Lipid merupakan senyawa penting dalam tubuh karena memiliki banyak fungsi yaitu membantu mengatur hormon, mengirimkan impuls saraf, melindungi organ, dan menyimpan energi dalam bentuk lemak ditubuh. Tiga jenis lipid utama didalam tubuh adalah fosfolipid, sterol (termasuk berbagai jenis kolesterol), dan trigliserida (95% berasal dari makanan). Lipid dapat ditemukan dengan jumlah tinggi itu pada makanan yang digoreng, lemak hewani, dan produk susu seperti krim, mentega, dan keju.

Meskipun lipid penting bagi bagi kesehatan, mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penyakit bagi kesehatan. Oleh karena itu, mengetahui jumlah lipid yang ada pada tubuh adalah hal penting untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Terlalu banyak lipid didalam darah dapat menyebabkan penumpukan di pembuluh darah yang dapat meningkatkan risiko kardiovaskular.

Apa itu Profil Lipid? Bagaimana Cara Mengukurnya?

Jumlah lipid dalam tubuh dapat diketahui menggunakan test bernama panel lipid atau Profil Lipid. Profil Lipid merupakan tes dalam darah yang berfungsi untuk mengukur kadar lemak dalam darah baik lemak kolesterol maupun trigliserida. Biasanya panel lipid ini dapat mengukur 4 jenis lipid yang berbeda dari sampel darah yaitu total kolesterol, LDL, HDL, dan trigliserida. Untuk mengetahui penjelasannya simak dibawah ini:

Tes Profil Lipid

Profil Lipid atau lipid panel dapat mengukur empat jenis lipid yang berbeda dari sampel darah. Sampel darah tersebut diambil secara langsung lalu dimasukan kedalam alat khusus. Tes Profil Lipid yang dihasilkan yaitu sebagai berikut:

  1. Total Kolesterol: Merupakan tingkat kolesterol secara keseluruhan yaitu HDL dan LDL
  2. LDL (Low-Density Lipoprotein): Merupakan kolesterol jahat yang terkumpul di pembuluh darah dan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular
  3. HDL (High-density lipoprotein): Merupakan kolesterol yang dikenal dengan kolesterol baik karena mampu mengurangi penumpukan LDL di pembuluh darah
  4. Trigliserida: Lemak jenis ini berasal dari makanan yang dikonsumsi. Jumlah trigliserida yang berlebih didalam darah dapat berhubungan dengan penyakit kardiovaskular
Apa itu Profil Lipid? Bagaimana Cara Mengukurnya?

Profil Lipid ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan seseorang terutama kardiovaskular dengan menganalisis lipid di dalam darah dan membantu mendiagnosis kondisi kesehatan lainnya. Misalnya tes rutin untuk mengetahui apakah kadar kolesterol termasuk normal atau tinggi. Selain itu, tes ini juga dapat digunakan untuk memantau kadar hasil kolesterol dengan sebelumnya jika mendapatkan hasil yang tidak normal maka dapat menjadi indikator penyakit khususnya kardiovaskular. Selain itu, Profil Lipid juga dapat membantu dalam mendiagnosis penyakit lain, seperti hati serta dapat mengetahui respon tubuh terhadap pengobatan.

Profil Lipid ini harus dilakukan bagi orang yang memiliki satu atau lebih faktor risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, yang harus melakukan tes Profil Lipid adalah laki-laki berusia lebih dari 45 tahun, perempuan berusia lebih dari 50 tahun, hasil tes kolesterol tinggi, merokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, tekanan darah tinggi, dan memiliki penyakit diabetes.

Anak-anak juga memiliki resiko kolesterol tinggi sehingga perlu dilakukan tes Profil Lipid. Kadar kolesterol pada anak-anak dapat disebabkan oleh faktor keturunan, pola makan, dan obesitas.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

Persiapan Tes Profil Lipid

Sebelum mengambil sampel darah harus melakukan puasa selama 10-12 jam, tidak boleh makan tetapi boleh minum air, untuk hasil yang lebih akurat. Namun, ada beberapa kasus tidak mengharuskan puasa terlebih dahulu, sesuai yang disarankan oleh ahli kesehatan ataupun dokter.

Tes Profil Lipid Dilakukan dengan menggunakan sampel darah lalu kemudian diukur menggunakan alat baik dilakukan di laboratorium dengan bantuan alat medis atau dengan cara mengecek sendiri dirumah menggunakan alat Lipid Pro Meter atau alat ukur profil lipid. Alat tersebut dapat dibeli di Galer1 Med1ka.

Hasil Pengukuran Profil Lipid

Kadar lipid hasil tes Profil Lipid diukur dengan satuan miligram per desiliter (mg/dl). Nilai normal untuk berbagai tes adalah sebagai berikut:

  • Kolesterol Total: > 200 mg/dl
  • Kolesterol HDL: > 60 mg/dl
  • Kolesterol LDL: < 100 mg/dl
  • Trigliserida: < 150 mg/dl
Apa itu Profil Lipid? Bagaimana Cara Mengukurnya?

Jika ketika tes kamu memiliki nilai yang berbeda maka dapat menentukan apakah memiliki resiko terhadap masalah kardiovaskular. Jika hasilnya lebih tinggi dari batas normal, maka memiliki resiko terhadap masalah kesehatan. Hasil tes ini mungkin memiliki nilai yang tidak akurat jika tidak puasa terlebih dahulu, mengkonsumsi obat sebelum tes, dan sedang dalam tekanan (stres).

Jika hasil dari tes memiliki kolesterol yang tinggi, maka harus dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dan membantu menurunkan agar dibatas normal. Perubahan gaya hidup merupakan salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menurunkan kadar lipid. Namun, jika terlalu tinggi biasanya dokter akan merekomendasikan obat-obatan seperti statin, resins, fibrat, dan niacin.

Tips Untuk Menurunkan Profil Lipid

Mengubah gaya hidup merupakan hal yang paling mudah dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol atau trigliserida dalam tubuh. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut

• Menjaga berat badan: Jaga berat badan agar tidak kelebihan berat badan
• Olahraga secara teratur
• Perhatikan tingkat stres
• Kurangi makanan yang beresiko meningkatkan kolesterol
• Konsumsi lebih banyak ikan dan makanan tinggi omega 3
• Konsumsi Serat lebih banyak
• Kurangi konsumsi alkohol
• Hindari merokok

Profil Lipid merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kadar lemak di dalam tubuh baik lemak kolesterol ataupun lemak trigliserida. Hasil Profil Lipid dapat membantu dalam menentukan risiko penyakit jantung, mendiagnosa penyakit lain, dan memantau pengobatan untuk kolesterol tinggi. Tes Profil lipid dapat dilakukan secara mandiri menggunakan alat lipid pro meter yang dapat dibeli di toko Galeri Medika. Selain lipid pro meter Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh penjuru Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/17176-lipid-panel
https://www.metropolisindia.com/blog/preventive-healthcare/lipid-profile-test-what-it-is-purpose-preparation-results
https://www.healthline.com/health/normal-lipid-panel#summary