Banyak orang lupa menyisihkan waktu untuk makan, memilih menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam, sehingga jam tidur tidak lagi 7-8 jam per hari merupakan beberapa dari banyaknya contoh kebiasaan buruk bagi kesehatan Anda.

Untuk memiliki tubuh yang sehat ada banyak cara yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda, namun memang tidak mudah untuk mengubah gaya hidup yang tidak teratur menjadi gaya hidup sehat. Banyak kendala yang harus Anda hadapi ketika Anda berusaha untuk mencoba gaya hidup yang lebih sehat seperti rasa malas dan suka menyepelekan hal-hal yang penting. Oleh karena itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri Anda, dan jika sudah ada niat maka selanjutnya adalah memiliki kemauan, dengan begitu akan terwujudnya gaya hidup sehat yang Anda inginkan.

Ada 7 tips menjaga kesehatan agar hidup Anda lebih sehat yaitu:


1. Mengonsumsi air yang cukup


Tips Hidup Sehat


Air merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Tubuh kita membutuhkan air yang cukup untuk membantu menghilangkan racun di dalam tubuh, membawa nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh kita, dan dapat bertindak sebagai pengatur suhu tubuh dan detoksifikasi tubuh.

Kebutuhan air yang tercukupi juga membantu dalam kewaspadaan mental serta mempengaruhi tingkat energi kita.


2. Olahraga yang sederhana seperti berjalan


Dengan berjalan saja tubuh kita sudah mendapatkan manfaat yang luar biasa. Misalnya, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan energi, dan masih banyak lagi.

Dengan berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari saja, Anda dapat mencegah sakit nyeri sendi dan otot kaku. Jadi jangan malas untuk berjalan kaki.


3. Meditasi


Meditasi adalah salah satu cara yang tak kalah baiknya bagi tubuh kita. Sangat disarankan untuk bermeditasi setidaknya sekali sehari selama 30 menit karena dapat memperkuat daya ingat dan membantu tubuh agar tetap rileks.

Dengan meditasi, pikiran negatif yang dapat merusak tubuh dan menimbulkan stres berlebih bisa segera hilang serta dapat mengatur pola pernapasan Anda. Anda bisa memulai meditasi Anda sendiri atau dengan bimbingan ahli meditasi.


4. Menjadi lebih aktif


Tidak ada salahnya jika Anda menjadi lebih aktif dari sebelumnya dan bahkan baik untuk kesehatan serta bisa mengurangi risiko beberapa penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, dan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Dengan menjadi aktif Anda juga bisa menghilangkan stres, meningkatkan mood Anda, menjaga berat badan, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko terjatuh serta meningkatkan kognitif Anda yang sangat berguna di masa lansia Anda nanti.


5. Tidur yang cukup


Tidur memainkan peran penting dalam kesejahteraan hidup Anda. Tidur yang cukup dapat meningkatkan dan menjaga kualitas mental, kualitas fisik, kualitas hidup, dan kesejahteraan Anda.

Cobalah untuk tidak menunda sebuah pekerjaan dan menumpuknya menjadi pekerjaan di malam hari hingga Anda terpaksa untuk begadang. Lakukanlah sebuah pekerjaan sedikit demi sedikit hingga selesai sampai pada batas hari yang ditentukan supaya Anda tidak mencoba untuk begadang.

Kemudian cobalah untuk menghentikan kebiasaan bermain ponsel hingga larut malam seperti bermain game, melakukan obrolan dan bersosial media dengan alasan apa pun. Karena tidur Anda sangat berharga.


6. Tertawa


Bagi Anda yang belum tahu ternyata tertawa baik untuk kesehatan dan bisa setara dengan berolahraga. Dengan tertawa, Anda dapat meningkatkan kualitas jantung, merelakskan tubuh, dan melepaskan hormon endorfin untuk meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan dengan tertawa, Anda bisa menghilangkan rasa sakit tertentu untuk sementara waktu.

Jadi cobalah untuk mencari sesuatu yang lucu seperti menonton acara atau film komedi di televisi, mengobrol dengan orang yang humoris, atau mencari sesuatu yang lucu di sosial media untuk meningkatkan gaya hidup sehat Anda.


7. Berwisata lebih sering


Apakah Anda orang yang termasuk senang berjalan-jalan setelah suntuk bekerja atau sekolah selama sepekan? Berwisata dapat meningkatkan kebahagiaan serta rasa kepercayaan diri Anda, memberikan pengalaman dan kenangan baru yang tidak mungkin terlewatkan, dan yang pastinya bisa menghilangkan stres Anda.

Tidak perlu yang jauh-jauh asal dengan orang terdekat Anda seperti keluarga, sahabat, atau pasangan juga sudah cukup membuat Anda menjadi lebih sehat dan senang tanpa harus merogoh kocek yang lebih dalam.