Runners knee merupakan salah satu penyakit yang membuat nyeri disekitar lutut. Rasa sakit ini sering kali mengganggu dan semakin menjadi setelah berolahraga salah satunya berlari. Penyakit runners knee ini memiliki nama Patellofemoral pain syndrome (PFPS). Namun, kebanyakan orang lebih mengenal dengan sebutan runners knee, karena kebanyakan kasus penyakit ini sering dialami oleh atlet lari.

Runner's Knee merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan salah satu dari beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri di sekitar tempurung lutut. Biasanya kondisi ini muncul akibat terlalu sering menggunakan lutut, teknik berlari yang tidak tepat, ketidakseimbangan otot, dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Knee Support untuk Runner's Knee

Gejala Runner's Knee

Gejala Runner's Knee yang terjadi biasanya merasakan rasa sakit di sekitar area patella terutama dibagian bawah tulang femur akan terasa sangat nyeri terutama saat melakukan aktifitas seperti:

  • Berjalan
  • Naik-turun tangga
  • Jongkok
  • Berlutut
  • Berlari
  • Duduk atau Berdiri
  • Duduk dalam waktu lama dengan lutut ditekuk

Gejala lainnya yang mungkin terjadi adalah adanya pembengkakan pada area lutut serta adanya bunyi pop atau gemeretak di lutut. Sedangkan, untuk penyebab dari Runner's Knee yaitu dapat disebabkan oleh adanya iritasi jaringan lunak atau lapisan lutut, kerusakan atau robeknya kartilago, dan keseleo tendon. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan kondisi Runner's Knee adalah:

  1. Penggunaan lutut yang berlebihan
  2. Trauma pada tempurung lutut
  3. Otot paha yang lemah
  4. Tidak pemanasan sebelum berolahraga
  5. Memiliki kondisi Arthritis
  6. Patah tempurung lutut
  7. Peradangan sendi
Manfaat Menggunakan Knee Support untuk Runner's Knee

Untuk mengurangi rasa sakit dan mendukung kestabilan biasanya akan menggunakan salah satu alat bantu bernama Knee support. Knee support dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengurangi tekanan yang ada pada patella sehingga mengurangi rasa sakit. Selain itu, knee support juga dapat membantu mengontrol pembengkakan dan peradangan sehingga memungkinkan untuk beraktifitas seperti biasa dengan sedikit rasa sakit.

Jenis-jenis Knee Support untuk Runner's Knee

Terdapat beragam Knee Support yang tersedia di pasaran, sehingga untuk pertama kali menggunakan akan bingung harus memilih knee support yang mana. Sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan rekomendasi knee support terbaik sesuai kebutuhan masing-masing individu. Terdapat juga beberapa jenis yang paling umum diantaranya:

1. Patellar Tendon Straps

Knee support ini merupakan sebuah tali yang melingkari lutut tepat dibawah tulang patella yang dirancang untuk memberikan kompresi dan dukungan pada tendon patella sehingga dapat mengurangi tekanan dan nyeri akibat Runner's Knee. Dengan menjaga lutut pada posisi yang benar maka tali-tali ini dapat membantu mengurangi tekanan.

2. Hinged Knee Braces

Memberikan dukungan dan stabilitas pada sendi lutut. Knee support ini cocok digunakan untuk nyeri lutut sedang hingga parah. Beberapa jenis knee support ini dilengkapi dengan tali atau strap besi di kedua sisi lutut untuk penyesuaian dan dapat memungkinkan gerakan lutut sambil tetap memberikan kestabilan yang memadai.

Manfaat Menggunakan Knee Support untuk Runner's Knee

3. Compression Sleeve Braces

Knee support ini merupakan salah satu jenis knee support yang sederhana karena seperti kaos kaki yang memberikan kompresi pada lutut dan sekitar sendi sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Meskipun memberi dukungan yang lebih sedikit dibandingkan dengan dua jenis lainnya, knee support jenis ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan akibat Runner's Knee, serta merupakan knee support yang paling sederhana.

Saat mencari knee support, disarankan untuk mencari produk yang terbuat dari bahan yang menyerap kelembaban sehingga dapat menjaga kulit tetap kering, mengurangi resiko gatal dan iritasi yang dapat memperburuk masalah kesehatan lutut.

Pengobatan Runner's Knee

Meskipun knee support dapat membantu memberikan perlindungan dan kompresi untuk jangka panjang namun, penting juga untuk menangani Runner's Knee ketika mulai muncul, diantaranya pengobatan yang bisa dilakukan adalah:

Manfaat Menggunakan Knee Support untuk Runner's Knee
  • Istirahatkan Lutut: Berhenti sejenak dari olahraga ataupun beraktivitas fisik yang meningkatkan resiko penggunaan lutut berlebih agar lutut sembuh dan pulih dengan baik.
  • Kompres dengan Es: Mengompres dengan es atau kantong dingin pada lutut yang terkena dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan.
  • Terapi Fisik: Seorang fisioterapis akan merancang program latihan yang ditargetkan untuk memperkuat otot-otot disekitar sendi, meningkatkan fleksibilitas, dan memperbaiki ketidakseimbangan otot yang mungkin menyebabkan masalah.
  • Alas Kaki: Menggunakan alas kaki yang tepat dapat memperbaiki masalah penyejajaran kaki yang mungkin menyebabkan Runner's Knee.
  • Memperkuat otot paha dan pinggul: Memperkuat otot paha dan pinggul dapat membantu mengurangi sebagian berat dan tekanan dari sendi lutut. Melakukan latihan secara teratur dapat meredakan nyeri dan meningkatkan fungsi sendi.

Menggunakan penyangga lutut atau knee support dapat efektif dalam mengelola gejala runner's knee. Namun, penting untuk menangani penyebab mendasar masalah melalui istirahat yang cukup, terapi fisik, memakai alas kaki yang sesuai, dan lainnya. Knee support ini dapat ditemukan secara online maupun langsung di Toko Galeri Medika. Selain knee support, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.alimed.com/the-benefits-of-using-a-brace-for-runners-knee-blog/
ttps://www.healthline.com/health/runners-knee#causes