Berikut ini adalah kemungkinan kondisi tubuh yang dapat disebabkan oleh pengaruh diabetes:

 

1. Jantung

Jantung

Memiliki Diabetes meningkatkan resiko untuk mengembangkan banyak masalah penyakit jantung, seperti nyeri dada, kadar kolesterol meningkat, penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Banyak dari gejala ini, mungkin dianggap masalah kecil bahkan diabaikan hingga muncul kondisi yang serius seperti serangan jantung atau stroke.

2. Pengelihatan

Mata

Diabetes tatap menjadi penyebab utama hilangnya penglihatan, misalnya glaukoma (kerusakan progresif pada saraf mata), katarak (kabut didalam lensa mata), dan retinopati diabetes (rabun pada malam hari / kehilangan pandangan secara tiba).

3. Kulit

Tangan

Diabetes dapat menyebabkan penyembuhan kulit yang terkena luka menjadi lama. Hal ini dapat mengakibatkan penderita diabetes lebih rentan terkena infeksi.

4. Gigi

Gigi

Peningkatan resiko sakit gusi dapat terjadi pada penderita diabetes. sakit gusi dapat menyebabkan gusi meradang dan akhirnya kehilangan gigi.

5. Ginjal

Ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu potensi penyebab komplikasi dari diabetes yang tidak terkontrol. Dan sayangnya, hal ini dapat berkembang selama beberapa tahun sebelum gejala yang serius muncul. Gejala termasuk pembengkakan pada kaki. Diabetes merupakan penyebab utama gagal ginjal pada orang dewasa.

6. Saraf

Saraf

Hampir 70 persen orang dengan diabetes akan akan menderita kerusakan saraf. Kadar gula darah yang tinggi dapat membahayakan saraf dan dapat mengembangkan terjadinya nueropati parifer diabetes (biasanya dimulai pada jari – jari kaki dan kaki) atau neurpati otonom (kerusakan saraf yang mengontrol organ internal)

7. Sistem percernaan

Diare

Dengan kerusakan saraf yang disebabkan oleh penyakit diabetes yang tidak terkontrol, dapat menimbulkan mual, sembelit, atau diare.

Diabetes dapat terkontrol dengan baik, dan terhindar dari penyakit komplikasi diatas bahkan dapat menghindarinya. Agar lebih dapat mengontrol diabetes Anda, pastikan untuk mengontrol kadar gula darah dengan obat atau melalui perubahan gaya hidup. Makan sehat, menurunkan berat badan. Atau mengikuti kegiatan kegiatan positif yang berhubungan dengan diabetes akan mambantu untuk mengontrol diabetes dengan benar.