yang mudah bosan di dalam rumah. Masih banyak hal-hal positif untuk menghilangkan rasa bosan bila tidak keluar rumah sebulan saja. Agar tidak menambah jumlah korban yang positif corona bahkan sampai meninggal. Jangan berkumpul dahulu, dan jangan membuat pesta sebelum pandemi ini mereda.



Sumber:
https://metro.co.uk/2020/03/18/how-to-be-bored-12416818/
https://kumparan.com/relationshipgoals/5-cara-atasi-bosan-selama-social-distancing-1t7Xj11FqOG