Mengurangi lemak pada perut adalah tujuan kebugaran yang paling umum bagi kebanyakan orang. Kelebihan lemak di sekitar tubuh seperti pinggang, lengan dan perut dapat mempengaruhi penampilan seseorang tetapi juga dapa menyebabkan berbagai risiko kesehatan seperti peningkatan penyakit kardiovaskular (sakit jantung), diabetes tipe 2 hingga gangguan metabolisme. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat terdapat minat yang besar untuk menemukan metode efektif untuk mengurangi lemak di perut dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Melakukan aktivitas olahraga setiap minggu dapat menghindarkan seseorang dari risiko penyakit jantung, diabetes, dan masih banyak lagi. Hal ini juga dapat membantu Anda mengelola kondisi dengan lebih baik. Salah satu latihan terbaik untuk rutinitas olahraga yang perlu Anda coba salah satunya gerakan plank. Apa itu latihan gerakan plank? dan apa saja manfaat dari gerakan ini? Kita simak ulasan pada artikel ini.

Apa Itu Latihan Gerakan Plank?

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga terbaik untuk memperkuat otot tubuh, terutama otot-otot perut serta bagian inti tubuh. Gerakan plank kurang lebih sama seperti gerakan push-up namun bedanya gerakan plank menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan serta badan tetap berada dalam posisi lurus dan ditahan selama kurun waktu tertentu.

Gerakan-gerakan ini memperkuat pinggul, punggung bawah dan perut serta meningkatkan keseimbangan tubuh Anda. Selain untuk latihan pribadi, gerakan ini juga digunakan dalam yoga, oleh petinju profesional dan olahraga seperti hoki, kriket, dan sepak bola.
Waktu terbaik untuk melakukan latihan gerakan plank adalah malam hari sebelum tidur karena bisa mengecilkan bagian perut dan melenturkan otot-otot inti. Namun, plank juga bisa dilakukan pada pagi hari untuk melepaskan ketegangan dan membuat saraf dalam tubuh lebih rileks.

Penyebab Munculnya Lemak Perut

Lemak perut atau bisa juga dikenal sebagai lemak visceral, mengacu pada lemak yang disimpan pada rongga perut di sekitar organ. Terdapat dua jenis utama lemak perut yaitu lemak subkutan dan visceral. Lemak subkutan merupakan lemak yang terletak dibawah kulit dan dapat dilihat serta di cubit. Sedangkan lemak visceral yaitu lemak yang terletak mengelilingi organ pada rongga perut seperti usus, lambung dan hati.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penumpukan lemak pada perut antara lain:

  • Konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Konsumsi makanan cepat saji atau junk food
  • Gaya hidup tidak sehat dan kurang berolahraga
  • Pola makan rendah protein
  • Pengaruh usia (menopause)
  • Kurang waktu tidur
  • Genetik
  • Stres
manfaat latihan gerakan plank

Manfaat Latihan Gerakan Plank

Otot inti tubuh yang kuat lebih dari sekadar perut sixpack. Kita menggunakan otot inti secara tidak sadar untuk beberapa tindakan dalam sehari mulai dari membungkuk, mengangkat beban, untuk keseimbangan dan bahkan mengatur pernapasan. Otot inti tubuh yang melemah dapat menyebabkan cedera serius jika diabaikan. Dengan melakukan gerakan plank yang tepat dapat membantu menargetkan otot inti dan memberikan pembakaran kalori yang baik untuk membangun kekuatan otot.

Jumlah kalori yang akan dibakar pada saat latihan gerakan plank tergantung pada berapa menit Anda melakukan gerakan plank setiap hari. Misalnya, seseorang dengan berat 65kg akan membakar 3 kalori setiap menit saat melakukan plank. Selain membakar kalori melakukan plank secara rutin bisa bermanfaat untuk mengatur pernapasan dan fokus.

Inilah manfaat yang dapat diperoleh tubuh pada saat latihan gerakan plank.

  1. Meningkatkan Kekuatan dan Stabilitas Otot Inti: Melakukan gerakan plank dapat mengembangkan kekuatan dan stabilitas otot inti. Otot inti yang kuat sangat penting untuk postur tubuh yang tepat, keseimbangan dan gerakan fungsional secara keseluruhan.
  2. Memperbaiki Postur Tubuh: Melakukan latihan plank dapat meningkatkan keselarasan dan melatih otot-otot untuk menjaga postur tubuh yang baik. Dengan melakukan secara rutin dapat membantu meringankan sakit punggung dan meningkatkan kesehatan tulang belakang.
  3. Meningkatkan Kekuatan Seluruh Tubuh: Gerakan plank tidak hanya menargetkan otot inti tetapi juga melatih otot di bahu, lengan, dan kaki. Dengan melibatkan seluruh tubuh dapat membantu pada pengembangan kekuatan secara keseluruhan.
  4. Meningkatkan Fleksibilitas: Gerakan plank dapat membantu meningkatkan kelenturan terutama pada otot belakang dan sendi tulang belakang dengan cara meregangkan dan memanjangkan otot-otot di sepanjang bagian belakang tubuh.
  5. Mencegah Terjadinya Cedera: Dengan rutin melakukan gerakan plank dapat meningkatkan otot inti lebih kuat dan stabil. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya cedera terutama di punggung dan pinggul, dengan memberikan dukungan dan stabilitas yang lebih baik selama bergerak dan beraktivitas sehari-hari.
  6. Membentuk Otot: Selain melatih otot perut dan punggung bawah, rutin olahraga plank juga dapat membentuk otot dada, tricep, bicep, hingga otot kaki.
  7. Latihan dengan Waktu Singkat: Latihan gerakan plank adalah latihan hemat waktu yang dapat dilakukan dalam waktu singkat. Latihan ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas latihan atau dilakukan sebagai latihan mandiri.

Cara Latihan Gerakan Plank yang Benar

Cara mudahnya, gerakan plank dapat dilakukan dengan posisi dua langkah. Pertama Anda bisa berbaring dan angkat perlahan tubuh dengan tangan dan gunakan lengan tangan sebagai tumpuan sementara kaki sambil menjaga punggung tetap lurus. Tubuh Anda harus berada dalam garis lurus dari kepala hingga tumit kaki. Jangan mengerahkan tenaga untuk bergerak ke atas atau ke bawah tetapi cukup tahan gerakan tersebut dengan mengencangkan otot inti. Yang kedua, tahan posisi ini selama 60 detik. Untuk pemula, mulailah dengan beberapa detik dan secara bertahap tingkatkan hingga 60 detik.

Berikut ini kami berikan visual beberapa gerakan plank yang benar bisa Anda coba, simak video dibawah ini

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Sumber>
  • https://www.healthifyme.com/blog/do-planks-reduce-belly-fat-heres-the-answer/
  • https://www.healthline.com/nutrition/12-causes-of-belly-fat-gain
  • https://youtu.be/Z90xpWvuUPs?si=8RsJ5ncMXeEacnqv