Tidak semua manusia mampu berjalan seperti manusia normal lainnya. Secara global, ada 70 juta orang di dunia yang butuh kursi roda. Kini kursi roda sudah tersedia di mana saja dengan harga yang bervariatif. Sehingga orang yang tidak bisa melakukan hal-hal normal di sekolah, di taman, maupun di tempat umum lainnya akan terbantu dengan adanya kursi roda. Tergantung dari kondisi penyebabnya, seseorang mungkin membutuhkan pakai kursi roda hanya sementara atau selama hidupnya. Misalnya apabila seseorang mengalami patah tulang dan dianjurkan untuk tidak membebankan bagian kaki terlalu berat. Kemungkinan ia akan memerlukan kursi roda sampai kondisinya pulih kembali. Sementara itu, orang yang mengalami kelumpuhan total dari pinggang sampai kaki karena kecelakaan atau penyakit tertentu mungkin butuh alat bantu ini selamanya.



1. Kursi roda hanya untuk transportasi sementara

Kursi roda jenis ini dibuat untuk orang yang ingin berpindah tempat dalam jangka waktu terbatas. Jenis kursi beroda ini punya roda belakang yang ukurannya kecil dan tidak dapat digapai atau digerakkan sendiri oleh pengguna. Maka untuk mengoperasikannya harus dibantu oleh orang lain.
Jenis kursi roda ini umum Anda temui di kantor, pusat perbelanjaan besar, atau di rumah sakit, stasiun dan halte. Jenis kursi roda transportasi sementara ini umumnya bisa menampung berat hingga 135 kilogram.

2. Kursi roda manual standar

Kursi roda jenis ini memiliki roda belakang dengan ukuran besar. Selain itu velg atau peleknya didesain agar pengguna bisa menggenggam dan mendorong roda dengan kemampuannya sendiri.
  Alat bantu ini umum digunakan orang yang kondisi kedua tungkainya masih berfungsi cukup baik dan dapat dikendalikan. Misalnya oleh orang yang mengalami patah kaki sebagian dan sementara.

3. Kursi Roda Bariatric

Kursi roda ini adalah jenis manual yang khusus ditujukan untuk orang yang penderita obesitas. Alat bantu ini bentuknya lebih besar daripada jenis yang umum karena harus bisa menampung beban hingga 300 kilogram.

4. Kursi roda portabel

Alat bantu gerak berupa kursi beroda ini cenderung ringan (sekitar 11-15 kilogram) sehingga mudah dibawa-bawa. Kursi jenis ini cocok digunakan bagi mereka yang sering bepergian dan dapat diletakkan di dalam kendaraan.
Jenis kursi roda ini punya ciri-ciri roda belakang yang besar. Tujuannya agar pengguna bisa menggapai, memegang, dan mendorong sendiri atau didorong dengan baik. Alat bantu jenis ini biasanya dilapisi kain nilon, dan kadang alas duduknya tidak terlalu empuk.

5. Kursi roda sport

Ada jenis kursi beroda yang khusus dibuat untuk memudahkan manuver serta gerak tubuh saat berolahraga.

6. Kursi roda untuk anak-anak

Kursi roda anak untuk anak-anak umumnya memiliki rangka badan yang kecil, kursi yang tidak terlalu lebar, dan tidak terlalu tinggi. 

7. Kursi roda Tilt

Kursi roda jenis ini umumnya punya sandaran di atas kepala yang lebih tinggi. Ini bertujuan agar pengguna atau pasien nyaman saat menggunakan alat bantu ini berlama-lama.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merek dan jenis kursi roda yang bisa menjadi rekomendasi Anda untuk orang tua yang sulit berjalan, orang yang tidak bisa menggunakan kakinya akibat kecelakaan, atau anak yang mengalami penyakit cerebral palsy. Berikut ini saya punya 8 Rekomendasi kursi roda yang paling laris di Indonesia.

1. Kursi Roda Travel GEA FS868L




GEA FS868L Kursi Roda Semi Travel yang nyaman dan praktis, terbuat dari bahan material aluminium ringan, sehingga mudah dibawa ke mana saja, dengan sandaran tangan yang kuat dan lebar kursi 46cm mampu menopang berat badan maksimum 100 kg

2. Kursi Roda Travel Avico Arjuna




Kursi roda travel yang praktis dan ekonomis di gunakan untuk alat bantu jalan pada saat bepergian. Kerangka terbuat dari bahan baja serta desain yang praktis dan ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Dilengkapi dengan sandaran tangan yang kuat dengan lebar dudukan 44 cm mampu menopang berat beban maksimum 100 kg.

3. Kursi Roda Manual - Medipro Transcare




Merupakan Kursi roda manual ekonomis dengan finishing powder coating dan pijakan kaki terbuat dari plastik. Nyaman dan aman digunakan saat bepergian.
Memiliki fitur yaitu:

• Inner jok yang kuat diuji pada 350 lbs. per inci, bertahan dua kali lebih lama dari model yang sebanding
• Kunci roda dengan sistem sakelar, menghentikan roda dengan kuat
• Kapasitas 114 Kg dengan Lebar 16” dan 18” Untuk Ukuran Dewasa
• Ukuran Roda mag padat 24"
• Pelat kaki tahan lama dari bahan plastik terkuat
• Bentuk sandaran tangan Polyurethane
• Finishing frame dengan Powder Coating

4. Kursi Roda Multifungsi Serenity 609GCU 3in1




adalah kursi roda 3 in  1 yang praktis dan ekonomis, terbuat dari baja chrome, dan dapat diatur untuk sandaran sesuai dengan kenyamanan. Dapat digunakan untuk selonjoran, BAB. Kursi Roda 3 in 1 Serenity 609 GCU cocok untuk penggunaan pribadi, sangat bermanfaat bagi pasien / seseorang yang mengalami cedera atau kelumpuhan.
Kursi roda ini memiliki fitur yaitu:

• Bahan frame: foldable chromed steel frame
• Pegangan tangan dapat dilepas
• Ada rem (pada kedua sisi ban)
• Pijakan kaki dapat diselonjorkan
• Footrest: plastik
• Terdapat tempat untuk BAB

5. Kursi Roda Cerebral Palsy - Avico Jupiter CP




Merupakan alat bantu jalan yang digunakan untuk orang dengan gangguan gerakan, otot, atau postur yang disebabkan oleh cedera atau perkembangan abnormal pada otak. Penderita ini memiliki kondisi lain yang berkaitan dengan perkembangan otak, seperti cacat, masalah pendengaran, penglihatan atau kejang.
Kursi ini dirancang senyaman mungkin untuk penderita cerebral palsy, dengan sabuk pengaman sehingga pengguna tidak jatuh serta sandaran kepala dapat disesuaikan. Dilengkapi juga abductor/penyangga badan yang empuk yang berguna untuk memberikan lebih banyak keamanan dan stabilitas dalam posisi tegak.

6. Kursi Roda Reclining GEA FS 204BJQ




Merupakan kursi roda yang mengutamakan kenyamanan pengguna, dengan bantalan duduk, tangan dan kepala yang empuk sehingga nyaman untuk digunakan terutama untuk lansia. Kerangka terbuat dai lapisan baja dengan pelapis powder coating dapat bertahan lama dalam penggunaan, dilengkapi dengan sandaran tangan yang diberi bantalan yang cukup nyaman, dalam segi roda diberi ban velg racing yang menambah penampilan kursi roda menarik untuk dimiliki.
Kursi roda ini punya beberapa kelebihan yaitu:

- Rangka baja dengan pelapis powder coating
- Dapat disesuaikan kenyamanan pengguna naik turunnya sandaran
- Headrest yang bisa disesuaikan dan dilepas
- Bantal yang bisa dilepas
- Sudut kursi dapat disesuaikan
- Sandaran tangan yang disesuaikan tinggi
- Lebar tempat duduk: 46cm
- Muatan maksimum 150 kg

7.Kursi Roda Traveling + Rollator Kawamura Type AY




Kawamura Kursi Roda Jepang tipe AY adalah kursi roda berkualitas dengan desain yang praktis dan ekonomis dilengkapi rollator, terbuat dari material aluminium setara dengan aluminium bahan pesawat. cocok untuk penggunaan pribadi, karena terkenal dengan kekuatannya dan keawetannya yang tahan lama.
Dengan desain yang unik dan praktis, pengguna akan tetap bisa berjalan sendiri dengan rollator, namun jika butuh kursi roda dalam jarak lebih jauh, kursi roda ini dapat di dorong dengan bantuan orang lain.

8. Kursi Roda Jepang Reclining - Kawamura Type RR60




merupakan perpaduan antara tempat tidur dan kursi roda dengan sandaran yang nyaman sangat cocok digunakan pasien yang sudah tidak dapat berjalan secara total. Dengan desain yang praktis dan ekonomis, terbuat dari material aluminium setara dengan alluminun bahan pesawat. cocok untuk penggunaan pribadi, karena terkenal dengan kekuatannya dan keawetannya yang tahan