Bukan hanya berat badan, pengukuran panjang badan juga sangat penting untuk mendeteksi risiko penyakit. Para ahli menemukan bahwa orang dewasa yang bertubuh lebih pendek (kurang dari 160 cm) berisiko tinggi menderita penyakit jantung dan kardiovaskular, daripada orang dewasa yang bertubuh lebih tinggi. Lalu, berapakah idealnya tinggi badan orang dewasa di Indonesia? Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi milik Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal bagi pria di Indonesia berusia 19-64 tahun adalah 168 cm. Dengan status gizi normal dan berat badan sekitar 60-62 kg. Sementara tinggi badan ideal untuk wanita di Indonesia berusia 19-64 tahun adalah 159 cm. Dengan status gizi normal dan berat badan sekitar 54-55 kg.

 

Bagaimana Cara Mengukur Tinggi Badan yang Akurat?

 

Mengukur tinggi badan mungkin terdengar mudah, namun apabila salah teknik sedikit saja hasil pengukurannya bisa meleset dan tidak akurat. Hasilnya bisa membuat Anda terlihat lebih tinggi atau sebaliknya justru lebih pendek dari yang seharusnya. Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk melakukan pengukuran di rumah sakit, namun bagi sebagian lainnya yang seluruh waktunya hampir dihabiskan di tempat kerja rasanya tentu tidak semudah itu. Belum lagi biaya pemeriksaan yang sering dipatok dengan tarif yang relatif mahal hanya untuk sebuah hasil akhir pengukuran. Karenanya untuk membantu pengukuran tinggi badan yang akurat, berikut kami rekomendasikan alat pengukur yang bisa membantu Anda melakukan pengukuran bahkan di dalam rumah :

 

1. GEA Digital Stature Meter

 

 

 

 

GEA HT721 Digital Wireless alat kesehatan ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tinggi badan seseorang. Alat ukur tinggi badan ini menggunakan pengukur jarak berteknologi ultrasonik. Pengukur tinggi badan HT721 ini dilengkapi dengan memori sehingga dapat menyimpan hasil tinggi badan sebelumnya. Mampu mengukur tinggi badan hingga 200 cm. Desainnya yang ramping memudahkan Anda untuk menyimpannya dan dipercantik dengan 3 pilihan warna yaitu biru, ungu dan hijau.

 

Cara Pemakaian :

- Pasang 2 buah baterai AA pada alat.
- Badan berdiri tegak dan merapat pada dinding, pastikan tidak ada yang menghalangi bagian kepala (topi atau aksesoris rambut lainnya) posisikan alat diatas kepala hingga menyentuh ujung sensor.
- Segera menyingkir dari alat pengukur namun dengan posisi alat masih menempel pada dinding (lebih mudah dilakukan dengan bantuan orang lain)
- Tekan tombol pengukur dan baca hasil angka dari layar LCD yang tertera pada alat.

 

2. GEA Manual Stature Meter

 

 

 

 

Cara Pemasangan

- Ditempelkan ke dinding dengan tinggi 2 meter dari bawah lantai

Cara Pemakaian

- Badan berdiri tegak dan merapat pada dinding, pastikan tidak ada yang menghalangi bagian kepala (topi atau aksesoris rambut lainnya) kemudian tarik alat dari atas menuju atas kepala.
- Baca hasil dari angka yang tertera pada alat.

 

Memiliki tinggi badan yang ideal tentu impian banyak orang, beberapa orang bahkan mengaitkan tinggi badan dengan tingkat percaya diri. Dimana mereka yang berbadan pendek cenderung merasa memiliki penampilan kurang menarik. Selain itu, tinggi badan juga kerap kali dikaitkan dengan persoalan karir. Sebab sejumlah instansi atau kantor diketahui selama ini mensyaratkan tinggi badan tertentu bagi para calon karyawannya.

 

Dengan adanya ketentuan seperti itu, kerap kali orang-orang yang memiliki badan pendek harus menempuh sejumlah cara cepat untuk bisa menambah tinggi badan. Tidak sedikit pula dari mereka tergoda dengan rayuan konsumsi suplemen atau obat penambah tinggi badan tanpa pendampingan dari dokter. Tindakan nekat seperti itu tentu memiliki konsekuensi atau efek samping yang kurang bagus untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya berikut kami rangkum beberapa hal yang dipercaya mampu menambah tinggi badan secara alami :

1. Atur Pola Makan

 

 

Biasakan untuk makan 3 kali dalam sehari dengan pola gizi seimbang dan ditambah 2 kali snack sehat, hal tersebut diyakini mampu menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Konsumsi juga makanan yang mengandung kalsium tinggi Tingkatkan asupan karbohidrat, protein dan kalsium dipercaya dapat menunjang pertumbuhan tulang terutama pada anak-anak.

 

2. Olahraga Teratur

 

 

Gerakan seperti menendang dan melompat bisa membuat otot serta tulang merasakan sensasi ditarik, sehingga merangsang pertumbuhan tulang kaki agar lebih panjang. Lakukan setiap hari selama 15 menit. Anda juga bisa menyisihkan waktu satu kali dalam seminggu untuk berenang. Olahraga air tersebut diyakini dapat melatih otot tungkai kaki. Dengan hentakan kaki yang berulang, akan menstimulasi pertumbuhan otot panjang.

 

3. Perbanyak Minum Air Putih

 

 

Air putih mengandung mineral yang mudah larut dan sangat cepat dicerna oleh tubuh. Sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari agar membantu proses metabolisme yang mempengaruhi pertumbuhan tubuh.

 

4. Tidur Dengan Cukup

 

 

Hormon pertumbuhan diproduksi ketika tubuh Anda sedang beristirahat atau tidur. Anda dianjurkan tidur minimal 7 jam permalam agar badan tumbuh dengan optimal. Tidur dengan teratur juga diyakini dapat membantu proses regenerasi sel dan jaringan tubuh. Perhatikan juga posisi tidur Anda, posisi tidur paling baik adalah tubuh telentang, yaitu wajah menghadap atas dengan kaki lurus tanpa memeluk guling, dan jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi.

 

5. Biasakan Tegak

 

 

Postur tubuh yang salah seperti berjalan dengan punggung membungkuk atau duduk dengan posisi bungkuk dapat membuat pertumbuhan tulang belakang Anda terganggu. Tulang punggung bisa jadi bengkok dan membuat Anda terlihat lebih pendek. Sebabnya selalu jaga postur tubuh Anda agar tetap tegak, baik pada saat berdiri, berjalan, maupun posisi duduk.

 

 

Kesimpulan

 

Mendapatkan tinggi badan yang ideal memang diperlukan waktu dan kesabaran yang cukup, mulailah dengan gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi yang mengandung vitamin D, protein, dan kalsium. Mengambil metode cepat dengan mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan penambah tinggi badan memang memberikan hasil yang menggiurkan, namun jangan lupakan akan efek samping dari suplemen yang Anda konsumsi. Selalu perhatikan dosis dan konsultasikan kepada dokter sebelum Anda memilih cara instan tersebut.