Mesin TENS merupakan perangkat kecil yang dioperasikan dengan baterai dan ujungnya terhubung ke bantalan yang lengket yang disebut dengan elektroda.

Anda dapat memasang bantalannya langsung ke kulit Anda. Ketika mesin dihidupkan, impuls listrik kecil dikirim ke sekitar area tubuh Anda yang ditempelkan bantalan tersebut, yang Anda rasakan sebagai sensasi kesemutan.

Impuls listrik dapat mengurangi sinyal rasa sakit ke sumsum tulang belakang dan otak, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengendurkan otot. Mereka juga dapat merangsang produksi endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami tubuh.

TENS dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kejang otot yang disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk:


• Radang sendi
• Nyeri haid
• Nyeri panggul yang disebabkan oleh endometriosis
• Sakit lutut
• Sakit leher
• Sakit punggung
• Cedera pada saat atau setelah olahraga
• Ini juga terkadang bisa digunakan sebagai metode penghilang rasa sakit selama persalinan.


Ada berbagai macam produk TENS yang beredar di pasaran. Berikut ini 4 rekomendasi alat TENS dan EMS yang terbaik di pasaran.


1. Omron HV-F013 Electric Pulse Massager




Omron HV-F013 Merupakan alat pijat elektrik TENS yang berukuran saku yang menargetkan dan mengurangi nyeri otot dan sendi dengan 5 mode pijatan. Dengan alat yang cukup kecil tentunya Anda bisa membawanya ke mana saja dan kapan saja yang Anda mau. Bantalan yang tahan lama serta dapat dicuci. Dapat digunakan kembali hingga 150 kali serta bisa beli bantalannya saja sebagai pengganti ketika bantalan tidak merekat lagi dengan sempurna.


2. Jumper JPD-ES200 TENS - Alat Pijat Elektrik




Jumper JPD-ES200 TENS adalah alat pijat elektrik penggunaan perangkat TENS terapi mini yang membantu untuk mengurangi rasa sakit setelah atau selama bekerja, Anda juga dapat menggunakan perangkat terapi mini TENS ini untuk mengobati dan mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan kekakuan tubuh Anda.


3. Omron HV-F021 - Electronic Pulse Massager




Desain yang simpel dan mudah dalam penggunaannya membuat Alat terapi pijat Omron TENS HV-F021 sempurna untuk meredakan area nyeri tertentu di mana pun Anda berada.
Desain yang ramping dan cukup kecil, myaman digenggam, mudah digunakan dan bisa digunakan di mana pun Anda berada, serta pengoperasian yang mudah. Jenis perawatan yang dipilih akan tampil dalam layar LCD yang cukup besar. Bantalannya juga tahan lama dan dapat dicuci dan dipakai kembali hingga 150 kali pemakaian.


4. Beurer EM 49 Alat Stimulasi Saraf 2 Channel




Beurer EM49/ EM 49 adalah alat stimulasi saraf 2 Channel yaitu EMS dan TENS dan memiliki 64 aplikasi yang terprogram. Alat ini memiliki 6 program yang dapat diatur untuk menyesuaikan frekuensi, dan waktu on / off.


5. Pijat Eletrik TENS MD 6078




Alat pijat Laica MD 6078 bekerja sebagai elektrostimulator dalam memberikan terapi fisik yang efektif, menjaga kebugaran dan relaksasi. Alat pijat Laica MD 6078 memiliki berbagai fungsi pra-program untuk meningkatkan manfaat tubuh. Alat Pijat laica MD 6078 juga tersedia pada stimulasi listrik frekuensi rendah yang menghasilkan mekanis kontraksi otot.


6. Beurer EM 80 3-in-1 Digital TENS/EMS




Beurer EM 80 3-in1 Merupakan pilihan yang tepat untuk terapi nyeri dan stimulasi otot. Memiliki 8 elektroda dan 4 saluran yang dapat disesuaikan secara terpisah.