Jangan kehabisan dan membeli termometer pertama yang Anda lihat. Ada berbagai jenis dan Anda akan menginginkan jenis termometer terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Anda harus mempertimbangkan usia orang yang akan menggunakannya, anggaran dan keakuratan masing-masing perangkat. Untuk membantu Anda memilih termometer pilihan terbaik, berikut adalah ulasan mendalam tentang berbagai jenis termometer digital, dimulai dengan yang paling umum:

Termometer Digital (Fleksibel/Kaku)

Ketika orang berpikir tentang termometer digital, ini adalah yang mungkin muncul di kepala mereka. Ini adalah jenis termometer yang paling umum dan paling terjangkau atau yang sering orang sebut termometer ketiak. Perangkat ini menggunakan sensor panas untuk menentukan suhu tubuh Anda. Jenis termometer digital ini hadir dalam dua variasi dan tiga fungsi utama. Kedua variasi tersebut kaku dan fleksibel/Lentur. Dalam hal fungsi, Anda dapat menggunakan termometer ini di mulut, ketiak, dan anus.

 

Pro dan kontra
Termometer digital berfungsi untuk ketiga area (ketiak, mulut dan anus) dan tidak ada batasan dalam hal usia. Anda dapat menggunakannya untuk bayi, anak kecil, orang dewasa, dan orang tua.
Ini adalah jenis termometer yang paling akurat juga, itulah sebabnya sebagian besar fasilitas medis masih menggunakannya.
Untuk waktu pengukurannya setidaknya 10 detik atau lebih lama lagi sebelum mereka bisa mendapatkan hasil pengukuran suhu yang tepat. Ini berarti pasien harus diam beberapa saat untuk mendapatkan hasil yang akurat.

 

Termometer Kontak Dahi

Juga disebut termometer arteri temporal, ini menggunakan pemindai inframerah untuk mendapatkan suhu seseorang. Tidak seperti termometer tradisional, mereka tidak butuh waktu lama untuk membaca. Anda hanya perlu mengarahkan pemindai di bagian kanan dahi agar bisa berfungsi.

 

Pro dan kontra
Termometer yang digunakan pada dahi hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk mendapatkan pembacaan. Meskipun cepat, termometer ini akurat dan merupakan alternatif terbaik ketika Anda tidak dapat menggunakan termometer ketiak.
Salah satu komplikasi yang dapat mencegah keluarga membeli termometer dahi adalah harganya yang mahal. Termometer dahi secara signifikan lebih mahal daripada jenis termometer medis lainnya.

 

Termometer Kontak Telinga

Tympanic thermometers, atau juga disebut termometer telinga digital, adalah pilihan bagus ketika Anda harus membaca suhu bayi atau anak kecil. Termometer ini bekerja seperti termometer dahi di mana Anda harus memposisikan perangkat dan kemudian mengambil pemindaian inframerah cepat. Namun, kali ini perangkat harus masuk ke dalam telinga pasien.

 

Pro dan kontra
Seperti termometer dahi, perangkat ini bekerja dengan cepat. Ini membuatnya nyaman digunakan. Desainmya juga menjadikan jenis termometer ini terbaik untuk bayi berusia enam bulan ke atas.
Bagaimanapun, bahwa Anda tidak dapat menggunakan termometer telinga untuk orang-orang dengan saluran telinga melengkung atau yang memiliki terlalu banyak kotoran telinga. Bayi baru lahir juga tidak dapat menggunakan termometer jenis ini karena telinganya terlalu kecil.

 

Termometer Non Kontak

Termometer inframerah atau termometer non-kontak mendapatkan popularitas karena keunggulannya. Anda dapat mengukur suhu tubuh tanpa menempelkan perangkat ke kontak. Jadi, kemungkinan infeksi dan penyakit yang dapat dipindahtangankan secara otomatis berkurang. Untuk menggunakannya, Anda harus mengukur jarak sekitar satu inci dari dahi, selama sekitar satu detik. Kemudian akan menampilkan suhu di atas latar belakang dengan hijau jika pembacaannya normal atau latar belakang merah maka demam terdeteksi.

 

Pro dan kontra
Tidak hanya mengukur suhu pada tubuh, termometer Non Kontak juga dapat mengukur suhu ruangan dan benda/objek. Seperti termometer dahi, perangkat ini bekerja dengan cepat. Ini membuatnya nyaman digunakan. Untuk penggunaanya langsung diarahkan ke dahi tanpa kontak langsung dengan kulit sehingga risiko untuk infeksi berkurang
Karna perangkat yang multifungsi maka harga untuk termometer non kontak lebih mahal dibandingan dengan jenis termometer lainnya, ini artinya Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar untuk mendapatkan termometer Non-Kontak ini.