Virus Covid-19 sudah bermutasi menjadi banyak varian, yaitu alpa, beta, delta, gamma, lambda, dan kappa sejak bulan Desember 2021. Tentunya mutasi dari virus covid-19 ini jauh lebih cepat menular, meresahkan dan sangat berbahaya. Di Indonesia sendiri pada tanggal 8 Agustus 2021 lalu sudah kedapatan kasus harian sebanyak 26 ribu. Sehingga pemerintah meminta masyarakat untuk patuhi peraturan PPKM khususnya di Jawa dan Bali.
Dan kabar gembiranya di bulan September ini kasus Covid-19 sudah berangsur-angsur berkurang dan tenaga kesehatan bisa bernapas lebih lega yang mana hal ini karena masyarakat sudah sangat sadar akan pentingnya potokol kesehatan dan ikut program vaksinasi dari pemerintah. Namun tentu bukan berarti masyarakat bisa menyepelekan akan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) karena virus covid-19 masih belum berakhir.

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Menurut CDC, pemakaian masker dobel merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk mengurangi penyebaran kasus covid-19 karena secara substansial mampu mengurangi paparan dari pemakai yang terinfeksi dan mengurangi paparan dari pemakai yang tidak terinfeksi.
Menurut laporan CDC juga, mengenakan masker kain di atas masker medis membuat partikel yang diblokir melonjak menjadi 92,5 persen saat keduanya digabungkan, di mana masker kain di atas masker medis.
Hal inilah yang membuat sejumlah transportasi umum di Indonesia misalnya KRL, dan Transjakarta mewajibkan penumpangnya untuk menggunakan masker ganda (masker medis yang dilapisi masker kain) atau masker yang tipenya N95, KN95, dan KF94 serta wajib vaksin pada pertengahan September ini dengan harapan kasus covid-19 varian delta bisa segara dicegah di transportasi umum tanpa harus menyulitkan penumpang dalam aktivitas sehari-hari.

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Bagi masyarakat yang tentunya membutuhkan aktivitas di luar rumah seperti bekerja dan membutuhkan transportasi massal tanpa khawatir akan Covid-19 varian delta serta memudahkan untuk masuk ke stasiun atau halte, berikut rekomendasi masker medis, masker N95, KN95, dan KF94 yang tersedia di pasaran serta yang pastinya memiliki izin edar oleh KEMENKES.

1. Masker bedah karet medis dari Onemed

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Masker 3 ply (terdiri dari 3 lapisan, lapisan luar, dalam dan bagian tengah yang berfungsi sebagai filter dengan tingkat efisiensinya mencapai 99.9%) dengan tali karet lentur yang dipasang di telinga. Menutup hidup dan mulut dengan sempurna, dan tahan percikan air.
Warna yang aman karena tidak mengandung banyak cat pewarna seperti masker lain serta cara pakai cukup mudah dengan menggantungkan tali karet di kedua telinga, mengencangkan kawat sesuai bentuk hidung, dan menarik bagian bawah masker hingga menutup sampai dagu.
Masker bedah karet Onemed ini juga memilik banyak varian warna serta sudah terdaftar di KEMENKES dengan nomor izin edar: AKD 20805410318 yang pastinya sudah terjamin aman bila di tambahkan dengan masker kain.

2. Masker Earloop 3 ply Sensi Mask dan Sensi Mask Duckbill

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94
Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Kedua masker 3 lapis dari Sensi ini sudah sangat populer di pasaran. Meski harganya sedikit mahal, namun kualitas dan tingkat kenyamanannya sudah tidak bisa diragukan lagi.
Masker Sensi Earloop dengan warna hijau yang cerah dan tali pengaitnya tidak membuat sakit di telinga bisa menemani aktivitas Anda di luar rumah dan sangat cocok bisa ditambahkan dengan masker kain 3 lapis Anda.
Masker duckbill dari Sensi memiliki lapisan dalam yang halus dan tidak membuat panas bila dipakai dalam waktu yang lama. Masker ini biasanya digunakan oleh pekerja di lingkup kesehatan. Namun, masker ini juga dapat Anda gunakan untuk aktifitas sehari-hari Anda.
Desain fit form yang nyaman digunakan karena produk ini menggunakan bahan bebas lateks yang lembut, sehingga tidak membuat kulit Anda iritasi. Memiliki bentuk seperti mulut bebek, sehingga membuat Anda merasa nyaman, aman, dan dapat bernapas secara bebas. Tiga lapisan pada penutup wajahnya membuat masker Sensi ini mampu melindungi Anda 95% dari debu, serbuk, bakteri, dan virus pembawa penyakit.
Untuk mengetahui keasliannya, pastikan Anda perhatikan embosnya yang bertuliskan Sensi pada masker dan terdapat no izin edar pada boxnya untuk Sensi Earloop yaitu AKD 11603010092 dan Sensi Mask Duckbill yaitu AKD 21603318015

3. Onemed Masker Duckbill 4 Ply

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Onemed Masker Duckbill Dewasa merupakan masker medis earloop yang memiliki 4 lapisan yang nyaman digunakan serta menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Masker ini juga dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari. Karena masker ini memiliki 4 lapis, Anda tidak perlu lagi memakai masker kain untuk pelengkap masker apabila Anda ingin masuk ke Stasiun ataupu Halte bus. Sehingga napas Anda jauh lebih lega.
Satuan box masker ini berisi 25 pcs dan sudah memiliki izin edar dengan nomor AKD 21603910058

4. Onemed Masker N95

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Onemed Masker N95 dapat menutup mulut dan hidung dengan sangat sempurna, dapat bernafas lebih lega, dengan filtrasi yang sangat tinggi, model tali karet yang dikaitkan ke bagian belakang kepala dan pastinya sangat efektif bagi Anda yang ingin terlindung dari bahaya paparan virus Covid-19.
Satuan box masker ini berisi 20 pcs dan sudah memiliki izin edar dengan nomor AKD 21603013574

5. Masker Serenity Surgical Mask 4D Earloop

Rekomendasi masker medis, N95, KN95, dan KF94

Serenity Surgical Mask 4D ini adalah masker KF94 dengan desain terbaru yang menggabungkan unsur proteksi, kenyamanan, dan gaya. Desain 4D Ergonomic yang memberi ruang di depan mulut, tidak menempel di bibir dan menutup yang lebih rapat dari atas hidung sampai ke dagu. Masker Serenity 4D ini berisi 25 pcs dalam 1 box nya dan setiap pcs masker dikemas kembali agar menjamin akan higienisnya. Tersedia berbagai macam warna seperti biru, hitam dan putih. Dan yang pastinya sudah memiliki izin edar dengan nomor AKL 21603027957. Sehingga cocok untuk dipakai untuk naik transportasi umum tanpa perlu menambahkan masker kain diatasnya.