Ulkus dekubitus atau luka baring bisa menimbulkan masalah bagi pasien yang kerap duduk di kursi roda atau terbaring yang menghabiskan banyak waktu di tempat tidur, terlebih pasien tidak dapat membalikan badan di tempat tidur. Sebelum penderita ulkus dekubitus mengalami luka, sebenarnya ada cara untuk mencegahnya salah satunya dengan menggunakan matras atau kasur anti decubitus.

Kasur anti decubitus bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya luka di bagian tubuh pasien yang berbaring lama dan tidak pernah digerakan. Biasanya bagi pasien stroke, koma dan lain-lain. Kasur anti decubitus biasa dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga untuk memompa aliran udara keluar-masuk secara otomatis. kasur ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya.

Nah sebelum membeli kasur anti decubitus pastikan sudah mengetahui informasi-informasi dasar mengenai kegunaan dan fungsinya. Selain itu juga kenali fitur-fitur dalam kasur anti decubitus seperti pengaturan tekanan, penggunaan dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi atau membeli produk kasur anti decubitus.

Apa Itu Kasur Anti Decubitus?

Kasur Anti Decubitus merupakan kasur atau matras yang biasa dipakai sebagai alas untuk pencegahanan luka baring untuk pasien yang sulit untuk bergerak.

Bagaimana Cara Kerja Kasur Anti Decubitus?

Kasur anti decubitus biasa dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga untuk memompa aliran udara keluar-masuk secara otomatis. kasur ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya.

Apa Fungsi Kasur Anti Decubitus?

Kasur anti decubitus bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya luka di bagian tubuh pasien yang berbaring lama dan tidak pernah digerakan. Biasanya bagi pasien stroke, koma dan lain-lain.

Siapa Yang Membutuhkan Kasur Kasur Anti Decubitus?

Kasur anti decubitus biasa digunakan untuk pasien yang cenderung menghabiskan lebih dari 15 jam per hari di tempat tidur atau diklasifikasikan sebagai risiko sedang hingga tinggi untuk mengembangkan ulkus dekubitus atau luka baring. Orang yang berisiko tinggi biasanya pasien yang mengalami cedera tulang belakang, penderita diabetes, penderita PPOK atau gagal jantung atau mengalami patah pinggul.

Apakah Kasur Anti Decubitus Bisa Digunakan 24 Jam?

YA, kasur anti decubitus bisa digunakan selama 24 jam, namun untuk menjaga keawetan matras dan pompa bisa di istirahatkan selama satu jam.

Seberapa Sering Udara Kasur Anti Decubitus Naik Turun?

Kasur anti decubitus akan mengembang mengempis untuk beberapa menit secara bergantian, hal itu dimaksudkan untuk membantu mengurangi terjadinya tekanan pada tubuh sekaligus mengoptimalkan kenyamanan pasien

Berapa Maksimum Beban Untuk Kasur Anti Decubitus?

Kasur anti decubitus biasanya mampu menopang berat badan hingga 120kg.

Berapa Dimensi Kasur Anti Decubitus?

Untuk dimensi kasur anti decubitus ini bervariasi (tergantung merk) kisaran 190-200 x 80-90 cm

Berapa Berat Kasur Anti Decubitus?

Untuk dimensi kasur anti decubitus ini bervariasi (tergantung merk) kisaran 1-2 kg

Apakah Kasur Anti Decubitus Tahan Air?

YA, kasur anti decubitus tahan air sehingga mudah dibersihkan

Berapa Daya Listrik Untuk Penggunaan Kasur Anti Decubitus?

Mesin pompa kasur anti decubitus menggunakan daya rumahan yang rendah AC220-240V

Apakah Kasur Anti Decubitus Bisa di Lapisi dengan Seprai?

YA, Seprai bisa diletakan diatas kasur anti decubitus.

Apakah Kasur Anti Decubitus Menghasilkan Panas?

Tidak, kasur anti decubitus tidak dirancang untuk menjadi panas saat mengalirkan udara di dalam. Disarankan agar menggunakan seprai yang pas diatas kasur anti decubitus untuk kenyamanan pasien.

Dimana Meletakan Pompa Kasur Anti Decubitus?

Pompa kasur anti decubitus bisa di letakan di ujung ranjang dengan membuka pengait pada pompa, atau letakanan di lantai atau area yang datar.

Baca artikel lainnya

Seberapa Keras Suara Pompa Kasur Anti Decubitus?

Suara mesin pompa biasanya sangat sunyi, bahkan lebih sunyi dari pada mesin pompa air

Apa Bahan Kasur Anti Decubitus?

Bahan kasur anti decubitus biasanya menggunakan bahan yang aman seperti Vinyl atau bahan PVC medical grade.

Apakah Kasur Anti Decubitus Gampang Bocor?

Kasur anti decubitus bisa bocor karena adanya benda-benda tajam, maka direkomendasikan untuk meletakan seprai diatasnya. Jika tertusuk maka bisa di tambal dengan aksesoris yang di dapat saat membeli produk.

Seberapa Tebal Kasur anti decubitus Saat di Pompa?

Untuk ketebalan kasur anti decubitus ini bervariasi (tergantung merk) kisaran 6-7 cm setelah di pompa.

Apakah Kasur Anti Decubitus Membantu Mencegah Luka Baring?

Ya, Kasur anti decubitus membantu mencegah luka baring, kasur akan menghilangkan tekanan dari area yang rentan sehingga luka tidak berkembang.

Bagaimana Cara Membersihkan Kasur Anti Decubitus?

Untuk membersihkan kasur anti decubitus bersihkan dengan kain basah, dan untuk pompa bisa dibersihkan dengan kain kering/lembut. Jangan rendam kasur dalam air, jangan gunakan pemutih atau produk yang mengandung pemutih.

Apakah Kasur Anti Decubitus Mengembang Sekaligus?

Tidak, Ada dua lubang udara yang berada pada kasur, ini bergantian memompa setiap beberapa menit, sehingga berat badan akan bergeser dengan sendiri dan mengurangi tekanan.

Apakah Ada Lateks Pada Kasur Anti Decubitus?

Tidak, Kasur anti decubitus terbuat dari bahan yang aman dan bebas lateks.

Apakah Kasur Anti Decbubitus Bisa Merosot?

Tidak, kasur anti decubitus memiliki penutup di kedua ujungnya yang diselipkan di bawah kasur untuk membantu menjaga alas kasur tetap di tempatnya.

Bagaimana Jika Kasur Anti Decubitus Saya Bocor?

Jika kasur anti decubitus bocor bisa ditambal dengan aksesoris yang terdapat pada saat Anda membeli produk.

Apakah Kasur Anti Decubitus Harus Di Pompa Sebelum Digunakan?

Ya, kasur anti decubitus harus di pompa dulu sebelum digunakan. Kasur harus mengembang sepenuhnya dan bisa untuk digunakan.

Bolehkan Mesin Dinyalakan Pada Saat Pasien diatas Kasur Anti Decubitus?

Kami tidak menyarankan untuk menyalakan saat pasien diatas kasur pada saat kasur kempes, karena bisa menyebabkan kerusakan produk yang terhalangnya udara yang masuk ke kasur.

Seberapa Besar Tekanan Yang Saya Atur Pada Pompa Kasur Anti Decubitus?

Untuk mengatur tekanan pada pompa itu sesuai kebutuhan, jika bobot pasien tinggi bisa gunakan tekanan yang lebih tinggi.