Tandu ambulan atau stretcher merupakan salah satu alat kesehatan yang digunakan untuk memindahkan pasien yang sedang sakit atau mengalami cedera dari suatu tempat ke dalam ambulance. Kebanyakan orang tidak mengetahui atau jarang sekali melihat alat ini secara langsung kecuali ketika menemani kerabat atau seseorang yang harus dibawa menggunakan tandu ambulan menuju rumah sakit.

Kebanyakan orang mengetahui tandu hanya memiliki satu jenis, namun ternyata tandu memiliki berbagai jenis yang berbeda serta memiliki keunggulan masing-masing. Lalu, apa saja jenis-jenis tandu? dan keunggulannya masing-masing. Berikut merupakan penjelasan mengenai jenis-jenis tandu beserta kegunaannya.

6 Tips untuk Mengoperasikan Tandu

Jenis-Jenis Tandu

Tandu memiliki cukup banyak jenis dan bentuk yang berbeda. Tentunya, setiap jenisnya memiliki keunggulan masing-masing. Tandu ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galer! Med!ka, dengan berbagai jenis dan model yang dapat dipilih. Berikut merupakan jenis-jenis tandu yang paling umum ditemukan:

Tandu Lipat 2 + Roda GEA YDC 1A1 Foldaway Stretcher

1. Tandu Lipat (Folding Stretcher)

Tandu lipat ini memiliki bentuk yang memanjang dengan dua buah pegangan di kedua sisinya. Selain itu, terdapat juga lubang atau celah yang bisa digunakan untuk menjadi pegangan ketika mengangkat pasien. Folding Stretcher ini merupakan pilihan yang praktis karena tidak memakan tempat untuk menyimpannya yaitu hanya melipatnya menjadi bagian yang lebih kecil. Biasanya tandu jenis ini digunakan untuk membawa atlet yang cedera.

Kelebihan: Tandu lipat tidak memerlukan penyimpanan yang luas atau tidak memakan tempat. Namun, tandu jenis ini tidak bisa digunakan pada medan yang sulit dijangkau.

Ambulance Stretcher GEA YDC-3D02 Deluxe Tandu Darurat

2. Tandu Ambulan (Ambulance Stretcher)

Tandu ini merupakan jenis tandu yang digunakan untuk membawa pasien menggunakan ambulan menuju rumah sakit. Untuk menggunakan dalam pemindahan pasien, tandu ini hanya tinggal mendorong tanpa harus diangkat seperti tandu lipat. Hal tersebut karena, tandu ambulan dilengkapi dengan roda pada bagian bawah kaki nya sehingga memudahkan dalam pemindahan pasien. Selain itu, bagian kepala pada tandu ini dapat disesuaikan kemiringannya dengan kondisi pasien.

Kelebihan: Mudah dalam mengoperasikannya karena memiliki roda pada setiap bagian kakinya. Namun, tandu ini hanya bisa digunakan pada permukaan yang datar.

Tandu Skop GEA YDC 4C ABS Scoop Stretcher

3. Tandu Sekop (Scoop Stretcher)

Tandu jenis ini cukup berbeda dibandingkan jenis tandu lainnya yang memiliki alas datar, tandu ini memiliki alas berbentuk cekung sehingga membuat pasien yang ada di atas tandu menjadi lebih nyaman. Tandu ini dilengkapi dengan dua hingga tiga strap di tengahnya yang berfungsi untuk menahan posisi pasien pada tempatnya sehingga tidak terjatuh ketika sedang diangkat atau di evakuasi. Biasanya tandu ini digunakan untuk evakuasi atau penyelamatan korban bencana, dimana medannya cukup sulit.

Kelebihan:
Tandu ini bisa dipisahkan menjadi dua sehingga tidak perlu mengangkat pasien atau korban ke atas tandu.

Tandu Basket Serenity SR-B6B Folding Basket Stretcher

4. Tandu Basket (Basket Stretcher)

Tandu Basket memiliki bentuk seperti keranjang. Bagian sisinya lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan alasanya. Selain itu, tandu ini dilengkapi dengan beberapa strap yang berfungsi untuk menahan posisi pasien dan melindunginya ketika sedang dipindahkan. Tandu ini biasanya digunakan saat pencarian atau operasi penyelamatan korban pada medan yang sulit dijangkau.

Kelebihan: Tandu ini ringan dan bisa digunakan di medan yang sulit karena sekelilingnya dilengkapi dengan sisi yang melindungi. Namun, tandu jenis ini memiliki ukuran yang besar.

6 Tips untuk Mengoperasikan Tandu

5. Tandu Fleksibel (Reeves Stretcher)

Merupakan tandu yang terbuat dari papan kayu atau plastik dengan permukaan datar. Terdapat 6 celah di sekelilingnya sebagai pegangan untuk mengevakuasi korban. Sama seperti tandu basket, tandu jenis ini biasanya digunakan untuk memindahkan pasien dari tempat tinggi menggunakan tali yang dikaitkan pada bagian tandu.

Kelebihan: Tandu ini memiliki bentuk yang fleksibel sehingga dapat digunakan untuk mengevakuasi korban ditempat yang sempit atau terbatas.

Tandu memiliki cukup banyak jenis yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika membeli tandu pastikan untuk memilih yang sesuai dengan memperhatikan beberapa faktor seperti kemudahan, area, dan lainnya. Menggunakan tandu juga harus memperhatikan beberapa hal agar pasien lebih nyaman dan pemindahan lebih efisien.

Tips Menggunakan Tandu

1. Melakukan Perawatan

Memeriksa tandu secara rutin dapat mencegah kerusakan dan menghindari terjadinya kecelakaan seperti tandu berguling, atau roboh saat membawa pasien. Periksa tandu dengan benar seperti memastikan semua baut aman dan kencang, serta cek apakah ada kerusakan.

6 Tips untuk Mengoperasikan Tandu

2. Menggunakan Tandu sesuai Kapasitas

andu harus mampu menopang berat pasien serta peralatan medis yang diperlukan, sehingga pilihlah tandu sesuai kapasitasnya agar menghindari kerusakan

3. Gunakan Tandu pada Medan yang Sesuai

Terdapat beberapa jenis tandu yang digunakan pada medan yang berbeda. Misalnya gunakan tandu ambulan pada tempat yang datar dan rata, jika mencoba menggunakan ditempat yang banyak kerikil dan tidak rata, maka dapat menyebabkan cedera pada pasien.

4. Melatih Kerjasama Tim

Selain memperhatikan kondisi pasien, menggunakan tandu juga harus melatih kerja sama tim, karena pasien harus diangkat atau dipindahkan ke tandu. Gunakan teknik pemindahan yang tepat agar mengurangi resiko cedera pada pasien dan paramedis.

5. Mengunci Tandu pada Tempatnya

Ketika tandu ditempatkan di dalam ambulan, sangat penting untuk menggunakannya agar tandu tidak bergerak selama proses pemindahan.

6. Jangan Melepaskan Pegangan Tandu Sebelum Pemindahan Selesai

Pastikan ketika menggunakan tandu untuk mengangkat pasien selalu mempertahankan kendali penuh atas tandu sampai diserahkan pada anggota staf lain atau sampai terkunci pada tempatnya.

Tips tersebut harus diiringi dengan pelatihan yang tepat sehingga memungkinkan paramedis bisa memberikan perawatan medis darurat yang aman, lengkap, dan cepat. Selain itu, gunakanlah tandu sesuai dengan kapasitasnya agar pasien lebih nyaman dan terhindar dari cedera. Tandu ini bisa dibeli di Toko Galeri Medika secara langsung maupun online. Selain tandu, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://coastbiomed.com/2021/12/30/6-tips-for-using-a-medical-stretcher/
https://agmmedica.com/cara-menggunakan-stretcher-atau-tandu-darurat/
https://www.medicalogy.com/blog/inilah-lima-jenis-tandu-beserta-situasi-dan-kondisi-penggunaannya/