Seiring dengan perkembangan zaman, konsumsi makanan instan dan siap saji seperti junk food semakin meningkat dikalangan masyarakat hingga menyebabkan terjadinya pola hidup yang cenderung mengacu pada pola hidup tidak sehat. Menerapkan pola hidup tidak sehat dalam jangka waktu terus-menerus akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan tubuh, salah satunya adalah rentan terkena penyakit diabetes.

Diabetes dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi didalam tubuh. Untuk mengetahui kadar gula darah dapat dilakukan pengukuran gula darah dengan alat yang bernama Glukometer.

Glukometer merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur kadar glukosa (gula) dalam darah. Alat ini umumnya digunakan oleh seseorang yang memiliki diabetes untuk memantau kadar gula darah mereka secara rutin. Selain untuk penderita diabetes alat ini juga bisa digunakan untuk semua orang agar dapat mengontrol gula darah secara rutin dan menghindari penyakit diabetes atau penyakit lainnya.

Penggunaan alat ini cukup sederhana dan mudah dioperasikan oleh pengguna saat pertama kali. Banyak pertanyaan mengenai alat ini seperti cara kerja, cara menggunakan, dan lainnya. Untuk informasi selengkapnya, dibawah ini terdapat beberapa macam pertanyaan yang sering diajukan seputar alat cek darah. Yuk baca dengan seksama sebelum membeli alat ini agar penggunaan tidak salah dan hasil lebih akurat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi alat cek darah atau membeli produk glukometer.

Apa Fungsi dari Glukometer?

Glukometer merupakan alat kesehatan yang memiliki fungsi untuk mengetahui kadar gula darah didalam tubuh.

Kadar Gula Darah yang Normal Berapa?

Kadar gula darah normal seseorang dapat bervariasi tergantung pada waktu pengukuran apakah sedang berpuasa atau tidak. Berikut merupakan rentang untuk kadar gula darah.

  • Puasa
    Normal: < 100 mg/dl
    Prediabetes: 100-125 mg/dl
    Diabetes: > 126 mg/dl
  • 2 jam Setelah Makan
    Normal: <140 mg/dl
    Prediabetes: 140-199 md/dl
    Diabetes: 200 mg/dl

Kapan Waktu yang tepat untuk Cek Gula Darah?

Waktu yang tepat untuk cek gula darah biasanya dianjurkan pada malam hari sebelum tidur, sebelum makan, atau dua jam setelah makan. Waktu pemeriksaan gula darah dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan seseorang ataupun sesuai dengan saran dokter. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jadwal pemeriksaan sesuai dengan kebutuhan.

Apa perbedaan dari Gula Darah dan Diabetes?

Gula darah merupakan kadar glukosa yang ada di dalam darah. Sedangkan diabetes merupakan suatu kondisi medis kronis atau suatu penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Seberapa Akurat Glukometer?

Akurasi glukometer dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti merk glukometer, model unit, kondisi strip, kalibrasi alat, kondisi pengguna, dan penggunaan yang tepat. Pada umumnya glukometer memiliki keakuratan dari 95-99% tergantung faktor yang dapat mempengaruhinya.

Berapa kali kita dapat menggunakan glukometer?

Penggunaan alat glukometer dapat dilakukan lama hingga alat tersebut error atau rusak. Namun, penggunaan strip hanya diperbolehkan satu kali setiap selesai mengukur gula darah strip tersebut harus dibuang. Begitupun dengan jarum lancet.

Bagaimana Cara Menggunakan Glukometer dirumah?

Cara menggunakan glukometer ini cukup sederhana, berikut langkah-langkah umumnya.

  1. Persiapkan alat tes gula darah
  2. Cuci Tangan dengan sabun atau alkohol swab
  3. Tusukan pen lancet pada ujung jari
  4. Masukan sampel darah pada strip dengan jumlah yang tepat
  5. Tunggu beberapa saat dan hasil pengukuran akan keluar
  6. Buang lancet dan strip ketika selesai digunakan

Baca artikel lainnya

Kapan harus Membersihkan Glukometer?

Glukometer harus dibersihkan setiap seminggu sekali atau setiap ada darah yang menetes dan mengenai alat tersebut. Selain itu, glukometer juga harus dibersihkan ketika ada orang lain yang ingin meminjamnya.

Bagaimana cara membersihkan Glukometer?

Glukometer dapat dibersihkan dengan menggunakan kapas atau tisu basah. Bersihkan layar glukometer dengan perlahan lalu bersihkan juga slot untuk menyimpan strip menggunakan ujung tisu atau kapas. Setelah itu, keringkan dengan tisu dengan hati-hati.

Paket Lengkap Alat Cek Gula Darah atau Glukometer terdiri dari apa saja?

Satu set paket lengkap alat cek gula darah biasanya terdiri dari Glukometer, Jarum lancet, Pen lancet, dan strip untuk sampel darah.

Apa ciri-ciri kadar gula darah tinggi?

Cara mengetahui kadar gula darah tinggi secara umum yaitu mudah lelah, penglihatan kabur, mudah lapar, gerak tubuh menjadi lamban, kulit bermasalah, selalu ingin makanan manis, berat badan turun secara signifikan, luka pada kulit lama sembuh, dan nyeri pada kaki.

Sebelum tes gula darah apakah boleh minum air putih?

Dalam pemeriksaan gula darah untuk diagnosa diabetes biasanya disarankan untuk tidak makan dan minum selama 8 hingga 12 jam. Namun minum air putih tetap diperbolehkan.

Makanan apa yang harus dihindari agar gula darah tetap normal?

Makanan yang harus dihindari agar gula darah tetap normal adalah makanan cepat saji, karena makanan cepat saji memiliki kandungan gula dan lemak jenuh yang tinggi. Selain itu, minuman kemasan yang memiliki banyak varian rasa juga harus dihindari.

Makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar gula darah jadi turun?

Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi tentu harus banyak konsumsi makanan dengan gizi yang seiimbang dan rendah gula agar gula darah dalam tubuh bisa turun dengan efektif. Contoh makanannya adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, makanan kaya akan protein, buah ceri, jagung, tomat, ubi jalar, alpukat, da gandum utuh.

Kenapa saat menggunakan Glukometer hasilnya Error?

Kemungkinan glukometer bisa error itu ketika sampel darah yang digunakan pada strip terlalu banyak atau terlalu sedikit, sehingga menyebabkan hasil tidak akurat dan terjadi kesalahan pembacaan pada alat tersebut.

Bagaimana cara menghindari kesalahan (error) pada glukometer?

Untuk menghindari kesalahan alat dalam membaca hasil (error) selalu pastikan sampel darah sudah sesuai tidak terlalu banyak ataupun sedikit dan sesuai dengan yang diperlukan untuk menguji gula darah.

Apakah kadar gula darah normal anak-anak dan dewasa berbeda?

Ya, kadar gula darah anak-anak dan dewasa itu berbeda. Kadar gula darah normal anak-anak saat puasa yaitu 80-90 mg/dl sedangkan kadar gula darah dewasa ketika puasa itu 80-100 mg/dl.

Apakah Glukometer perlu kalibrasi sebelum menggunakannya?

Sebagian besar glukometer modern yang tersedia di pasaran tidak memerlukan kalibrasi sebelum menggunakannya. Karena, biasanya glukometer sudah dikalibrasi ketika diproduksi dan sudah diuji untuk memastikan akurasi pengukuran. Meskipun pengguna tidak perlu kalibrasi kembali glukometer, namun tetap harus diperhatikan petunjuk penggunaan alat tersebut sehingga dapat memberikan hasil yang akurat.

Apakah boleh menggunakan Glukometer setelah makan?

Sebagian besar makanan yang dikonsumsi akan dicerna dan meningkatkan glukosa didalam darah selama satu hingga dua jam. Untuk mengetahui tingkat puncak glukosa dalam darah, yang terbaik dalam melakukan tes adalah satu-dua jam setelah selesai makan.

Cek Gula Darah dan Cek Kolesterol Apakah Sama?

Pemeriksaan gula darah dilakukan untuk mengetahui kadar glukosa (gula) darah dalam tubuh. Sedangkan pemeriksaan kolesterol dilakukan untuk mengukur kadar lemak yang ada dalam darah.

Nah, itulah beberapa pertanyaan seputar Glukometer. Selalu pastikan kadar gula darah normal serta hindari pola hidup tidak sehat agar tidak membahayakan kondisi kesehatan dan terhindar dari penyakit yang mematikan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan apabila memiliki gula darah yang tinggi. Glukometer ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain Glukometer, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://diabetesjournals.org/clinical/article/40/1/10/139035/Standards-of-Medical-Care-in-Diabetes-2022
https://halodoc.com/artikel/inilah-9-tanda-kalau-kamu-kelebihan-gula-darah https://www.halodoc.com/artikel/9-rekomendasi-makanan-penurun-gula-darah-cepat-dan-efektif
https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/814/279
https://www.accu-chek.com/support/faq/general-questions#faq-1611