Stetoskop (dalam bahasa Yunani: stethos, dada dan skopeein, memeriksa) adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Dipergunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan, dapat pula untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan "vein". Tanpa adanya stetoskop pemeriksaan menyeluruh terhadap tubuh pasien tidak dapat memberikan hasil yang akurat. Sebabnya sebagian besar rumah sakit membutuhkan perawat yang telah memiliki stetoskop sendiri.

Untuk mendapatkan stetoskop terbaik Anda tentu diharuskan sedikit berinvestasi. Jangan pikirkan dana yang harus Anda keluarkan, tapi berpikir manfaat jangka panjang yang akan Anda dapatkan. Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan bila berinvestasi pada stetoskop terbaik :

• Kenyamanan

Stetoskop dengan harga murah tentu memiliki banyak kekurangan terutama tidak mampu memberikan kenyamanan pada telinga Anda. Ujungnya yang keras mungkin dapat menyakiti telinga Anda dalam jangka panjang. Perhatikan bahwa stetoskop yang Anda beli terasa nyaman ketika digunakan, tidak menyulitkan ketika pasien membutuhkan Anda untuk segera ditangani.

• Kualitas

Harga memang tidak pernah berbohong. Stetoskop dengan harga miring tentu memiliki kualitas yang tidak terlalu baik, berbeda bila Anda mengedepankan kualitas disamping harga. Selain produk yang bagus, stetoskop berkualitas tentu bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan mungkin seumur hidup! Jangan lupakan bahwa Anda mungkin saja tidak dapat melakukan auskultasi yang tepat jika stetoskop Anda tidak dapat memberikan kualitas suara yang baik.

Jadi, stetoskop seperti apa yang harus saya beli?

 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah stetoskop pastikan Anda sudah tahu jenis stetoskop yang diperlukan, khususnya haruslah sesuai dengan bidang yang Anda tangani. Untuk membantu Anda perhatikan beberapa jenis stetoskop berikut :

 

1. Berdasarkan Jenis Kepala

Stetoskop Single-Head
Stetoskop single-head dikenal dengan suara frekuensi yang jelas dan lebar. Hal ini memungkinkan pengguna fokus terhadap suara frekuensi tinggi atau rendah. Biasanya dianjurkan untuk dokter umum guna memeriksa tanda-tanda vital dan auskultasi paru. Jenis ini juga lebih disukai untuk memeriksa bunyi jantung dasar.

Stetoskop Dual-Head
Stetoskop dual-head lebih fleksibel digunakan daripada stetoskop single head. Jenis ini terdiri dari dua kepala - diafragma dan bel. Diafragma adalah bagian datar kepala stetoskop yang bekerja sangat baik untuk menghasilkan suara frekuensi tinggi. Sementara bel adalah bagian kepala stetoskop yang berbentuk seperti cangkir, bekerja sangat baik menghasilkan suara frekuensi rendah.

Stetoskop Triple Head
Stetoskop triple-head dirancang khusus agar secara akurat dapat mendengar dan menilai suara jantung yang kritis. Harganya cukup mahal dan bobotnya relatif berat, sehingga biasanya hanya digunakan untuk pemeriksaan jantung kritis.

 

2. Berdasarkan Penggunaan

Stetoskop Kardiologi
Stetoskop kardiologi dirancang untuk pemeriksaan jantung. Stetoskop jenis ini memiliki kualitas suara yang luar biasa jernih sehingga memberikan kemudahan dalam membedakan apabila ada suara jantung yang berbeda.

Stetoskop Pediatrik
Stetoskop pediatrik mirip dengan stetoskop klasik hanya berbeda satu fitur yaitu potongan kepala stetoskop lebih kecil dari stetoskop standar. Bagian bel kepala berdiameter satu inci dan diafragma berkontur khusus untuk pemeriksaan pasien anak.

Stetoskop Bayi
Hampir sama seperti stetoskop pediatrik, stetoskop bayi juga memiliki potongan kepala yang kecil. Bagian bel pada kepala stetoskop berdiameter ¾ inci. Bagian kepalanya ringan dan berkontur yang memudahkan pemeriksaan pada bayi yang baru lahir dan balita.

 

5 Stetoskop Terbaik untuk Perawat dan Pemula

Berikut kami rekomendasikan lima stetoskop terbaik yang bisa menjadi opsi pilihan Anda :

 

1. Stetoskop Erkaphon Finess Duo Anak dan Bayi

 

 

 

Duo Erkaphon memiliki potongan dada ganda yang reversibel. Sisi bel yang terbuka dirancang khusus untuk frekuensi rendah dan sisi membran untuk keseluruhan spektrum frekuensi. Kisaran aplikasinya universal serta konstruksi kompak yang tahan lama menjadikan Erkaphon ini sebagai pendamping yang andal dalam praktik medis sehari-hari Anda.


MEMBRANE
Selaput cembung memberikan resonansi dan transmisi suara yang sangat baik.

CHEST-PIECE
Double chest piece D= 33 & 21,3mm, brass chrome plated, dual tube Berlapis kromium untuk permukaan yang tidak berpori, bagian dada berlapis kuningan memastikan kebersihan permukaan yang higienis.

BINURAL
Standar 15 dapat disesuaikan secara individual dengan karakteristik saluran telinga pengguna. Headset yang disesuaikan secara ergonomis dan disesuaikan secara individual menjamin kecocokan yang optimal.

TIPS EAR
Tip telinga yang lembut sangat nyaman ketika masuk ke saluran telinga dan dengan demikian meminimalkan masuknya suara luar yang mengganggu konsentrasi Anda. Tersedia pula pilihan warna cerah yang pastinya disukai pasien anak.

2. Stetoskop Erka Sensitive Dual Membran

 

 

Stetoskop Erka Sensitive Dual Membran merupakan stetoskop kualitas tinggi untuk keperluan diagnosa jantung dari merek ERKA Jerman yang sudah terkenal sejak 1889. Stetoskop cardiology ERKA ini menggunakan teknologi dual membran single sided di mana chestpiece yang terbuat dari bahan chrome dilapisi kuningan dilapisi ujung telinga silikon super lembut. Jenis stetoskop ERKA ini dinilai memiliki performa 10.


FITUR UTAMA
Membran : Desain stetoskop yang merupakan bagian dari ERKA, dual membran memberikan ruang resonansi tambahan untuk mengoptimalkan kualitas suara yang dihasilkan.

CHEST-PIECE
Chest piece D= 52mm, brass chrome plated, dual tube. Terbuat dari bahan krom dengan permukaan tanpa pori, bagian dada dari bahan kuningan menjamin higienitas permukaan stetoskop yang lebih baik.

SRING DAN TUBE
Ada dua saluran yang terpasang secara paralel di tali stetoskop. Halida gangguan suara dari masing - masing tube stetoskop yang menempel pada telinga. Dengan per terpisah pada tabung, tidak akan terjadi kondisi kehilangan suara dari chest piece ke telinga.

TIPS EAR
Didesain secara ergonomis, tips telinga super lembut memberikan hasil suara yang maksimal serta mengurangi kebisingan dan efisiensi kenyamanan dan pas saat digunakan.

BINURAL
Yang disesuaikan dengan kondisi masing - masing liang telinga pengguna.

3. Stetoskop Erka Classic Dual Membran

 

 

Stetoskop Erka Classic Dual Membran merupakan stetoskop berkualitas tinggi dengan membran ganda memberikan auskultasi optimal selama rentang frekuensi. Bahan krom yang dilapiri kuningan memberikan hasil pengukuran yang lebih higienis.


Fitur produk
- Cardiology, the reference starndar of ausculation
- Dual membrane sides, dual duct tube
- Chrome platted brass
- Silicone ring
- Wide diameter 44mm
- Super soft silicone ear tip
- Weight 227 grams


Detail produk

SELAPUT
Dual-membran memungkinkan untuk ruang resonansi tambahan yang mengoptimalkan suara.

CHEST-PIECE
Chest piece D= 52mm, brass chrome plated, single tube Colours tube Berlapis kromium untuk permukaan yang tidak berpori, dilapisi kuningan pada chest piece memastikan kebersihan permukaan yang sempurna.

SPRING & TUBE
Dua saluran internal berjalan paralel di tabung stetoskop. Ini mencegah gesekan suara yang disebabkan oleh dua tabung terpisah. Melalui pegas yang terintegrasi secara terpisah di dalam tabung, memastikan suara lebih jernih dari bagian dada sampai ke telinga.

BINURAL
Standar 15 dapat disesuaikan secara individual dengan karakteristik saluran telinga pengguna.

TIPS EAR
Bantalan telinga super lembut yang dirancang secara ergonomis menciptakan segel akustik yang hebat melawan gangguan suara eksternal dan memaksimalkan kenyamanan dan kecocokan pemakainya.

4. Stetoskop Erka Erkaphon Teaching

 

 

Stetoskop ERKA Erkaphon Twin Pengajaran buatan Jerman ini biasa digunakan untuk belajar. Dengan dual headset, pengajar dan siswa / mahasiswa bisa latihan menggunakan stetoskop ini secara bersamaan-sama. Stetoskop ini juga memiliki kualitas performa yang cukup baik (8).


SELAPUT
Dual-membran memungkinkan untuk ruang resonansi tambahan yang mengoptimalkan suara.

CHEST-PIECE
Stethoscope with double chest piece, D= 47mm, brass chrome plated, 2 binaurals, standard tubes. Berlapis kromium untuk permukaan yang tidak berpori, bagian dada berlapis kuningan memastikan kebersihan permukaan yang higienis. Potongan dada ganda reversibel memiliki sisi bel terbuka untuk frekuensi rendah dan sisi membran untuk keseluruhan spektrum frekuensi.

SPRING & TUBE
Dua saluran internal berjalan paralel di tabung stetoskop. Ini mencegah gesekan suara yang disebabkan oleh dua tabung terpisah. Melalui pegas yang terintegrasi secara terpisah di dalam tabung, tidak ada kehilangan akustik dari bagian dada sampai ke telinga.

BINURAL
Standar 15 cenderung binur dapat disesuaikan secara individual dengan karakteristik saluran telinga pengguna.

TIPS EAR
Kiat telinga super lembut yang dirancang secara ergonomis menciptakan segel akustik yang hebat melawan gangguan suara eksternal dan memaksimalkan kenyamanan dan kecocokan pemakainya.

5. Stetoskop Riester Duplex

 

 

Stetoskop Riester Duplex adalah stetoskop buatan Jerman dengan tampilan yang elegan dan ringan. Stetoskop Riester memiliki akustik yang jelas dan sensitif sehingga cocok digunakan oleh tenaga medis profesional seperti dokter dan perawat.


FITUR PRODUK
- Sistem akustik yang inovatif dengan auskultasi luar biasa untuk semua rentang frekuensi.
- Bagian dada ganda presisi terbuat dari stainless steel atau akumunium
- Membran khusus untuk akustik yang presisi, Ø 44 mm (1,7 in), dengan pelek baru non-dingin untuk meningkatkan kenyamanan pada kulit.
- Binaural yang berbentuk anatomis dengan pegas berganda internal untuk menyesuaikan tekanan kontak.

 

Tips Tambahan Pemilihan Stetoskop

Semakin lama stetoskop digunakan, maka semakin tidak sensitif suara yang diamplifikasi. Stetoskop dengan kualitas terbaik sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang, namun selalu ingat untuk memeriksa secara rutin kualitas suara yang dihasilkan. Jika dirasa sudah tidak cukup sensitif untuk pemeriksaan, segeralah ganti stetoskop lama Anda dengan stetoskop baru yang kami rekomendasikan diatas!