Cedera pada bagian tubuh merupakan hal umum yang sering terjadi terutama pada atlet yang sering melakukan latihan fisik secara Intensif. Cedera tersebut dapat mengganggu aktivitas, kemampuan fisik, bahkan ada yang sampai kehilangan karier karena hal tersebut. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi dibidang medis terdapat alat kesehatan untuk menghindari atau melindungi tubuh dari cedera. Alat tersebut ialah Body Support. Penggunaan Body support bagi para Atlet merupakan sebuah strategi untuk melindungi bagian tubuh dari cedera.

Body support merupakan alat kesehatan yang digunakan pada bagian tubuh dan berfungsi untuk menopang bagian tubuh sehingga terhindar dari bahaya atau cedera. Body support ini biasanya digunakan oleh atlet untuk melindungi tubuh pada bagian lutut, ankle, tangan, bahu, dan lainnya tergantung dari olahraga apa yang sedang dilakukannya. Selain untuk olahraga, Body support ini juga dapat digunakan untuk pemulihan kesehatan. Terdapat berbagai jenis body support untuk melindungi bagian tubuh tertentu saat olahraga, diantaranya.

Mengenal Body Support Untuk Mencegah Cedera Saat Olahraga

Jenis-Jenis Body Support untuk Olahraga

1. Knee Support

Knee support merupakan penyangga lutut yang digunakan oleh atlet untuk melindungi area lutut dari benturan, mencegah patah tulang tempurung lutut, dan membuat lebih leluasa saat aktivitas.

2. Ankle Support

Ankle Support merupakan penyangga telapak kaki dan pergelangan kaki yang berfungsi untuk menopang pergelangan kaki selama berolahraga sehingga dapat mencegah pergelangan kaki terkilir serta mencegah cedera dengan sangat baik.

3. Wrist Support

Wrist Support adalah penyangga yang digunakan pada bagian pergelangan tangan. Pergelangan tangan merupakan bagian yang rawan terkena cedera, oleh karena itu dengan menggunakan wrist support, maka pergelangan tangan dapat terhindar dari cedera saat berolahraga.

4. Palm Support

Hampir sama dengan Wrist Support, yaitu untuk melindungi bagian pergelangan tangan. Bedanya, Palm support menopang pada bagian pergelangan hingga telapak tangan. Selain untuk menghindari cedera, palm support juga dapat meredakan ketegangan dan rasa nyeri pada bagian pergelangan hingga telapak tangan.

5. Elbow Support

Elbow support merupakan alat pelindung bagian siku yang dapat digunakan saat olahraga yang mengandalkan kekuatan persendian siku. Selain untuk mencegah cedera, Elbow support ini juga bermanfaat untuk pasien yang memiliki cedera siku untuk menjaga posisi siku tetap stabil.

6. Shoulder Support

Shoulder Support atau penyangga bahu berfungsi untuk memberikan perlindungan pada sendi bahu dan mengurangi cedera. Selain memberikan perlindungan, Shoulder support juga dapat digunakan untuk membuat sendi bahu tetap fleksibel dan membantu penyembuhan dengan cepat.

Baca artikel lainnya

Itulah beberapa jenis Body support yang biasa digunakan untuk mengurangi cedera bagian tubuh ketika olahraga. Penggunaan Body support ini harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang sedang dilakukan agar manfaatnya lebih maksimal dan perlindungannya pun lebih optimal karena Body support ini memiliki fungsi masing-masing pada bagian tubuh tertentu. Berikut merupakan jenis-jenis olahraga yang sesuai untuk penggunaan body support:

  • Knee Support: Sepak bola, Basket, sepak takraw, Skateboard
  • Ankle Support: Maraton atau lari jarak jauh, voli, basket, badminton, sepak bola
  • Wrist Support: Tenis, tinju, panjat tebing
  • Palm Support:Angkat beban, barbel, gym
  • Elbow Support: Tenis, renang, angkat beban, softball
  • Shoulder Support: Hoki, tenis, bulu tangkis, bisbol

Pemilihan Body Support harus disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas fisik yang sedang dijalani. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan pelatih olahraga atau profesional dalam kesehatan untuk memastikan jenis body support yang tepat dan sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Penggunaan Body support ini memiliki manfaat untuk mengurangi resiko cedera saat olahraga. Cedera saat olahraga dapat memberikan dampak negatif terhadap performa tubuh dan dapat mengganggu aktivitas latihan. Cedera yang sering terjadi saat Olahraga adalah:

Cedera yang Sering Terjadi Saat Olahraga

Terdapat berbagai jenis cedera yang sering terjadi saat berolahraga dan dapat diatasi dengan penggunaan body support. Berikut merupakan beberapa cedera umum yang sering terjadi saat Olahraga

Cedera ACL

Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) merupakan suatu kondisi dimana terdapat robekan atau kerusakan pada ligamen lutut anterior. Gejala dari cedera ACL adalah nyeri hebat di bagian lutut, lutut sulit digerakkan, sulit berjalan, lutut tidak stabil, dan lutut bengkak. Kondisi ini disebabkan ketika mengalami benturan keras pada lutut.

Robekan Meniskus

Robekan meniskus terjadi ketika salah satu potongan tulang rawan di lutut terluka atau robek. Robekan terjadi akibat gerakan tiba-tiba pada lutut. Gejala dari cedera ini adalah sulit menggerakan lutut, tidak mampu menopang berat badan, gerak terbatas, dan pembengkakan di area sendi.

Sprain

Sprain atau keseleo merupakan cedera umum saat berolahraga. Cedera ini biasanya terjadi pada bagian lutut, tumit, pergelangan tangan, dan jari jempol. Kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya cedera ini adalah melakukan pendaratan dalam kondisi yang salah, teknik latihan saat olahraga salah, dan melakukan olahraga di tempat yang tidak rata. Gejala dari cedera ini yaitu bengkak, lebam, dan nyeri disekitar sendi.

Mengenal Body Support Untuk Mencegah Cedera Saat Olahraga

Cedera Rotator Cuff

Rotator Cuff merupakan otot-otot yang mengelilingi bahu. Cedera Rotator Cuff merupakan cedera pada bagian bahu. Penyebab dari cedera ini adalah kebiasaan mengulangi gerakan bahu berulang-ulang kali. Gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini adalah bahu terasa lemas ketika diangkat, bahu sulit digerakan, dan terasa nyeri seperti habis terbentur.

Tennis Elbow

Tennis Elbow merupakan kondisi dimana siku bagian luar terasa sakit. Penyebab dari kondisi ini ketika otot dan tendon di siku terus menerus ditarik dan digunakan secara berlebihan sehingga tendon mengalami kerusakan dan peradangan. Gejala yang dirasakan pada kondisi ini adalah sakit saat menggerakan siku dan lengan bagian atas, sulit memegang benda, dan terasa kaku pada siku dan lengan bagian atas.

Tendon Achilles

Cedera Tendon Achilles merupakan peradangan yang terjadi pada tumit sehingga menyebabkan putusnya tendon. Gejala yang terjadi pada kondisi ini adalah pembengkakan pada bagian tumit, kesulitan berdiri, kaki tidak mampu menekuk ke bawah, dan nyeri pada tumit saat berjalan.

Cedera-cedera tersebut dapat dicegah dengan menggunakan Body support yang sesuai. Selain dapat mengurangi cedera, penggunaan body support juga dapat membantu saat proses penyembuhan. Sebelum membeli body support yang ingin digunakan pastikan ukuran yang dibeli sesuai agar saat digunakan terasa nyaman dan melindungi secara maksimal. Body support ini sudah banyak dijual dipasaran dengan merk dan tipe yang berbeda. Salah satu tempat yang menjual Body support lengkap yaitu Galeri Medika. Galeri medika menyediakan body support yang lengkap, original dan berkualitas. Selain Body support, Galeri Medika juga menyediakan berbagai Alat kesehatan dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara dengan jasa pengiriman yang terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://familydr.id/cegah-cedera-dengan-body-support-yang-tepat/
https://www.halodoc.com/kesehatan/cedera-acl
https://hellosehat.com/muskuloskeletal/tulang-sendi-lainnya/nyeri-rotator-cuff/
https://www.halodoc.com/kesehatan/keseleo
https://www.gleneagles.com.sg/id/conditions-diseases/meniscus-tear/symptoms-causes#:~:text=Robeknya%20meniskus%20adalah%20salah%20satu,yang%20melibatkan%20kontak%20fisik%20antarpemain.
https://www.halodoc.com/kesehatan/tennis-elbow