Pada wanita, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya yang mengalami siklus estrus.

Meskipun Anda sering mengalami menstruasi, Anda tahu bahwa masing-masing menstruasi dapat sama menekan dan sakit. Tetapi Anda tidak harus menderita dalam keheningan ada banyak solusi yang dapat membantu mengurangi nyeri haid dan membuat Anda bisa menjalankan aktivitas biasanya.

Berikut adalah 6 solusi terbaik kami yang mungkin mengubah dunia Anda kembali tegak selama periode Anda.



1. Atasi rasa sakit Anda dengan terapi panas

Mengoleskan krim panas ke perut atau punggung dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan dapat meredakan rasa sakit selama haid. Penelitian menunjukkan bahwa itu membantu untuk merelakskan dinding rahim dan pembuluh darah di daerah tersebut, sehingga meningkatkan aliran darah ke rahim.

Salah satu contoh terapi panas adalah mengoleskan krim panas efektif yang terbukti secara klinis yang meredakan nyeri kram secara alami. Anda dapat membelinya di apotek. Atau Anda bisa membeli koyo khusus penderita nyeri haid.

Ada juga terapi panas buatan sendiri yang dapat Anda gunakan, seperti bantal pemanas, kompres hangat, atau bahkan botol air hangat yang terbuat dari karet dengan cara yang benar mampu meredakan nyeri haid. Semua alat tersebut bisa Anda dapatkan di toko alat kesehatan atau beli secara online.

2. Lakukan pijatan lembut dan menenangkan

Jika Anda punya waktu, melakukan pijatan dapat membantu mengatasi rasa sakit. Anda mungkin sudah merasakan sakit di seluruh tubuh, jadi pijatan mungkin adalah obat yang tepat untuk meredakan ketegangan otot.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak melakukan pijatan yang terlalu kuat karena dapat memperburuk rasa sakit Anda sehingga membuat Anda merasa lebih sakit dari sebelumnya. Pijat yang lembut dan menenangkan bila perlu ditambahkan minyak pijat, atau minta bantuan pasangan, anggota keluarga, atau teman Anda untuk dipijat dengan lembut.

3. Lakukan olahraga aerobik secara teratur

Berolahraga melepaskan hormon endorfin, yang menyebabkan kontraksi otot dan meningkatkan stres. Langkah ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan juga meningkatkan mood Anda.

Jenis olahraga yang paling efektif untuk menghilangkan rasa sakit adalah olahraga aerobik, yang meningkatkan detak jantung Anda. Namun jika itu dirasa terlalu berat, cobalah berlari atau bersepeda setidaknya selama 30 menit sehari dan Anda akan merasa lebih baik dalam waktu singkat.

4. Hindari minuman mengandung kafein dan beralkohol

Minum minuman mengandung kafein dan beralkohol selama menstruasi dapat membuat rasa sakit Anda jauh lebih buruk. Sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghentikan sejenak minum kopi, teh, alkohol, dan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein dan alkohol ketika Anda sedang haid.

Jika Anda menyukai teh, Anda bisa mencoba meminum teh herbal, tetapi tentu saja, cairan terbaik untuk tubuh Anda adalah air putih. Sebagai tambahan, menjauhlah dari makanan yang mengandung banyak garam, karena itu menyebabkan kembung dan retensi air, yang dapat memperburuk rasa sakit Anda.

5. Jangan takut berkonsultasi dengan dokter

Kram menstruasi adalah rasa sakit yang nyata dan Anda tidak boleh malu untuk berkonsultasi dengan dokter jika rasa sakit sangat tak tertahankan atau mengganggu aktivitas keseharian Anda. Ada banyak obat yang dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit dengan cepat dan efektif.

6. Konsumsi obat pereda nyeri

Ketika Anda merasakan kram perut yang tidak tertahankan, Anda boleh mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Tapi ingat, baca dulu aturan pakainya. Jika Anda ragu, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat diberikan obat dan dosis yang sesuai.
Kram perut saat haid merupakan hal yang normal. Namun jika kram perut saat menstruasi terasa sangat parah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya masalah kesehatan, seperti endometriosis, penyakit radang panggul, dan fibroid rahim.

Kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengurangi kram saat menstruasi. Namun jika kram perut yang kamu alami terasa sangat berat, datang secara tiba-tiba, disertai demam, terdapat gumpalan darah dalam jumlah banyak, atau keluar cairan vagina yang kental dan berbau busuk, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

Jangan sampai menganggap bahwa periode menstruasi yang menyakitkan adalah normal, dan Anda pasti mampu melaluinya baik cepat maupun lambat tanpa adanya upaya untuk menghilangkan rasa sakit. Anda yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa sakitnya jauh lebih baik ketimbang hanya mengeluh merasakan kesakitan namun tidak melakukan upaya apa pun untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit nyeri haid.