Ikuti apa kata pemerintah untuk tetap berada di rumah. Jangan pergi ke mana-mana untuk urusan yang tidak mendesak dan selalu menjaga kesehatan merupakan langkah kita menjadi pahlawan negara dalam membasmi virus ini.

Ada banyak kegiatan positif yang bisa menambah kebaikan dari Ramadhan meski kita hanya bisa di rumah saja



1. Beribadah di rumah

Karena saat ini semua masjid ditutup sehingga sulit ibadah di masjid, Anda bisa melakukan ibadah seperti salat wajib dan sunah seperti tarawih hanya di rumah dengan berjamaah bersama keluarga di rumah. Kemudian Anda juga bisa membaca kitab suci Al-Quran di rumah dan tak kalah khusyuk dengan di masjid untuk mengisi waktu dengan hal yang positif.

2. Bersilahturahmi di rumah

Ketika rasa rindu dengan keluarga tidak bisa dibendung, gunakan teknologi seperti video call untuk bersilahturahmi dengan keluarga yang jauh. Bagi orang tua yang sulit sekali menggunakan ponsel pintar, Anda bisa meminta tolong saudara Anda yang di sana untuk video call dengan orang tua. Dan minta maaflah jika Anda tidak bisa mudik tahun ini.

3. Bersedekah

Di bulan suci ini, sangat dianjurkan untuk bersedekah. Apalagi kini banyak sekali masyarakat yang terancam PHK. Tips bersedekah yang tepat adalah membelikan sedikit kebutuhan pokok melalui ponsel Anda. Kemudian berikan ke tetangga yang sedang terlihat kesulitan dalam ekonomi. Jika pengiriman melalui ojek online, tak ada salahnya juga untuk memberikan uang tip sebagai ucapan terima kasih. Pahala dapat hati tenang.

4. Melakukan kegiatan bersih-bersih

Anda bisa melakukan kegiatan bersih-bersih rumah di sore hari sebagai pengganti ngabuburit di luar. Menyapu, mengepel, mencuci baju, mencuci piring, menyetrika dan semua kegiatan yang selama ini Anda tidak bisa lakukan karena sibuk dengan urusan pekerjaan dan tak punya waktu untuk melakukannya. Hal ini juga membuat Anda tidak bingung tentang apa yang harus Anda lakukan di rumah.

5. Menghemat

Jika Anda adalah salah satu karyawan yang terancam PHK, pastikan Anda gunakan uang gajian terakhir sehemat mungkin lebih baik lagi kalau Anda sudah punya tabungan untuk keperluan mendesak seperti sekarang. Namun tetap harus berhemat dalam menggunakan uang belanja.

6. Berbuka seadanya

Karena kita dituntut untuk berhemat, pastikan Anda sahur dan berbuka puasa seadanya (tidak terlalu mewah). Anda bisa berbuka dengan teh hangat dan buah. Kemudian setelah salat magrib, Anda bisa lanjutkan dengan menyantap nasi dengan lauk yang seadanya yang Anda bisa buat.

7. Pikir-pikir untuk pulang ke kampung halaman

Perlu dipikir berkali-kali jika Anda ingin melepas rindu Anda dengan pergi ke rumah orang tua di desa apalagi kalau orang tua Anda rentan terhadap penyakit. Anda tidak mau kan membuat keluarga Anda sakit akibat virus yang Anda bawa dari kota.

8. Menghibur diri dengan internet

Tentu internet merupakan sarana hiburan tanpa batas. Tak ada salahnya Anda melihat atau membuat video lucu di sosial media, membaca artikel atau berita, melakukan percakapan dengan teman yang jauh, video call teman, menonton video yang menambah wawasan anda dan masih banyak lagi.

9. Belajar melalui internet

Belajar tidak menuntut usia. Selagi Anda berada di rumah, Anda bisa belajar atau mencari tahu banyak hal tentang apa yang Anda suka dengan mencarinya di laman google. Selain menyenangkan, Anda juga dapat ilmu yang akan berguna di masa depan. Misalnya Anda bisa mencari tahu cara melamar pekerjaan yang mana ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk bisa terjun di dunia kerja selepas pandemi ini reda.

10. Mengembangkan hobi

Jika sekolah dan kerja sangat menyita waktu Anda untuk menyalurkan hobi Anda, ini saatnya Anda lakukan di rumah. Hobi seperti bernyanyi, membuat kreasi seni, bermain game online, dan masih banyak lagi dapat meningkatkan hormon kebahagiaan serta meningkatkan bakat yang selama ini terpendam.

11. Bermain permainan sederhana

Apabila Anda terjebak pandemi di dalam rumah bersama saudara atau kerabat, melakukan permainan sederhana seperti catur, congklak dan mainan lainnya merupakan ide yang cukup bagus. Ini membuat Anda menjadi dekat dengan kerabat Anda di rumah serta bisa menghilangkan kebiasaan bermain gadget yang dapat merusak mata.

12. Menonton televisi

Menonton komedi di televisi tentu membuat tertawa seluruh anggota keluarga Anda di rumah dan meningkatkan hubungan keluarga. Atau menonton berita di televisi seperti jumlah korban positif covid-19, jumlah yang meninggal, dan yang sembuh. Agar kita tetap waspada mengenai jumlah korban yang meninggal namun kita tidak panik hingga stres karena ada berita positif yang mana pasien yang sudah sembuh terus meningkat.

13. Tetap berolahraga

Agar sistem imun kuat melawan virus ini, sangat dianjurkan untuk berolahraga meski berpuasa. Olahraga bisa dilakukan dengan intensitas yang rendah dari biasanya dan lakukan di jam sore mendekati waktu berbuka. Agar tubuh tidak mengeluarkan cairan berlebih dan menyebabkan dehidrasi.

14. Tunda bukber hingga tahun depan.

Bukber ini saat ini bukan pilihan tepat. Kita tidak disarankan untuk berkumpul karena kita tidak tahu mungkin salah satu dari teman kita yang mengikuti bukber telah terpapar virus dan Anda bisa membawa virus tersebut ke keluarga Anda.