Ketika mendengar kata Kolesterol biasanya langsung berpikir bahwa merupakan suatu penyakit yang membahayakan. Namun, kolesterol bukanlah sebuah penyakit melainkan suatu hasil dari metabolisme tubuh terhadap lemak yang kita makan. Kolesterol sendiri diproduksi dalam tubuh yaitu pada organ hati. Kolesterol dibutuhkan untuk membentuk otak, membangunsel-sel, memproduksi empedu, dan memproduksi hormon didalam tubuh. Kolesterol yang diproduksi pada organ hati sekitar 70% dan sisanya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Kolesterol hanya terdapat pada makanan asal hewan seperti daging, susu, keju, jeroan, udang, dan kerang.

Kolesterol merupakan unsur penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur proses kimiawi di dalam tubuh. Namun, apabila kolesterol sudah melewati batas normal maka dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan terutama dalam jangka panjang. Terdapat dua jenis Kolesterol yaitu Kolesterol High-Density-Lipoprotein (HDL) dan Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL).

Kolesterol HDL biasa juga disebut dengan kolesterol baik. Jumlah HDL kurang dari 60 mg/dL maka dianggap buruk. Sedangkan LDL merupakan kolesterol jahat dan dianggap tinggi jika terdapat 130-159 mg/dL dan sangat tinggi diatas 160 mg/dL didalam tubuh. Batas tinggi kolesterol yaitu 200-239 mg/dL dan sangat tinggi jika diatas 240 mg/dL.

7 Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Kolesterol

Kadar LDL yang tinggi merupakan sebuah pertanda buruk bagi kesehatan. Penumpukan LDL pada dinding pembuluh darah dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah dan dapat menyumbat aliran darah sehingga berakibat fatal terhadap kesehatan. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingginya kolesterol dalam tubuh antara lain adalah usia, obesitas, minum alkohol, merokok, dan pola makan. Pola makan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap jumlah kolesterol didalam tubuh. Berikut merupakan Makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi.

Makanan yang Harus dihindari Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan sederhana yang memiliki nutrisi sangat tinggi di dalamnya. Sayangnya, telur mengandung kolesterol yang tinggi, yaitu dalam satu butir telur mengandung kolesterol 185-200 mg kolesterol. Sebagian besar kolesterol berasal dari kuning telur, sedangkan bagian putih telur lebih rendah kolesterol.

Sedikit informasi, telur puyuh yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam ternyata memiliki kandungan kolesterol dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam biasa.

2. Udang

Diantara makanan laut yang perlu diwaspadai bagi pengidap kolesterol tinggi yaitu Udang. Udang memiliki kandungan kolesterol yaitu 152 mg per 100 gram. Dengan kandungan kolesterol yang cukup tinggi di dalam udang maka konsumsi udang dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Jeroan dan Kulit

Penderita kolesterol tinggi harus menghindari konsumsi jeroan ayam atau sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan lainnya. Dalam 100 gram jeroan, mengandung 200 mg kolesterol. Hal tersebut karena jeroan bisa meningkatkan kolesterol jahat didalam darah. Selain jeroan, kulit ayam, kulit sapi, atau kikil juga mengandung tinggi lemak jenuh. Untuk mengantisipasi kenaikan kolesterol, maka lebih baik konsumsi daging rendah lemak dan tidak disajikan dengan jeroan serta kulitnya.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya dijadikan pilihan bagi orang yang tidak memiliki waktu atau hanya sekedar pilihan ketika bosan dengan makanan rumah. Makanan cepat saji mengandung rendah nutrisi dan kaya akan lemak trans. Makanan cepat saji mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karena itu, bagi pengidap tinggi kolesterol lebih baik untuk menghindari makanan cepat saji.

5. Gorengan

Gorengan atau makanan yang digoreng merupakan hal yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi. Selain tinggi kolesterol, gorengan juga memiliki tinggi kalori. Terlebih lagi apabila makanan tersebut digoreng menggunakan minyak sayur atau margarin akan lebih berbahaya karena kedua bahan tersebut mengandung lemak trans yang bisa memicu penyakit jantung.

7 Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Kolesterol

6. Daging Olahan

Daging olahan yang dimaksud adalah daging kemasan yang telah diproses dengan cara diawetkan, di asap, diganti, atau ditambahkan bahan lain yang bertujuan untuk meningkatkan cita rasa atau agar lebih awet. Beberapa daging hasil olahan seperti sosis, kornet, ham, dan lainnya. Daging olahan tersebut biasanya mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga tidak baik bagi penderita kolesterol tinggi.

7. Produk Susu

Lemak yang terkandung dalam produk susu merupakan lemak jenuh yang berdampak buruk pada kolesterol. Lemak jenuh yang ada pada produk susu antara lain asam laurat dan asam miristat. Kedua lemak jenuh tersebut berpotensi meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Salah satu produk susu yang tinggi kolesterol adalah keju. Dalam 100 gram keju terdapat sekitar 95 mg kolesterol.

Selain makanan yang sudah disebutkan diatas, pola hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga, terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol, merokok, konsumsi sarden kaleng berlebihan, makan makanan penutup yang manis, dan memiliki penyakit tertentu juga bisa menjadi faktor dalam meningkatnya kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit kesehatan. Baca artikel berikut untuk mengetahui bahaya kolesterol tinggi penyebab berbagai penyakit.

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

Kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit, Oleh karena itu sangat diperlukan agar selalu menjaga kadar kolesterol untuk berada dalam kisaran normal sehingga mengurangi resiko berbagai penyakit. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

  • Menerapkan pola makan sehat
    Membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan menghindari konsumsi minuman beralkohol merupakan usaha dalam pola makan sehat. Konsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, pisang, oat,susu kedelai, wortel, dan lobak merupakan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Rutin berolahraga
    Olahraga secara teratur dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit setiap harinya. Tidak hanya tubuh sehat, berolahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
  • Menghentikan Kebiasaan Merokok
    Merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. Hal tersebut terjadi karena zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menghambat perjalanan kolesterol menuju hati untuk proses penyaringan. Akibatnya, kolesterol menumpuk di pembuluh darah.
  • Memperbanyak Konsumsi Serat
    Makanan tinggi serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Serat memiliki manfaat untuk mengikat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. Oleh karena itu, kolesterol dalam darah pun akan menurun.
  • Melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin
    Mengontrol kadar kolesterol secara rutin merupakan salah satu upaya dalam mencegah peningkatan kadar kolesterol yang tidak disadari. Pemeriksaan kolesterol dapat dilakukan dirumah secara mandiri menggunakan alat cek kolesterol.

Baca artikel lainnya

Nah, itulah pembahasan mengenai kolesterol. Banyak hal yang harus diperhatikan agar menjaga kolesterol tetap normal. Hindari makanan yang dapat menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol didalam tubuh. Menjaga kolesterol dalam batasan normal dapat mengurangi resiko terkena penyakit yang membahayakan kesehatan. Kontrol kadar kolesterol secara rutin baik mandiri maupun ke ahli kesehatan. Mengontrol kadar kolesterol secara mandiri dapat menggunakan alat cek kolesterol. Alat cek kolesterol dapat ditemukan di toko alat kesehatan baik secara Online maupun offline. Salah satu toko alat kesehatan yang menyediakan Alat cek kolesterol yaitu Galeri Medika. Selain alat cek kolesterol, Galeri Medika juga menyediakan alat kesehatan lainnya yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh penjuru Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1042/837
https://www.tokopedia.com/blog/makanan-penyebab-kolesterol-hlt/?utm_source=google&utm_medium=organic
https://www.halodoc.com/artikel/8-makanan-yang-menjadi-pantangan-orang-dengan-kolesterol-tinggi
https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/bagaimana-cara-mencegah-kolesterol-tinggi