Memiliki berat badan ideal adalah impian hampir semua orang, tidak jarang banyak yang melakukan segala cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal menurut versinya masing-masing, dari mulai melakukan diet tanpa makan karbohidrat, diet tanpa makan daging-dagiangan, diet tanpa makan makanan yang berasa, sampai diet dengan meminum obat obatan dan masih banyak lagi. Semua orang tentu berhak melakukan apapun atas tubuhnya sendiri, namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua metode diet cocok dengan tubuh kita, sehingga bukannya mendapatkan tubuh ideal yang kita ingingkan justru tubuh akan mengalami kondisi kesehatan yang menurun.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan diet adalah tujuan dari diet tersebut. Diet bukan hanya mengurangi porsi makanan yang kita konsumsi melainkan memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh agar diet dapat menghasilkan target berat badan yang diinginkan dan juga tanpa menurunkan konsdisi kesehatan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan tubuh ideal salah satunya adalah dengan cara mengukur atau memonitor komposisi tubuh.

Selain mengukur berat badan, monitor komposisi tubuh atau timbangan kadar lemak dapat mengukur metrik tubuh yang berbeda bergantung pada modelnya. Hal paling umum yang dapat diukur oleh timbangan ini meliputi:

1. Persentase Lemak Tubuh

Tubuh manusia terdiri cairan sekitar 60% dan sisanya 40% adalah zat padat penyusun tubuh manusia seperti protein, lemak, mineral, karbohidrat, material organik dan non organik. Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan dengan gizi yang tidak seimbang dapat mengakibatkan tubuh menampung banyak kalori. Jarang beraktivitas atau berolahraga menyebabkan metabolisme tubuh menurun, sehingga lemak yang seharusnya tebakar untuk menjadi energi justru tertimbun dengan jumlah yang berlebihan didalam tubuh.

Lemak tidaklah semuanya buruk, lemak merupakan komponen yang penting dari dinding sel, insulin vital dan sistem syaraf. Lemak memiliki beberapa manfaat diantaranya, dapat menjadi bahan bakar yang paling tepat saat melakukan aktivitas fisik, melarutkan vitamin sehingga dapat diserap oleh tubuh dan memperlama rasa kenyang. Lemak dapat menjadi masalah jika kadarnya sudah berlebihan didalam tubuh, berikut adalah presentase kadar lemak bagi tubuh manusia:


StatusPriaWanita
Rendah <13% <24%
Normal 8-25% 21-36%
Tinggi 19-30% 33-42%
Obesitas > 25% > 39%
review rossmax wf 260 body fat monitor

2. Indeks Massa Tubuh

Indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) merupakan angka yang digunkanan untuk memperkirakan jumlah lemak tubuh dengan menggunakan pengukuran melalui perbandingan berat dan tinggi badan. Dengan melakukan perhitungan ini Anda dapat memperkirakan apakah berat badan tergolong normal atau tidak.

IMT dapat dihitung dengan rumus sederhana sebagai berikut:
IMT = Berat Badan (kg) / (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m))

Contoh:
Berat Badan = 65 kg
Tinggi Badan = 1.70 m

IMT = 65 / (1.70 x 1.70) = 22.49


Setelah menghitung IMT, Anda dapat menginterpretasikan hasilnya berdasarkan kategori IMT yang umumnya digunakan. Berikut adalah kategori umum IMT:


tingkat lemak visceral

3. Persentase Rangka Otot

Otot terbagi menjadi dua jenis, yaitu otot pada organ dalam, seperti jantung dan otot rangka yang melekat pada tulang yang mana digunakan untuk menggerakkan tubuh. Otot rangka dapat ditingkatkan melalui olahraga dan aktivitas lainnya. Dengan meningkatkan rasio otot rangka, tubuh dapat membakar energi dengan lebih mudah, yang berarti kecil kemungkinannya untuk berubah menjadi lemak dan membuat seseorang lebih mudah untuk menjalani gaya hidup yang energik.

4. Metabolisme Istirahat

Terlepas dari tingkat aktivitas seseorang, tingkat asupan kalori minimum diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh sehari-hari. Dikenal sebagai resting metabolism (metabolisme istirahat), metabolisme ini dapat menunjukkan seberapa banyak kalori yang perlu Anda konsumsi untuk menyediakan energi yang cukup bagi tubuh untuk berfungsi.

5. Massa Tulang

Masa tulang (bone mass) merupakan total tulang rangka dalam tubuh. Rata-rata kandungan tulang pada orang dewasa adalah 3-5%. Pengukuran ini baik untuk dipantau dalam jangka waktu yang lama karena massa tulang dapat menurun secara perlahan seiring bertambahnya usia.

Baca artikel lainnya

6. Usia Tubuh

Usia tubuh (body age) didasarkan pada resting metabolism Anda. Usia tubuh dihitung dengan menggunakan berat badan, persentase lemak tubuh, dan persentase otot rangka untuk menghasilkan panduan untuk menilai apakah usia tubuh Anda berada di atas atau di bawah rata-rata usia Anda yang sebenarnya. Mengetahui usia tubuh berguna untuk meningkatkan kondisi kesehatan Anda.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas salah satu alat yang dapat mengukur atau memonitor komposisi tubuh dari Rossmax dengan tipe WF-260. Berbeda dengan timbangan pada umumnya yang hanya dapat mengukur berat badan saja namun alat ini dapat mengukur komposisi tubuh seperti Lemak Tubuh, BMI (Body Mass Index), Kalori, Hidrasi, Massa Tulang dan juga Rangka Otot.


review rossmax wf 260 body fat monitor

Rossmax WF-260 Body Fat Monitor

Rossmax WF260 Body Fat Monitor untuk manajemen berat badan yang ideal. Dilengkapi dengan teknologi 4 sensor yang memungkinkan pengukuran berat badan yang lebih akurat dan analisa komposisi tubuh secara keseluruhan. Selain dapat mengukur berat badan timbangan ini juga dapat mengukur komposisi tubuh seperti lemak tubuh, BMI, kalori, hidras, massa tulang dan rangkat otot.

Detail Produk

  • Layar LCD backlight atau menyala
  • Memiliki tombol sensor sentuh
  • Pengukuran berat badan maks. 180 kg
  • Pengukuran lemak tubuh
  • Pengukuran BMI (body mass index)
  • Pengukuran BMR (basal metabolic rate)
  • Pengukuran rangka otot
  • Pengukuran massa tulang
  • Pengukuran hidrasi tubuh
  • Memori untuk 10 pengguna
  • Timbangan mati otomatis ketika tidak digunakan
  • Dimensi produk 300x300x24.4 mm
  • Menggunakan baterai AAA 3x
review rossmax wf 260 body fat monitor

Cara Menggunakan Timbangan Rossmax WF-260

  1. Nyalakan alat, tekan tombol “SET” pada timbangan
  2. Masukkan data personal anda dengan cara menekan tombol panah atas atau bawah untuk memilih data
  3. Setelah memasukkan data akan muncul tampilan “0,0 kg”. Berarti alat sudah bisa digunakan
  4. Naik tanpa menggunakan alas kaki keatas timbangan, dan disarankan untuk berdiri pada bagian elektroda yang terdapat pada permukaan timbangan.
  5. Berdiri beberapa saat untuk pengukuran berat bedan, kemudian analisis akan mulai berjalan, indikasi “0000” akan muncul.
  6. Setelah beberapa detik hasil pengukuran akan muncul, yaitu Lemak tubuh (%), Massa Otot (%), Massa Tulang (kg), Hidrasi Tubuh (%), BMR dan BMI.

Untuk panduan visualnya, silakan ikuti langkah-langkah pada video dibawah ini.

Tips Menghilangkan Lemak Menumpuk di Dalam Tubuh

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai lemak, sudah seharusnya kita mulai memperhatikan kesehatan tubuh kita dengan salah satu cara yaitu mengontrol lemak dalam tubuh. Berikut adalah beberapa Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi lemak yang menumpuk didalam tubuh:

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat
  2. Rajin Berolahraga
  3. Konsumsi Air Putih yang Cukup
  4. Latihan Otot
  5. Kurangin Makanan yang mengandung banyak Kalori
  6. Tidur yang cukup

Dengan memiliki alat Body Fat Monitor atau timbangan komposisi tubuh dari Rossmax WF-260 kita sekarang bisa mengontrol presentase lemak di dalam tubuh kita. Bukan hanya itu, timbangan ini memiliki berbagai macam fitur seperti pengukur BMI (Body Mass Index), Kalori, Hidras, Massa Tulang dan juga Rangka Otot. Alat ini dapat memudahkan kita untuk melihat target berat badan dan juga komposisi tubuh yang ingin kita inginkan. Di toko Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original dan dapat dikirim ke penjuru nusantara dengan jasa pengiriman yang terpercaya.