Tindakan yang harus menggunakan sarung tangan steril seperti penanganan pasien yang mendapati luka terbuka atau luka parah yang harus mendapatkan pertolongan pertama, pemasangan kateter, membantu proses persalinan, tindakan operasi pada pasien, dan masih banyak lagi.

Sarung tangan medis ada yang steril dan tidak steril dan berikut 6 rekomendasi sarung tangan baik steril maupun non steril untuk keperluan medis


Sarung tangan steril


Sarung tangan steril digunakan dalam penanganan medis seperti:


• persalinan pervaginam,
• prosedur radiologi invasif,
• melakukan akses dan prosedur (central lines) pembuluh darah,
• mempersiapkan nutrisi parenteral total dan agen kemoterapi.


Tujuan dari penggunaan sarung tangan steril adalah agar tidak ada mikroorganisme yang hidup dai sarung tangan tersebut yang mana bisa berbahaya jika mikroorganisme berpindah ke tubuh pasien.
Berikut ini beberapa merek sarung tangan steril yang banyak digunakan dalam kebutuhan medis


1. Sarung tangan steril GEA




Sarung tangan steril ini akan tetap steril jika kemasannya tidak dibuka. Sarung tangan steril ini juga berbahan dasar lateks dengan 1 box berisikan 100 buah yang dikemas menjadi 50 pasang. Sehingga cocok untuk keperluan medis. Ukuran yang tersedia adalah ukuran 6, 6.5, 7, 7.5, dan 8.


2. Sarung tangan steril serenity




Sarung tangan ini merupakan sarung tangan untuk keperluan bedah dan operasi, digunakan oleh tenaga medis pada ruangan yang bersih. Produk sarung tangan steril Serenity telah lulus uji Keamanan dan Kontrol Kualitas: ISO 9001, ISO 13485, dan sertifikasi CE. Terbuat dari bahan latex karet alami yang nyaman digunakan dan bentuknya sesuai dengan anatomi. Barang ini diproduksi sesuai dengan standar EN 455/ASTM D 3577 dan disterilkan dengan Gamma Irradiation. 1 box Sarung tangan Steril Serenity berisi 100 buah yang dibagi menjadi 50 pasang.


3. Sarung tangan steril MPM




Sarung tangan steril MPM merupakan sarung tangan untuk keperluan bedah dan operasi, digunakan oleh tenaga medis pada ruangan yang bersih. Produk sarung tangan steril MPM juga telah lulus uji Keamanan dan Kontrol Kualitas. 1 box Sarung tangan Steril MPM berisi 100 buah yang dibagi menjadi 50 pasang. Terbuat dari bahan lateks karet alami yang nyaman dan aman di kulit tangan. Bentuk sarung tangan disesuaikan dengan anatomi, disterilkan dengan menggunakan Gamma Irradiation.


Sarung tangan non steril


Sarung tangan non steril bisa digunakan ketika bersentuhan langsung dengan bagian pada diri pasien atau pun secara tidak langsung seperti


• kontak dengan darah
• kontak dengan selaput lendir dan kulit yang tidak utuh
• kehadiran potensial organisme yang sangat menular dan berbahaya
• epidemi atau darurat situasi
• insersi IV dan pengambilan
• menggambar darah; penghentian garis vena
• pemeriksaan panggul dan vagina
• mengosongkan cekungan/basin emesis
• pembersihan instrumen
• penanganan limbah
• membersihkan tumpahan cairan tubuh.


Berikut ini beberapa merek sarung tangan non steril yang banyak digunakan dalam kebutuhan medis


1. Sarung tangan non Sensi Latex Examination Gloves




Sarung tangan ini berisikan 60 buah yang bisa digunakan untuk 30 pasang. Tersedia ukuran S dan berbahan dasar karet lateks.


2. Sarung tangan safe glove




Sarung tangan disposable ini dengan bedak (prepowdered) dan memiliki ukuran M dan L, serta memiliki NOMOR IZIN EDAR: AKL 10903312488. 1 boks berisikan 100 buah yang bisa dibagi menjadi 50 pasang.


3. Sarung tangan sensi gloves




Sarung Tangan Sensi Gloves adalah sarung tangan non-steril yang terbuat dari bahan latex berkualitas sehingga memiliki tingkat elastisitas yang baik dan tidak mudah robek. Dapat digunakan pada bidang kedokteran (dipakai oleh dokter atau bidan di rumah sakit), ataupun digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti usaha makanan agar lebih higienis. Tersedia dengan ukuran S, M, dan L dan 1 boks berisikan 100 buah untuk 50 pasang.


Cara menggunakan dan melepaskan sarung tangan yang benar


Cara Memakai : Ambil sarung tangan dari kotak dengan menyentuh bagian luar pergelangan sarung tangan dan masukkan tangan.

Cara Melepaskan : Tarik bagian pergelangan sarung tangan tanpa menyentuh kulit sambil digulung dan di pegang oleh tangan sebelahnya. Kemudian masukkan jari ke dalam pergelangan sarung tangan kedua sambil menggulung keluar bersama sarung tangan pertama.