Saat ini untuk mengetahui tekanan darah sangat penting terutama bagi seseorang yang sudah melewati usia 30 sampai 40 tahun, karena banyak sekali penyakit yang ditimbulkan ketika memiliki tekanan darah tinggi seperti penyakit jantung. Nah untuk memantau tekanan darah kita membutuhkan alat bernama tensimeter.

Tensimeter digital lebih populer dibanding dengan jenis tensimeter manual atau Aneroid, tensimeter digital ini memiliki kinerja secara otomatis, manset tidak akan dipompa secara manual melainkan bekerja secara otomatis saat tombol start dinyalakan. Alat ini juga memudahkan pengguna menggunakan tekanan darah dirumah, selain mudah digunakan tensimeter digital juga memiliki beberapa fitur lain diantaranya yaitu indikator kesalahan pemakaian manset, menampilkan indikator apakah tekanan darah normal atau tidak, menampilkan hasil pengukuran sebelumnya dll.

Nah sebelum membeli tensimeter digital pastikan sudah mengetahui informasi-informasi dasar mengenai kegunaan dan fungsi tensimeter digital, selain itu juga kenali fitur-fitur dalam tensimeter digital seperti memori, multi pengguna, ukuran manset, jenis sumber daya dll.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi tensimeter digital atau membeli produk tensimeter digital.

Apakah Perbedaan Tensimeter Digital dengan Manual?

Sistem kerja tensimeter digital yaitu dengan memompa manset secara otomatis, setelah lengan berhasil dipompa maka hasil pengukuran akan ditampilkan secara digital di layar monitor. Sedangkan tensimeter manual atau Aneroid ini memiliki kinerja manual, manset harus dipompa secara manual dan membutuhkan alat yang bernama stetoskop untuk mendengarkan detak jantung. Namun dari segi fungsi sama yaitu untuk mengukur tekanan darah.

Apakah Tensimeter Digital Akurat?

Keakuratan tensimeter digital tergantung kualitas tensimeter dan seberapa benar dalam proses mengukur tekanan darah, tensimeter digital bisa saja tidak akurat dikarenakan pengukuran yang salah, maka dari itu untuk mengukur tekanan darah dengan benar ikuti buku petunjuk penggunaan.

Apa Perbedaan Tensimeter Digital Lengan Atas dengan Pergelangan Tangan?

Tensimeter Digital lengan atas memiliki manset yang lebih besar karena ditempatkan pada lengan bagian atas, manset dan alat tidak menyatu atau terpisah, pada tensimeter digtial lengan atas biasanya lebih akurat dibanding dengan tensimeter digital pergelangan tangan. Sedangkan Untuk tensimeter digital pergelangan tangan memiliki manset yang lebih kecil dan menyatu dengan alat. Tensimeter ini lebih parktis dibawa kemana-mana karna ukurannya yang lebih kecil dibanding tensimeter digital lengan atas.

Bagaiaman Cara Mengukur Tekanan Darah yang Akurat?

Untuk hasil yang paling akurat, periksa tekanan darah pada waktu yang sama setiap hari. Bersantailah selama lima menit sebelum tes pengukuran dan cobalah untuk tetap rileks selama pengukuran. Jangan merokok, makan, minum alkohol atau kafein, atau berolahraga dalam 60 menit sebelum mengukur tekanan darah.

Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

berdasarkan dari pedoman Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO tekanan darah yang optimal untuk orang dewasa yaitu kurang dari 120/80 mmHg. Sedangkan tekanan darah normalnya adalah 130/85 mmHg. Namun kondisi sekarang sering kali dokter mengatakan angka 140 untuk sistolik masih normal untuk orang tua. Sedangkan untuk orangtua batas diastolik diangka 90. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang dijalani dan kondisi emosional yang sedang di alami.

Apa Itu Sistolik dan Diastolik?

Sistolik adalah nilai angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan Diastolik adalah nilai angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi sebelum kembali memompa darah.

Apa itu Pulse Pada Tensimeter Digital?

Pulse adalah nilai angka yang digunakan untuk mengukur detak jantung per menit. Pada tensimeter digital pembacaan Pulse akan muncul dibawah pembacaan nilai diastolik.

Mengapa Tekanan Darah Saya Lebi Tinggi Saat di Pagi Hari?

Banyak orang memperhatikan bahwa tekanan darah paling tinggi ketika mereka bangun. Ini bukan kesalahan pada alat tensimeter digital. Ini terjadi karena kadar hormon adrenalin dan noradrenalin tubuh paling tinggi di pagi hari. Hormon-hormon ini meningkatkan tekanan darah sekaligus memberi dorongan energi.

Mengapa Tekanan Darah Tinggi Pada Saat Hamil?

Kondisi darah tinggi saat hamil ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon ketika memasuki kehamilan. Beberapa pemicu yang menyebabkan darah tinggi saat hamil antara lain kelebihan berat badan atau obesitas, kurangnya aktivitas fisik, merokok, minum alkohol, kehamilan pertama kali atau penyebab lain yang memicu tekanan darah naik.

Baca artikel lainnya

Berapa Ukuran Manset Tensimeter Digital?

Umumnya manset tensimeter ada dua pilihan yang pertama ukuran reguler dengan lingkar lengan 22-32 cm dan ukuran besar dengan lingkar lengan 22-45 cm

Mengapa Mengukur Tekanan Darah di Lengan Kiri?

Tekanan darah adalah ukuran tekanan untuk menilai seberapa kuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Karena oragn jantung berada di sebelah kiri, pada umumnya pemeriksaan tekanan darah dilakukan di tangan kiri dan menggambarkan paling mirip dengan kondisi tekanan di organ jantung.

Apakah Hasil Pengukuran Lengan Kanan dan Kiri Berbeda?

tekanan darah antara lengan kanan dan lengan kiri bisa saja berbeda, umumnya dikarenakan pada saat posisi, teknik pengukuran dan lain sebagainya.

Apakah Tekanan Darah Bisa Berubah-ubah?

Tekanan darah cenderung berubah-ubah setiap harinya, terkadang tekanan darah naik-turun, tergantung dari kondisi fisik dan emosional yang dialami.

Apakah Boleh Mengukur Tekanan Darah Setiap Hari?

Pada orang sehat dianjurkan untuk mengukur tekanan darah setiap satu bulan sekali. Adapun penderita hipertensi dianjurkan untuk memeriksa tekanan darah lebih sering bahkan setiap hari. Dengan mengukur tekanan darah secara rutin bisa dievaluasi status kesehatan secara umum.

Apa Sumber Daya Tensimeter Digital?

Tensimeter Digital biasanya memiliki dua mode untuk sumber dayannya, yang pertama menggunakan baterai AA dan yang kedua menggunakan adaptor. Ini banyak yang salah paham mengenai fungsi tersebut. Dalam tensimeter digital jika menggunakan baterai, baterai tidak bisa diisi ulang menggunakan adaptor jadi tensimeter ini tidak sama dengan baterai pada smartphone yang bisa di isi ulang, begitu pula jika menggukan adaptor maka tidak perlu menggunakan baterai.

Apakah Ada Tensimeter yang Bisa Di Isi Ulang?

Ada beberapa tensimeter digital yang bisa di isi ulang diantaranya yaitu jenis tensimeter digital yang menggunakan baterai lithium-ion, tensimeter digital ini bisa diisi ulang layaknya smartphone yang bisa disi ulang ketika baterai habis.

Apa Fungsi Memori pada Tensimeter Digital?

Fungsi memori pada tensimeter digital adalah untuk menyimpan hasil pengukuran sebelumnya, pada saat pengukuran selanjutna Anda bisa melihat pengukuran tekanan darah sebelumnya pada fitur memori.

Bagaimana Cara Menggunakan Tensimeter Dengan Benar?

Sebelum menggunakan tensimeter pasang manset terlebih dulu pada lengan bagian kiri, bagian bawah manset bisa beri jarak 1-2 cm di atas siku, lalu ujung selang manset harus berada di tengah lengan. Setelah manset terpasang dengan benar tekan tombol Start pada tensimeter, lalu tunggu sampai pengukuran selesai.

Bagaimana Cara Merawat Tensimeter Digital?

Untuk melindungi tensimeter digital dari kerusakan, pastikan untuk selalu menyimpan dalam wadah penyimpanan saat tidak digunakan. Gunakan kain kering atau kain basah untuk membersihkan monitor. Untuk bagian manset lipat bagian selang kedalam manset lengan. Jangan tekuk atau kerutkan selang udara secara berlebihan. Simpan pada tempat yang bersih dan aman.

Apakah Tensimeter Digital Perlu di Kalibrasi?

Pada umumnya disarankan untuk memeriksa unit tensimeter digital setiap dua tahun untuk memastikan fungsi dan akurasi yang benar. Konsultasikan dengan dealer resmi atau layanan pelangan pada alamat yang tercantum pada kemasan atau informasi tercetak.