Berbagai terapi electrical stimulation atau e-stim dapat digunakan dalam perawatan terapi fisik. Perawatan terapeutik ini dapat mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan, meningkatkan sirkulasi serta membantu otot berkontraksi dengan baik.

Stimulasi listrik sering digunakan untuk menambah program terapi fisik seseorang setelah cedera atau sakit. Terapi ini bukan satu-satunya perawatan yang pasien terima saat menghadiri terapi fisik. Terapi stimulasi listrik memliki berbagai jenis seperti TENS, EMS, IFC, NMES dan lain-lain.

Semua jenis e-stim ini mengacu pada hal dasar yang sama. Yakni, mengalirkan listrik ke tubuh untuk menambah atau mengurangi aktivitas di sistem saraf. Nama yang berbeda berasal dari penerapan arus dengan cara yang berbeda, ke bagian tubuh yang berbeda, atau untuk alasan yang berbeda.

Dari banyak jenis terapi e-stim di pasaran, pada artikel kali ini kami akan membahas dua jenis terapi stimulasi listrik TENS dan NMES. Lalu apa sih fungsi terapai tersebut dan apa saja perbedaannya?

TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation)

TENS atau transcutaneous electrical nerve stimulation merupakan perangkat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit sementara pada otot yang sakit atau untuk meredakan gejala nyeri akut dan kronis. Penggunaannya dengan menggunakan arus listrik yang dihasilkan oleh perangkat untuk merangsang saraf dengan bantuan gel elektro pad.

Perangkat TENS menggunakan sumber daya baterai kecil untuk mengoperasikannya. Perangkat ini menyediakan metode non-invasif, bebas obat untuk mengendalikan penyakit akut terutama sakit keras jangka panjang, ini juga dapat digunakan sebagai perawatan tambahan dalam pengelolaan nyeri traumatis pasca operasi. Dalam perangkat TENS memiliki arus listrik ringan dan ditransmisikan melalui permukaan kulit melalui bantalan elektroda. TENS tidak dapat menyembuhkan kondisi fisiologis yang bermasalah, hal ini hanya membantu mengendalikan rasa sakit.

Kelebihan dan Kekurangan TENS

Sama seperti perawatan dan terapi lainnya, ada pro dan kontra dari mesin TENS yang harus diperhatikan oleh pengguna.

Kelebihan TENS:

  • Pereda nyeri sementara pada otot yang sakit dan pengurangan nyeri kronis
  • Metode non-invasif dan terjangkau
  • Dapat digunakan sendiri dengan perangkat portable
  • Perangkat TENS umumnya ukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana

Kekurangan TENS:

  • Tidak dapat mengobati semua jenis rasa sakit, dan hanya mengurasi rasa sakit sementara
  • Unit dapat menyebabkan kulit mengering atau terbakar
  • Beberapa orang merasa terapi TENS tidak nyaman karena menimbulkan sensasi kesemutan
perbedaan tens dan nmes

NMES (Neuromuscular Electrical Stimulation)

NMES atau neuromuscular electrical stimulation merupakan perangkat untuk merelaksasikan otot, mencegah atrofi otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu juga dapat meningkatkan rentang gerak terutama untuk memelihara ulang sistem neuromuskuler. Pada dasarnya sama dengan perangkat EMS, tetapi perangkat ini berfokus pada penggunaan terapeutik (rehabilitasi). Untuk menggunakan sama saja dengan perangkat TENS.

Kelebihan dan Kekurangan NMES

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari perangkat NMES yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli

Kelebihan NMES:

  • Memperkuat otot, meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan, dan meningkatkan mobilitas
  • Mempercepat penyembuhan yang aman dan cepat
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan hasil pelatihan
  • Pilihan yang terjangkau dan nyaman untuk digunakan dimana saja

Kekurangan NMES:

  • Menurut beberapa penelitian, unit tersebut tidak memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang sudah aktif dan dalam pelatihan
  • Dapat menyebabkan efek samping seperti pusing, kejang otot, sakit kepala, dan ketidaknyamanan

Apa perbedaan antara TENS dan NMES?

Jadi perbedaannya, tearpi TENS dan NMES keduanya merupakan bentuk elektroterapi yang menargetkan saraf kita melalui arus listrik ringan. Tujuan utama TENS adalah untuk menghilangkan rasa sakit, sedangkan NMES digunakan untuk mengobati kelemahan otot.

Untuk memudahkan konsumen dalam memilih perawatan stimulasi listrik, Chattanooga sebagai produsen peralatan rehabilitasi terbesar di dunia untuk mengobati gangguan muskuloskeletal, saraf, dan jaringan lunak. Chattanooga PRIMERA TENS & NMES solusi pereda nyeri all-in-one! perangkat stimulasi listrik multifungsi ini dapat meredakan nyeri otot, nyeri akut dan kronis, serta nyeri otot. Ada begitu banyak program yang bisa dipilih di dalam perangkat kecil ini.

Memiliki berbagai macam program 8 TENS dan 6 Program NMES. Dilengkapi dengan bentuk gelombang HAN TENS, semakin membedakan PRIMERA dari yang dengan lain. PRIMERA menampilkan sirkuit yang telah terbukti dengan kinerja andal selama lebih dari 10 tahun.

chattanooga primera tens and nmes

Chattanooga PRIMERA TENS & NMES

Perangkat dari Chattanooga ini adalah solusi pereda nyeri mesin multi-fungsi untuk nyeri otot, nyeri akut dan kronis. Dilengkapi dengan 8 program TENS dan 6 program NMES, sehingga Anda memiliki banyak pilihan program.

Indikasi

  • Pereda Sakit Otot
  • Pereda Sakit Kronis
  • Pereda Nyeri Akut
  • Meredakan Nyeri

Fitur Produk

  • Dilengkapi 2 channel secara terpisah
  • Jenis arus konstan
  • Dilengkapi dengan indikator baterai rendah
  • Bentuk gelombang: asimetris, persegi panjang bi-phasic dengan arus DC nol
  • Mendeteksi elektroda terbuka
  • TENS dan NMES Amplitudo 0 - 80 mA

Dalam perangkat Chattanooga PRIMERA TENS & NMES memiliki program TENS dan NMES. Program TENS yang dapat mengontrol dan memberikan pereda nyeri sementara untuk nyeri otot, kronis, atau akut. Program ini memberikan stimulasi saraf non-invasif melalui arus listrik kecil.

Sedangkan Program NMES merangsang otot dan mengobati sejumlah kondisi yang berhubungan dengan otot dan saraf. Program ini membantu dalam proses penyembuhan melalui denyut listrik yang menstimulasi kontraksi otot berulang.

Gunakan program TENS dan NMES tergantung pada kondisi yang dirawat. Biasanya timbulnya pereda nyeri dimulai setelah 20-30 menit. Umumnya TENS digunakan lebih lama, mencapai 1,5 jam per sesi. Saat menggunakan Primera untuk meningkatkan kinerja otot, disarankan agar Anda hanya menstimulasi kelompok otot dalam sesi 30 menit, tiga kali per minggu.

perbedaan tens dan nmes

Sebelum membeli perangkat TENS/NMES, Kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan terapis fisik atau dokter terlepas dari apakah Anda tahu TENS atau NMES yang cocok untuk Anda, mintalah saran dari dokter untuk menghindari masalah dan komplikasi, pikirkan baik-baik dan mintalah bantuan dokter.

Sumber>
  • https://myolyn.com/different-types-of-electrical-stimulation-the-name-game/
  • https://recoveraftersurgery.com/tens-vs-nmes-knowing-the-difference/