Agar darah Anda mencapai semua organ tubuh Anda, itu perlu dipompa keluar dari jantung pada tingkat tekanan tertentu sehingga sirkulasi darah di tubuh Anda tetap terjaga. Tekanan darah umumnya diukur dalam mmHg (milimeter air raksa).

Nilai ini dipengaruhi oleh kekuatan jantung Anda, tingkat resistensi dalam pembuluh darah arteri Anda, jumlah darah dan sistem pengaturan lainnya.

Nilai sistolik dan diastolik

Sistolik (nilai yang lebih tinggi saat mengukur) menunjukkan tekanan yang ada dalam pembuluh ketika otot jantung berkontraksi dan memompa darah ke dalam tubuh. Nilai "diastolik" yang lebih rendah, yaitu diastole, mewakili tekanan pada saat jantung rileks.

Tekanan darah sistolik di atas 140 mmHg atau tekanan darah diastolik di atas 90 mmHg digolongkan sebagai tekanan darah tinggi atau hipertensi. Nilai optimal untuk orang dewasa adalah nilai istirahat 120 hingga 80 mmHg.

Lengan atas atau pergelangan tangan?



Pengukuran mana yang paling bermanfaat? Haruskah saya mengukur tekanan darah saya di lengan atas atau pergelangan tangan saya?
Tes menunjukkan bahwa monitor tekanan darah pergelangan tangan memberikan hasil yang dapat diandalkan seperti monitor lengan atas.

Namun, seiring bertambahnya usia, pembuluh darah kita mungkin menjadi lebih sempit karena kalsifikasi, atau mengeras karena arteriosklerosis. Ini mempengaruhi arteri di pergelangan tangan khususnya, karena mereka jauh dari jantung, membuat pengukuran yang tepat lebih sulit. Untuk alasan ini, orang tua dan perokok harus melakukan pengukuran pada lengan atas.

Monitor tekanan darah pergelangan tangan tidak cocok untuk pasien dengan diabetes, karena arteri mereka mungkin mengalami kalsifikasi atau keropos.


Berikut ini adalah perbandingan untuk tensimeter pergelangan tangan dan lengan atas dengan merk Beurer.