CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure merupakan sebuah alat kesehatan yang bekerja dengan memberikan aliran udara bertekanan ke saluran pernapasan untuk meringankan gejala sleep apnea. Sleep apnea sendiri merupakan masalah kesehatan dimana terjadinya henti napas saat tertidur selama beberapa saat sehingga membuat kualitas tidur jadi terganggu dan menyebabkan masalah kesehatan.

CPAP berfungsi untuk membuka saluran napas sehingga tidur menjadi lebih berkualitas dan terhindar dari masalah kesehatan. CPAP bekerja dengan mesin menyalurkan aliran udara ke saluran pernapasan melalui selang yang sudah tersambung dengan masker yang digunakan pada wajah. Menggunakan CPAP memang mudah, tetapi perlunya penyesuaian saat menggunakannya karena ketika pertama kali menggunakan akan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu perlunya penyesuaian agar bisa menggunakan dengan nyaman.

6 Tips Membiasakan Diri dengan Terapi CPAP

Tips Membiasakan Diri dengan CPAP

Untuk beberapa orang memulai terapi CPAP menjadi tantangan tersendiri karena harus menyesuaikan bagaimana tidur menggunakan masker, menyesuaikan dengan tekanan, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat diikuti untuk menggunakan CPAP menjadi lebih nyaman dan mudah membiasakan diri.

1. Latihan Menggunakan Mesin CPAP

Menggunakan mesin CPAP akan terasa membingungkan seperti melakukan hal baru sehingga dibutuhkan beberapa waktu untuk merasa nyaman dengan apa yang Kamu coba lakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri yaitu sering berlatih menggunakannya. Cobalah berlatih menggunakan mesin CPAP selama siang hari saat tidak tertidur, hal ini dapat membantu dalam menyesuaikan diri menggunakan masker CPAP di wajah dan menyesuaikan tekanan udara yang diberikan mesin.

Cobalah berlatih menggunakan mesin CPAP saat sedang melakukan aktivitas seperti membaca buku atau majalah, mendengarkan musik, bersantai, dan lainnya sehingga dalam beberapa waktu akan mulai terbiasa menggunakan mesin CPAP.

6 Tips Membiasakan Diri dengan Terapi CPAP

2. Selalu Berfikir Positif

Menjaga sikap positif saat memulai terapi CPAP sangatlah penting. Ketika merasa sulit menggunakannya, mengalami masalah, atau merasa tidak nyaman saat menggunakan masker cobalah untuk memotivasi diri sendiri atau dukungan orang lain dan berfikir positif bahwa hal tersebut akan berdampak baik terhadap kesehatan kedepannya. Jika memiliki pola pikir positif maka terapi CPAP pun akan memiliki kemungkinan berhasil yang cepat.

Cobalah menjaga pola pikir positif dengan cara Tulislah faktor-faktor yang memotivasi untuk memulai terapi CPAP pada awalnya dan lihat apakah merasa jauh lebih baik sepanjang hari dibandingkan tidak menggunakannya.

3. Bersikap Gigih

Menggunakan CPAP dengan rutin memang cukup sulit untuk dilakukan terutama ketika belum terbiasa oleh karena itu sangat perlu memiliki sikap gigih bahkan ketika dalam kondisi sulit. Jika sulit menggunakannya setiap hari, ketika pertama kali menggunakannya cobalah setiap dua malam sekali untuk memulai membiasakan diri.

6 Tips Membiasakan Diri dengan Terapi CPAP

4. Pastikan Menggunakan Masker yang Tepat

Masker yang dijual untuk CPAP memiliki cukup banyak varian dan model seperti digunakan untuk hidung saja atau masker full face yang digunakan pada seluruh wajah. Selain itu, terdapat banyak ukuran masker yang berbeda sehingga pengguna harus menyesuaikan ukurannya agar nyaman ketika menggunakannya. Memilih masker yang sesuai dan ukuran yang tepat maka terapi CPAP pun akan mudah terbiasanya.

5. Tingkatkan Secara Bertahap Jam Penggunaannya

Jika merasa kesulitan menggunakan mesin CPAP sepanjang malam maka perlu penyesuaian secara perlahan. Misal ketika awal menggunakan mesin CPAP hanya 30 menit pada malam pertama, lalu cobalah untuk lebih lama menggunakannya pada malam berikutnya. Hal ini dapat membantu menjadi lebih nyaman dan membantu meningkatkan jumlah jam penggunaan mesin setiap malam.

6. Siapkan Mesin CPAP Sebelum Tidur

Setelah beraktivitas sepanjang hari mungkin Kamu ingin langsung tidur tanpa menggunakan CPAP karena belum disiapkan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah selalu menyiapkan masker dan perangkat sehingga siap digunakan sebelum berencana untuk tidur. Hal yang perlu disiapkan adalah masker, pastikan selang sudah terhubung dengan mesin, dan jangan lupa isi Humidifier dengan air destilasi.

6 Tips Membiasakan Diri dengan Terapi CPAP

Humidifier pada mesin CPAP ini bermanfaat untuk membuat saluran pernapasan tetap lembab, karena ada beberapa pengguna yang melaporkan iritasi di hidung dan tenggorokan mereka ketika menggunakan CPAP. Humidifier pada CPAP dapat menambahkan air ke udara yang terkompresi untuk meningkatkan kelembaban dan membuat pernapasan saat menggunakan perangkat CPAP jadi lebih nyaman. Air yang digunakan pun tidak sembarangan karena berhubungan langsung dengan saluran pernapasan.

Jenis Air yang digunakan untuk Mesin CPAP

Mesin CPAP tidak boleh menggunakan air keran karena air tersebut mengandung endapan mineral dan bahan kimia yang dapat merusak mesin atau menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berbahaya jika terhirup ketika masuk bersama aliran udara. Berikut merupakan air yang baik digunakan untuk mesin CPAP:

  • Air Murni: Sebagian besar air botol adalah air murni yang sudah difilter untuk menghilangkan bahan kimia, meskipun beberapa masih memiliki kandungan mineral. Ada beberapa merk terbaik yang sudah difilter tanpa bahan kimia dan kandungan mineral.
  • Mata Air: Umumnya air ini memiliki kandungan mineral, namun mata air ini secara alami disaring di bawah tanah.
  • Air Destilasi: Dianggap sebagai bentuk paling murni dari air botol, air destilasi diproduksi dengan cara mendidihkan air dan kemudian mengembalikan uap menjadi bentuk cair.
6 Tips Membiasakan Diri dengan Terapi CPAP

Air destilasi merupakan pilihan terbaik untuk digunakan pada mesin CPAP karena bebas dari mineral, bahan kimia, dan bakteri. Menggunakan jenis air yang salah dalam humidifier CPAP dapat menyebabkan penumpukan mineral atau pertumbuhan bakteri. Hal tersebut juga dapat mengiritasi saluran udara Anda atau menyebabkan mesin atau komponennya rusak.

Nah, itulah beberapa tips dalam menggunakan CPAP menjadi lebih nyaman dan mudah untuk terbiasa sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Mesin CPAP ini dapat dibeli di Galeri Medika. Selain CPAP, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.resmed.com.au/blog/how-to-get-used-to-a-cpap-machine
https://www.sleepfoundation.org/cpap/should-you-use-distilled-water-for-a-cpap-machine