Ada banyak penyakit yang ditimbulkan dari Anda yang suka memakan makanan yang tidak diproses dengan benar. Maka dari itu sebaiknya makanan berikut ini sebaiknya diproses dengan di masak dengan kematangan yang sempurna.

Berikut ini makanan yang sebaiknya di masak dengan matang sempurna


1. Telur


Telur belum matang


Telur merupakan makanan sederhana yang mengandung banyak manfaatnya. Anda bisa menggorengnya atau merebusnya. Makan telur mentah misalnya dalam campuran jamu atau dimasak setengah matang diminati oleh banyak orang dengan alasan menjaga stamina dan kandungan nutrisinya jauh lebih baik ketimbang di masak dengan matang yang sempurna.

Telur mentah memang telah terbukti mengandung lebih banyak vitamin D, kolin, biotin, dan seng dibandingkan dengan telur yang dimasak, karena dengan memasak telur akan menghilangkan sebagian nutrisi.

Namun salah satu penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda makan telur mentah, kemungkinan Anda tidak dapat menyerap biotin yaitu vitamin B yang larut dalam air. Telur mentah juga dikaitkan dengan banyak risiko kesehatan. Salah satunya ialah telur mentah memiliki kemungkinan terkontaminasi dengan bakteri.

Bakteri yang paling umum ditemukan dalam telur adalah salmonella, sehingga jika Anda mengonsumsi kemungkinan akan menyebabkan keracunan makanan, dan menyebabkan efek buruk seperti diare, demam, kram perut, dan sakit kepala. Karena itu, dokter dan ahli gizi menyarankan untuk memasak telur sebelum dikonsumsi.

Untuk menghindari bakteri Salmonella, sebetulnya Anda cukup memastikan telur direbus hingga bagian putih dan kuning telurnya kenyal atau keras sempurna. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi telur setengah matang yang aman asalkan telur tersebut telah dipasteurisasi sebelumnya.


2. Ikan


Ikan Setengah matang


Siapa yang tidak tahu sushi dan sashimi. Makanan khas Jepang ini menjadi makanan yang sangat populer di dunia. Makanan ini terbuat dari nasi, sayuran seperti wortel, ikan mentah dan dilapisi dengan nori sungguh sangat nikmat dan banyak kandungan nutrisinya. Namun perlu Anda ketahui bahwa ikan mentah sangat tidak direkomendasikan terkait dengan banyaknya bakteri berbahaya yang masih bisa hidup pada ikan.

Selain bakteri, ikan mentah berisiko mengandung parasit yang membahayakan kesehatan. Parasit berupa cacing Anisakis sp dapat dijumpai di dalam daging ikan mentah. Jika tertelan oleh manusia, bisa menimbulkan penyakit anisakidosis yang ditandai dengan nyeri perut hebat, mual, muntah, dan diare.

Makan ikan mentah mungkin tidak akan memberi dampak yang signifikan pada orang sehat. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa membuat seseorang lebih berisiko saat makan ikan mentah, seperti mengalami penyakit, bahkan mengancam keselamatan jiwa.

orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah, ibu hamil, bayi, orang dengan masalah asam lambung, anak-anak, hingga lansia sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu sering agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit akibat masuknya bakteri dan parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui ikan mentah


3. Sayur-sayuran


Sayuran


Sayuran banyak sekali manfaatnya terutama sayuran mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik tubuh. Kebanyakan orang tidak mau memasaknya terlalu lama atau bahkan di makan dalam keadaan mentah agar nutrisinya tidak rusak sebagai akibat dari proses memasak. Namun apakah sayuran baik di makan dalam kondisi mentah?

Tanpa kita sadari, sayuran mentah yang kita beli dipegang oleh banyak sekali tangan manusia saat dipanen, didistribusikan, hingga dipilah oleh pihak penjual. Hal ini tentu membuat banyak sekali bakteri yang menempel pada sayuran tersebut.

Bakteri listeria salah satu contohnya, bakteri ini sangat lah berbahaya karena bisa menyebabkan keracunan makanan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri ini bertanggung jawab pada kematian 200 orang di seluruh dunia dalam setahun. Hal ini disebabkan oleh kemampuan bakteri ini untuk memasuki aliran darah, memproduksi racun, dan merusak sel-sel tubuh.

Sayuran yang sebaiknya tidak dimakan dalam keadaan mentah yaitu


1. Brokoli dan bunga kol
2. Kecambah
3. Terung
4. Asparagus
5. Kentang
6. Bayam


4. Daging Ayam


Daging Ayam Mentah


Hampir semua orang di dunia suka dengan daging ayam. Selain lembut dan gurih, ayam mengandung banyak sekali protein dan zat penting lainnya yang sangat bagus bagi kesehatan kita asal dalam porsi yang cukup.

Namun jika dimasak dengan tidak benar misalnya kurang matang akan berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi daging ayam yang belum matang bisa berbahaya, karena menyebabkan kontaminasi berbagai jenis bakteri atau virus yang bisa berbahaya.

Selain itu, di dalam tubuh ayam terdapat berbagai jenis bakteri, hingga parasit yang tetap hidup meski ayam sudah mati. Nah, salah satu cara untuk membuatnya aman dikonsumsi adalah dengan memasak hingga matang hingga membunuh berbagai organisme penyebab penyakit.

Penyakit yang bisa terjadi akibat Anda suka makan ayam yang belum matang adalah

• Tipes
• Sindrom Guillain-Barre
• Flu burung
• Masalah pada lambung