Wabah Corona Covid-19 sampai saat ini masih terus menyebar dan menginfeksi banyak orang. Agar tidak terkena infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa alat yang bisa kita pakai untuk melindungi diri saat berpergian dan saat bekerja. Antisipasi untuk cegah virus corona, kita bisa pakai alat pelindung sebagai berikut.

Menggunakan Masker



Ada dua tipe masker yang bisa Anda gunakan untuk mencegah penularan virus corona yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker Bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Cara pakai masker yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar. Sementara sisi dalam berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi.

Masker N95 adalah jenis masker yang di rancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker ini yang sebenarnya lebih di rekomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona. Namun, masker ini tidak nyaman untuk digunakan. Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker N95 dan masker bedah, hindari menyentuh bagian depan masker. Karena bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun, agar tangan tetap bersih.

Hingga saat ini, hanya dua jenis masker tersebut yang disarankan kepada masyarakat. Namun di tengah wabah pandemi saat ini kedua jenis masker tersebut sangat susah ditemukan. Jika masker tersebut sudah tidak ada, Anda bisa memkai masker kain. Walaupun masker ini kurang efektif mencegah penularan covid-19. Sebab masker tersebut tidak bisa menahan percikan yang keluar dari mulut atau droplet sepenuhnya. Masker kain juga tidak mampu menahan partikel airbone atau partikel yang ada di udara. Masker kain ini bila dalam keadaan terpaksa bisa dipakai, tetapi tidak seefektif masker bedah. Penggunaan masker kain bisa digunakan atau dijadikan opsi terakhir apabila Anda tidak mendapatkan masker bedah. Sebelum memakai masker kain, pastikan masker sudah di cuci terlebih dahulu dengan detergen.

Menggunakan Tutup Wajah Plastik / Face Shield



Alat pelindung wajah berguna melindungi wajah dari risiko yang terjadi pada saat bekerja terutama untuk para tenaga medis dalam menangani pasien-pasien terinfeksi virus corona. Face Shield ini melindugi wajah dari percikan droplet lawan bicara. Sebab diyakini penyebran virus corona dari orang ke orang melalui percikan droplet. Namun, dalam kondisi saat ini alat pelindung diri sangat susah ditemukan. Alat pelindung diri yang langka membuat para tenaga kesehatan juga waswas dalam menjalankan tugas. Akhirnya masyarakat dari berbagai kalangan berinovasi membuat penutup wajah plastik dari bahan plastik mika untuk di sumbangkan ke tenaga medis sebagai bentuk solidaritas memerangi virus corona covid-19.

Sarung Tangan Untuk Tenaga Medis



Sarung tangan menjadi salah satu perlengkapan penting yang biasa digunakan dalam rumah sakit. Sarung tangan umumnya digunakan dalam tindakan medis. Banyak orang memakai sarung tangan dengan anggapan bahwa keamanan mereka lebih terjamin karena tidak harus bersentuhan langsung dengan barang-barang yang mungkin sudah dipegang oleh terjangkit covid-19. Pakar kesehatan mengatakan sarung tangan plastik / lateks tidak di rekomendasikan untuk masyarakat umum. Sarung tangan berguna bagi para petugas medis yang harus berurusan dengan cairan tubuh pasien sepanjang hari.

Sarung tangan memang bisa melindungi tangan dari kontak langsung dengan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus. Namun penggunaan yang salah justru meningkatkan risiko terkena virus. Karena virus akan bertahan lama di sarung tangan jika tidak segera dicuci. Kondisi ini justru meningkatkan risiko jika menyentuh atau makan dengan sarung tangan tersebut dan juga beresiko meneruskan ke orang lain. Kalaupun ingin tetap memakai sarung tangan saat bepergian, kamu tidak bisa memakainya sepanjang hari, tapi harus melepas setelah menyentuh sesuatu.

Menggunakan Penutup Kepala



Penutup kepala atau yang biasa disebut nurse cap merupakan pelindung kepala sekali pakai. Alat ini biasanya digunakan para medis melindungi rambut rontok pada saat melakukakan proses operasi. Nurse cap di desain dengan nyaman dan sempurna agar rambut tidak mudah keluar dan tidak tembus dari percikan air.

Saat bepergian keluar rumah atau saat hendak pergi bekerja di tengah kondisi covid-19 ini, mungkin saja cairan droplet menempel di helai rambut kita. Misalnya saat pergi bekerja menggunakan ojek online dengan memakai helm bekas dari penumpang-penumpang sebelumnya. Untuk menghindari penularan virus corona yang dapat bertahan di benda-benda mati seperti helm, ada baiknya kita menggunakan penutup kepala ini untuk menghindari penularan virus corona.


Pastikan kesehatan keluarga Anda tidak berisiko di tengah wabah covid-19 saat ini. Gunakan alat pelindung diri saat Anda bepergian dan selalu rajin mencuci tangan guna mencegah penularan covid-19.