Semakin berkembangnya zaman, teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia medis salah satunya tensimeter digital. Alat monitor tekanan darah saat ini sudah banyak memiliki berbagai fitur diantaranya konektivitas Bluetooth yang mempermudah pengguna dalam menggunakan perangkat tersebut. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan Anda memantau poengukuran pada smartphone.

Monitor tekanan darah atau biasa disebut tensimeter adalah alat pemantauan kesehatan yang penting untuk individu untuk mengukur tekanan darah. Tekanan darah tinggi sering kali tidak terdeteksi, untuk pemeriksaan di pusat layanan kesehatan terkadang tidak ada waktu untuk pergi ke tempat itu. Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan pembacaan rutin di rumah dengan monitor tekanan darah berkualitas dengan layar yang cukup besar sehingga mudah terbaca hasil pengukurannya.



Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit dengan penderita terbanyak di dunia terutama para lansia yang membuat mereka berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung atau stroke. Seseorang yang mengidap hipertensi akan merasakan beberapa gejala yang timbul akibat hipertensi salah satunya Aritmia atau detak jantung tidak teratur.

Atrial Fibrilasi (disebut AFib atau AF adalah) adalah detak jantung yang tidak teratur (aritmia) yang dapat menyebabkan penggumpalan darah, stroke, gagal jantung dan komplikasi lain terkait dengan jantung. Pada kondisi AFib, dua bilik atas jantung (atrium) berdetak tidak teratur dan tidak terkoordinasi dengan ventrikel bagian bawah. Risiko AFib pada kesehatan dalam jangka panjang Anda bisa serius sehingga sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengelola kondisi ini secara optimal. Hal ini dengan minum obat sesuai resep yang di berikan dokter akan membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi kemungkinan komplikasi atau stroke akibat AFib.


Tensimeter Omron 7361

Tensimeter digital adalah cara yang tepat untuk melakukan pemantauan tekanan darah di rumah karena tidak memerlukan keahlian khusus untuk menggunakannya. Ini lebih mudah digunakan dari pada tensimeter Aneroid yang pengobrasiannya menggunakan stetoskop. Tensimeter Digital Omron merupakan pilihan yang tepat untuk pemantauan tekanan dirumah karena Omron memiliki berbagai tipe tensimeter digital dari yang standar hingga premium, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah perbandingan tensimeter digital Omron dengan konektivitas bluetooth tipe HEM-7361T, HEM-7600T, HEM-7280T, HEM-6232T.


Tensimeter Omron dengan Konektivitas Bluetooth

Dari tabel diatas menjelaskan bahwa Omron HEM-7361T memiliki fitur yang paling banyak diantara tipe lainnya. Omron HEM-7361T memiliki layar ekstra besar sehingga mudah dibaca serta memiliki fitur deteksi AFib dan indikator hipertensi, sedangkan untuk Tipe HEM-7600T dan HEM-7280T tidak memiliki indikator hipertensi.

Dari segi pengoprasian, pengukuran yang sunyi bisa ditemukan pada Omron HEM-7232T. Tensimeter pergelangan tangan ini memiliki pengukuran dengan suara yang sunyi tidak bising, sehingga lebih nyaman dioperasikan dibanging tensimeter lengan atas.

Dibandingkan dengan Omron HEM-7600T dan HEM-6232T yang hanya memiliki memori 100 memori, Omron HEM-7361T dan HEM-7280T dapat menyimpan 2 pengguna dengan penyimapan masing-masing 100 memori.