Tidur yang cukup memiliki segudang manfaat untuk tubuh dan mental. Yaitu



1. Meningkatkan kesehatan tubuh

Tahukah Anda jika tidur yang cukup bisa memengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah? Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal. Akibatnya, kita pun lebih rentan terserang diabetes. Selain itu tidur yang cukup dapat mengurangi risiko peyakit berbahaya seperti penyakit ginjal, stroke, hipertensi, hormon stres naik, dan penyakit berbahaya lainnya.

2. Menjaga berat badan

Bagi sebagian orang yang mengalami berat badan berlebih, tidur yang cukup bisa membantu mengurangi berat badan berlebih. Hal itu terjadi karena saat tidur, tubuh akan memroses dan menyimpan karbohidrat. Cara kerjanya adalah menjaga hormon ghrelin (rasa lapar) tidak meningkat dan hormon leptin tidak berkurang. Jadi untuk menghilangkan rasa lapar di malam hari yang berisiko berat badan bertambah, kedua hormon tersebut harus seimbang yang salah satunya bisa dibantu dengan tidur yang cukup.

3. Membantu perkembangan tubuh

Dengan tidur yang pas setiap hari, Hormon pertumbuhan yang sangat dibutuhkan untuk anak-anak serta remaja akan meningkat. Hormon ini yang membantu tinggi badan pada anak dan remaja. Membantu hormon pubertas serta kesuburan bisa juga didapatkan pada aktivitas ini.

4. Bergerak aktif di siang hari.

Tidur yang cukup membuat kita segar di pagi hari dan bisa bergerak aktif di siang hari. Orang yang kurang tidur, cenderung lebih lemas dan sulit untuk melakukan aktivitas di siang hari seperti sekolah dan bekerja. Kurang tidur satu jam atau dua jam juga membuat orang merasa seperti kurang tidur selama sehari.

5. Meningkatkan sistem imunitas

Tidur 8 jam sehari bagi orang dewasa, mampu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh kebal dari penyakit seperti penyakit dari virus dan bakteri. Jadi jangan kurang tidurnya jika tidak ingin mudah terserang penyakit.

6. Mempertajam daya ingat

Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat kita cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak kita memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

7. Membuat hati jadi lebih senang

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan suasana hati. Kurang istirahat dan tidur dapat membuat kamu menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat kamu terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan.

8. Panjang Umur

Walaupun Tuhan yang mengatur kematian seseorang, kita juga harus berusaha untuk tetap hidup salah satunya dengan tidur yang cukup. Lama dan kualitas tidur cukup berperan dalam memperpanjang umur. Terlalu banyak atau kurang tidur ternyata dapat dikaitkan dengan harapan hidup seseorang, meskipun hal ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti penyakit.

Fakta mengejutkan dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki 1,7 kali risiko kematian lebih cepat. Maka secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat tidur cukup bagi kesehatan adalah memanjangkan harapan hidup.

9. Terhindar dari kecelakaan atau cedera

Jika manusia kurang tidur, fokus dalam beraktivitas jadi berkurang yang akibatnya lebih berisiko mengalami kecelakaan atau cedera. Seperti Ibu yang terluka akibat kurang fokus saat mengiris bawang, atau sopir yang sedang mengendarai penumpang yang jika kurang tidur, fokusnya akan berkurang dan bisa membuat kecelakaan.


Sudah mengetahui manfaat tidur dan bahaya akibat kurang tidur. Maka jangan berpikir panjang untuk kurang tidur. Hentikan semua aktivitas di malam hari seperti masih memegang gadget.