Glukosa adalah sejenis gula yang digunakan sel Anda untuk energi, tubuh Anda memproses dari makanan yang Anda makan dan mengirimkannya ke sel-sel Anda melalui darah Anda. Tingkat "gula darah" atau berapa banyak glukosa dalam darah Anda biasanya diukur dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL).

Kadar glukosa dalam aliran darah Anda biasanya diatur oleh tubuh Anda dan insulin yang dibuatnya. Insulin memindahkan glukosa ke dalam sel saat membutuhkannya dan menyimpan sisanya untuk digunakan nanti. Ketika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak membuat insulin atau cukup untuk memindahkan gula ke dalam sel Anda, atau ada lebih banyak gula dalam darah Anda daripada yang dapat diproses oleh tubuh Anda. Hal ini menyebabkan keadaan yang disebut hiperglikemia, atau gula darah tinggi.

Nah untuk kisaran kadar gula darah normal pada tubuh sesorang ada perbedaan jumlah untuk kadar gula darahnya. Jika sebelum makan atau setelah puasa selama setidaknya 8 jam yaitu kisaran 70-100 mg/dL, lalu sebelum tidur atau 2 jam setelah makan yaitu kurang dari 140 mg/dL. Sedangkan untuk pemeriksaan gula darah sewaktu (bisa dilakukan kapan saja) yaitu kurang dari 200 mg/dL.

Adapun gejala atau ciri-ciri gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

  • Rasa haus atau lapar yang berlebihan
  • Penglihatan kabur
  • Kelelahan
  • Meningkatnya buang air kecil
  • Sakit kepala

Jika Anda segera mengatasi kadar gula darah Anda, gejala-gejala ini akan mereda. Tetapi kadar gula darah yang tetap tinggi untuk sebagian besar waktu, atau terkadang menjadi sangat tinggi dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah Dengan Benar

Glukometer atau alat cek gula darah adalah perangkat portabel kecil yang memungkinkan Anda untuk memeriksa kadar gula darah (kadar glukosa) di rumah. Apa pun jenis diabetes yang Anda miliki, glukometer dapat memberi Anda informasi berharga tentang kadar gula. Perangkat ini dapat memberi tahu Anda dalam hitungan detik apakah kadar gula darah Anda terlalu rendah, terlalu tinggi, atau tepat sasaran. Pemantauan yang dilakukan secara rutin membantu Anda mengelola diabetes Anda, tetapi penting juga untuk menggunakan glukometer atau alat cek gula darah dengan cara yang benar.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan alat cek darah, lalu siapa yang harus menggunakannya dan apa saja perlengkapan yang di butuhkan sebelum menggunakan alat cek darah.

Siapa yang Harus Menggunakan Alat Cek Gula Darah

Anda mungkin perlu menggunakan glukometer atau alat ceck gula darah secara teratur jika Anda memiliki kondisi seperti:

  • Diabetes tipe 1
  • Diabetes tipe 2
  • Diabetes LADA (tipe 1,5)
  • Diabetes gestasional

Kapan Harus Menggunakan Alat Cek Gula Darah

Diabetes Tipe 1

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas, Ini membantu sel-sel Anda menggunakan glukosa dalam darah Anda. Pada diabetes tipe 1, pankreas berhenti membuat insulin atau membuat sangat sedikit. Hal ini memantau kadar gula darah menjadi penting. Pemantauan kadar gula darah ini membantu memastikan Anda memiliki cukup insulin untuk menjaga kadar gula darah Anda stabil. Jika Anda menderita diabetes tipe 1, Anda mungkin perlu menguji kadar glukosa Anda empat hingga 10 kali per hari.

Anda dapat menguji kadar gula darah:

  • Setelah dan sebelum makan
  • Sebelum dan sesudah berolahraga
  • Pada malam hari sebelum tidur

Namun hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang, terutama penderita diabetes yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Baca artikel lainnya

Diabetes Tipe 2 dan Gestasional

Pada diabetes tipe 2 dan gestasional tubuh Anda masih memproduksi insulin, tetapi tidak menggunakannya secara efisien. Ini disebut resistensi insulin dan itu membuat kadar gula darah naik. Jika Anda salah satu dari kondisi ini, Anda mungkin hanya perlu menguji dua hingga empat kali per hari. Anda dapat menguji lebih sering, terutama ketika diagnosis Anda baru dan level Anda belum stabil.

Anda dapat menguji kadar gula darah:

  • Di pagi hari dan sebelum tidur
  • Setiap sebelum makan dan sebelum tidur
  • Sebelum dan dua jam setelah makan dan sebelum tidur

Sebagian, ini tergantung pada apakah Anda menggunakan insulin atau menggunakan obat lain. Jika Anda mengelola diabetes Anda dengan obat non-insulin dan mengetahui pola khas Anda, Anda mungkin tidak perlu melakukan tes setiap hari

Perlengkapan Sebelum Menggunakan

Sebelum Anda menggunakan alat cek gula darah, pastikan Anda memiliki semua persediaan yang diperlukan seperti:

  • Alkohol swab atau sabun dan air
  • Pen lancet
  • lancet (jarum) steril untuk mengambil darah
  • Strip test gula darah
  • Glukometer ( alat cek darah)

Anda harus menggunakan strip tes gula darah sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Selain itu, lancet atau jarum harus steril dan memiliki desain yang tepat untuk pen lancet Anda.

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah Dengan Benar

Ini adalah petunjuk umum cara menggunakan alat cek gula darah dan mungkin tidak sama untuk semua model glukometer. Ada banyak perangkat glukometer dipasaran, selalu ikuti pedoman buku petunjuk penggunaan pada perangkat Anda, penggunaan alat cek gula darah pada artikel ini hanya sebagai referensi.

Berikuti ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menggunakan alat cek gula darah dengan benar.

Sebelum Memulai

Siapkan alat-alat yang Anda butuhkan dan sebelum mengambil sampel darah

  • Cuci tangan Anda atau bersihkan dengan alkohol swab. Ini membantu mencegah infeksi dan menghilangkan sisa makanan yang mungkin akan mengubah hasil pengukuran.
  • Biarkan kulit benar-benar kering. Kelembaban dapat mengencerkan sampel darah yang diambil dari jari. Jangan meniup kulit Anda untuk mengeringkannya, karena dapat menyebabkan kuman.

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah

  1. Hidupkan alat cek gula darah
  2. Masukkan strip ke alat cek gula darah
  3. Masukkan lancet atau jarum kedalam pen lancet
  4. Gunakan pen lancet untuk menusuk sisi jari Anda. Tusuk ujung jari Anda di antara bagian bawah kuku hingga ujung kuku Anda
  5. Tekan atau remas jari Anda sampai menghasilkan sampel darah yang cukup
  6. Tempatkan sampel darah di strip
  7. Tunggu beberapa saat hingga perangkat menampilkan hasil pengukuran
  8. Gunakan alkohol swab untuk mengeringkan jari dan menghentikan pendarahan
  9. Strip dapat dilepas menggunakan tombol push/ejector pada alat (jika ada)

Menyimpan Hasil Pengukuran

Menyimpan hasil pengukuran memudahkan Anda dan penyedia layanan kesehatan untuk membuat rencana perawatan, Anda menyimpan hasil pengukuran di atas kertas, smartphone, atau pada alat glukometer yang memiliki memori penyimpanan. Ikuti saran dari dokter apa yang harus dilakukan berdasarkan pembacaan gula darah Anda. Mungkin termasuk menggunakan insulin untuk menurunkan level Anda atau makan karbohidrat untuk menaikkannya.

Glukometer membantu memantau kadar gula darah bagi orang-orang memiliki kondisi diabetes tipe 1, 2, LADA, dan diabetes gestasional. Dokter atau layanan kesehatan dapat memberi tahu Anda seberapa sering untuk memantau kadar gula darah dan apa rentang target Anda. Selalu gunakan alat cek gula darah Anda seperti yang diarahkan pada buku manual. Jika Anda memerlukan bantuan, konsultasikan dengan dokter atau tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda.


Sumber Referensi>
https://www.verywellhealth.com/blood-glucose-test-strips-levels-and-process-5211802
https://www.verywellhealth.com/how-to-use-a-glucometer-1087304
https://www.alodokter.com/berapa-kadar-gula-darah-normal-pada-tubuh